.

Rabu, 10 April 2019

Resensi Buku: Pancasila Makna Dan Aktualisasi

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@H13-ROFIQOH)

IDENTITAS BUKU
Judul Buku      :Pancasila Dalam Makna Dan Aktualisasi
Penulis             : Prof. Dr. Ngadino Surip, M.S., Dr.Syarhrial Syarbaini, M.A., Dr.(c) A.Rahman HI, M.Si.
Penerbit           : ANDI
Tahun Terbit   : 2016
Cetakan           : Edisi I
Ukuran                        : 16x23 cm²
Halaman          : xii+356 halaman
ISBN               : 978-979-29-5446-3


SINOPSIS
Buku berjudul Pancasila dalam Makna dan Aktualisasi ini adalah merupakan buku panduan bagi mahasiswa sekaligus referensi bagi kaum professional seperti Aparatur Sipil Negara, karyawan, serta masyarakat pada umumnya. Mengingar penulis mendesai isi buku ini dengan mengutamakan pada enam pilar utama, yaitu sejarah Pancasila, implementasi nilai Pancasila dalam UU dan kebijaksanaan negara, sistem filsafat, sistem etika, perbandingan ideologi dan makna serta aktualisasi sila-sila Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan yang ingin dicapai buku ini adalah agar para pembaca memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam mengenai “hardcore” Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Hal ini penting untuk diinternalisasikan sebagai kekuatan bangsa sehingga dapat mengawal dan mengamankan Negara dari adanya usaha perusakan moral dan itegritas bangsa yang berupa korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan disintegrasi bangsa Indonesia yang tercinta dari masuknya Ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) yang datang dari dalam maupun luar negeri.

ULASAN
Rofiqoh Awaliyah
Dalam buku ini, terdapat sejarah yang menceritakan nilai-nilai Pancasila yang ada sejak masa kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya. Nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam Indonesia sejak dahulu kala membukutikan bahwa Pancasila adalah dasar negara bangsa Indonesia. Mengapa? Karena sejak dahulu kala bangsa Indonesia telah mengimplementasikan nilai-nilai tersebut melalui adat istiadat bahkan kebiasaan mereka sehari-hari. Dalam buku ini juga diceritakan bagaimana masa pra kemerdekaan Negara Indonesia sampai lahirnya Pancasila. Selanjutnya buku ini, mengartikan Pancasila dalam berbagai makna, seperti makna Pancasila dalam sistem filsafat dan dasar ilmu, makna Pancasila sebagai sistem etika dan juga perbedaan ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya. Lebih mendalamnya lagi dalam buku ini dijelasan makna, dari setiap alinea Pancasila serta aktualisasinya.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN
Kelebihan:
1.  Buku ini memiliki tataan Bahasa yang baik, jelas dan benar sehingga mudah dipahami. Materi yang terdapat pada buku ini cukup lengkap dan banyak mengandung sejarah.
2. Buku ini membahas makna yang disertai implementasinya. Sehingga memudahkan dan memperjelas arti dan maksud dari hal yang dibahas.
3.   Setiap bab yang dibahas mempunyai studi kasus. Ini sangat membantu para pembaca agar dapat memahami hal yang dibahas dalam kehidupan nyata, tak hanya itu dengan membaca berbagai studi kasus dapat memicu pembaca berfikir kritis dan menambah wawasan.
4.      Disertai UUD yang lumayan banyak.

Kekurangan:
1.      Tidak ada rangkuman dalam buku ini, jadi setiap pembaca harus membuat rangkuman sendiri
2.      Tidak ada gambar, untuk memudahkan pembaca mengerti situasi dan menarik perhatian pembaca agar tidak bosan.
3.      Banyak, pembahasan yang sudah dibahas namun dibahas kembali.
4.      Kata-kata yang bertele-tele.

PENUTUP
Tidak ada buku yang tidak bermanfaat bagi pembacanya, walaupun masih banyak kekurangan dalam buku ini tidak menutupi bahwa buku ini sangat dibutuh kan bagi kalian yang ingin mengetahui tentang Pancasila. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.