.

Selasa, 02 April 2019

Risensi Buku "Pengantar Teknik Industri"



Oleh : Andika Yudistira (@H15-ANDIKA)

Risensi Buku

Judul Buku          :  Pengantar Teknik Industri
Penulis          :  Amin Syukron, S.T., M.T., Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.,
Penerbit               :  Graha Ilmu
Tahun Terbit        :  2014
No. ISBN            :  978-602-262-193-5

Riwayat Penulis
  • Amin Syukron, S.T., M.T., lahir di Cilacap, 27 Desember 1983. Ia telah menempuh pendidikan s1 Teknik Industri Institut Sain dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta (2005), dan s2 Teknik Industri ITS Surabaya (2009). Selain mengajar di jurusan Teknik Industri di Universitas Mercu Buana, Jakarta, ia juga aktif mengajar di Institut Agama Islam Imam Ghozali, Cilacap. Ia juga aktif melakukan berbagai penelitiandi bidang kualitas dan strategi. Kini ia menjadi pengurus Ikatan Sarjana Nahdlotul Ulama (ISNU), pengurus dalam lembaga perekonomian Nahdlotul Ulama, dan aktif mendampingi usaha kecil menengah (UKM) di kabupaten Cilacap.
  • Ir.H.Muhammad Kholil, M.T. lahir di jakarta, 23 Maret 1970. Ia mendapatkan gelar Sarjana Teknik Industri dari Universitas Mercu Buana (1995), dan gelar Magister Teknik Industri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (1999) dan menjadi dosen tetap Teknik Industri UMB sejak 1999, dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai Kaprodi Terbaik dari Kopertis III (2010). Kini ia aktif sebagai Kaprodi Teknik Industri Universitaas Mercu Buana jakarta. Selain kesibukan sebagai Kaprodi Teknik Industri dan dosen, ia juga aktif dalam kegiatan pendidikan pada bidang perencanaan dan pengendalian produksi dan ekonomi teknik.



Sinopsis
Perkembangan dunia industri tentu sudah sangat pesat sekarang – sekarang ini dengan ditunjang kemajuan teknologi. Namun industri tetaplah industri di mana produk akhirnya lah yang paling disoroti. Dengan berbagai macam proses serta hal-hal yang berkaitan langsung dengan industri, apa lagi bagi yang belum mengenal jauh tentang industri buku ini diperlukan.
Pokok Bahasan

Sebagai Mahasiswa Teknik Industri penting sekali kiranya untuk mengenal apa itu efisiensi, efektivitas, serta produktivitas. Dalam buku Pengantar Teknik Industri kerap kali ketiga kata itu menjadi sebuah kunci. Buku ini menjelaskan sejarah lahirnya teknik industri yang didorong dari Revolusi Industri di Inggris pada abad ke-18 setelah ditemukannya mesin uap. Berangkat dari sana kemudian muncul manufaktur-manufaktur. Pada tahun 1881 Bapak Teknik Industri Frederick W. Taylor yang merupakan lulusan Teknik Mesin melakukan studi pemotongan baja selama 25 tahun, di sana ia mengamati bahwa penggunaan alat yang berbeda akan menghasilkan output yang berbeda pula. Dengan cara yang tepat maka dapat terjadi efisiensi pekerja dan efektivitas waktu serta pencapaian produktivitas yang ingin dicapai.

Teknik Industri sendiri adalah disiplin teknik (rekayasa) dan bukan science yang disebabkan karena teknik industri menangani pekerjaan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan penginstalan (instalation), dan juga menangani masalah manusianya (Amin Syukron dan Muhammad Kholil, 2014). Tugas dari seorang sarjana Teknik Industri bukan hanya tentang sebuah matematika, fisika, kimia, atau pun manajemen, mesin, maupun elektronika. Teknik Industri mencakup seluruh disiplin ilmu, maka tidak salah jika disebut Teknik Industri adalah multidisiplin ilmu. Ada beberapa kegiatan menurut American Institute of Industrial Engineering (AIIE) yang dijabarkan pada buku Amin Syukron dan Muhammad Kholil ini, antara lain:
  • Perencanaan dan pemiluhan metode-metode kerja yang efektif dan efisien dalam proses produksi
  • Pemilihan dan perancangan dari perkakas kerja serta peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi.
  • Desain fasilitas pabrik, termasuk perencanaan tata letak fasilitas produksi, peralatan pemindahan bahan dan fasilitasnya untuk penyimpanan bahan baku atau produk jadi.
  • Desain dan perbaikan sistem perencanaan dan pengendalian untuk distribusi produk, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, dan reabilitas.engembangan sistem pengendalian ongkos produksi seperti pengendalian budget, analisis biaya, dan standar biaya produksi.
  • Penelitian dan pengembangan produk.
  • Desain dan pengembangan sistem pengukuran performasi serta standar kerja.
  • Pengembangan dan penerapan sistem pengupahan dan pemberian insentif
  • Perencanaan dan pengembangan organisasi, prosedur kerja.
  • Analisis lokasi dengan mempertimbangkan potensi pemasaran, sumber bahan baku, suplai tenaga kerja, dll
  • Aktivitas penyelidikan operasional dengan analisis matematika, sistem simulasi, program linier, teori pengambilan keputusan. (Amin Syukron dan Muhammad Kholil, 2014)

Pemahaman
Dari buku ini dapat ditarik garis besar bahwa buku ini mengajarkan banyak hal soal keindustrian secara lengkap tapi mudah dimengerti. Bahasan-bahasan dalam buku ini pun saya rasa dapat menjadi panduan untuk melanjutkan mata kuliah yang lebih spesifik lagi. Bahkan dalam buku ini pun mengajarkan sedikit mengenai resik. Dari awal hingga akhir buku ini menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai industri dan menjawab pertanyaan apa itu teknik industri.

Kelebihan Buku :
  • Buku ini sudah cukup lengkap dan informatif
  • Cetakan dalam buku sangat jelas dan tidak membingungkan
  • Materinya sangat bermanfaat

Kekurangan Buku:
  • Isi buku kurang variatif, kurang pewarnaan
  • Penjelasan yang terlalu cepat dan terburu-buru

Kesimpulan dan Saran
Buku ini menjelaskan dengan cukup jelas dasar-dasar pengetahuan sebagai seorang Teknik Industri, cukup untuk dijadikan buku pegangan mahasiswa teknik industri, dikarenakan bahasanya yang mudah dipahami, namun sayangnya tidak ada pembaharuan dari buku pengantar teknik industri lainnya yang terdahulu. Selain itu dalam segi teknisnya, masih banyak kesalahan ketik yang lewat dari proses editing dan terbilang cukup banyak, ini bisa saja menganggu aliran membaca pembaca, diharapkan cetakan selanjutnya akan lebih bersih dari salah ketik dan ejaan. Di samping itu, bagan-bagan penjelasan bisa dianggap cukup memudahkan meski tidak berwarna dan tampilan yang lebih modern, tetapi dengan penjelasan yang cukup jelas ini dirasa sudah cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.