.

Jumat, 12 April 2019

Resensi Buku: Basis Data dalam Tinjauan Konseptual


Identitas Buku

Judul                : Basis Data dalam Tinjauan Konseptual
Penulis             : Edhy Sutanta
Penerbit            : ANDI Yogyakarta
Tahun Terbit     : 2011
Halaman           : xxii + 266
Ukuran buku     : 17.3 cm x 24.5 cm
Berat buku        : 0.44 kg
Bahasa              : Indonesia
Kategori           : Literatur Komputer




Ulasan

Buku “Basis Data dalam Tinjauan Konseptual” adalah buku karangan Edhy Sutanta dengan sebelumnya mendapatkan banyak saran, masukan, koreksi naskah oleh Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom. (Universitas Gunadarma Jakarta).

Berbagai program komputer yang telah dibuat dengan menggunakan database dalam melakukan pengarsipan data-data membuat pekerjaan menjadi semakin mudah sehingga banyak perusahaan yang menggunakan program dalam pengarsipan data-data dengan konsep basis data dibandingkan manual. 

Namun dalam pembuatan program tersebut tidaklah sederhana penggunaannya sehingga banyak programmer yang masih mengalami kesulitan dalam membuat model, melakukan analisis, serta menyusun rancangan basis data yang optimal.Maka dalam buku ini mengajarkan tentang pengarsipan data secara basis data, pandangan terhadap basis data, pemodelan data, perancangan basis data dengan teknik normalisasi, penulisan schema dan subschema, contoh studi kasus, serta aspek terkait dengan proyek pengembangan  sistem basis data. Buku ini berisi 266 halaman.

Kekurangan dan Kelebihan Buku
Kekurangan
- Dalam buku ini terdapat kalimat yang bertele-tele atau tidak langsung membahas tentang hal-hal apa saja yang akan dijelaskan
- Tidak terdapat gambar yang mendukung setiap kalimat dalam buku ini sehingga kelihatan kurang menarik. Contoh gambaran masalah tiap bab berbeda-beda sehingga untuk orang awam mungkin akan sulit untuk dipahami.

Kelebihan
- Dalam buku ini banyak penjelasan yang lengkap untuk pembaca mengetahui konsep basis data, pemodelan data, perancangan basis data dengan teknik normalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.