.

Selasa, 09 April 2019

Review Jurnal Teknik Industri "Ergonomics in Work Method to Improve Construction Labor Productivity "

Oleh : Andika Yudistira (@H15-ANDIKA)

Review Jurnal Teknik Industri "Ergonomics in Work Method to Improve Construction Labor Productivity (Metode Kerja Ergonomi Untuk Meningkatkan Produktifitas Tenaga Kerja Konstruksi)"


Judul
Ergonomics in Work Method to Improve Construction Labor Productivity (Metode Kerja Ergonomi Untuk Meningkatkan Produktifitas Tenaga Kerja Konstruksi).
Jurnal
International Journal of Science and Engineering (IJSE)
Vol
Vol. 10
Halaman
30-34
No
1
Tahun
2016
Penulis
Tuti Sumartiningsih, Department of Civil Engineering and Planning, Islamic Indonesian University.
Mochamamad Agung Wibowo, Department of Civil Engineering, Diponegoro University.
Sri Prabandiyani Retno Wardani, Department of Civil Engineering, Diponegoro University.
Reviewer
Andika Yudistira (41618010037)
Institute Penerbit
Diponegoro University
Link Jurnal



Pendahuluan
Jurnal merupakan sebuah artikel publikasi yang memuat suatu karya tulis ilmiah yang secara nyata mengandung data dan informasi yang mengajukann IPTEK ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah seta diterbitkan secara berkala. Jurnal dapat dijadikan acuan dalam mendalami sebuah bidang keilmuan. Slah satu cara untuk memahami suatu isi jurnal adalah dengan melakukan review  terhadap jurnal terkait. 
Latar Belakang
Produktifitas merupakan suatu hal yang penting dalam industri konstruksi. Produktifitas akan berakibat langsung tehadap penyelesaian suatu proyek konstruksi. Apabila produktifitas rendah maka proyek akan mengalami kemunduran waktu penyelesaian, biaya meningkat dan anggaran yang berlebihan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pendapatan dan daya saing perusahaan.
Tujuan
Maksud dari penelitian ini adalah sebagai bagian penelitian disertasi program Doktor Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengetahui bagaimana implementasi ergonomi dan prinsip ekonomi gerak mampu meningkatkan produktifitas pekerja bangunan.
Metode
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan pengamatan lapangan dengan cara merekam kegiatan kerja yang dilakukan oleh  subjek penelitian. Pekerja banguna yang diajdikan subjek penelitian adalah tukang batu bata dan plester, tukang cat, dan tukang keramik karena pekerjaan-pekerjaan tersebut sangat dominan terhadap pekerja bangunan. Hasil gambar akan dianalisa menggunakan ilmu ergonomi dan prinsip ekonomi gerak. Langkah selanjutnya adalah mendesain sistem kerja  dengan menaplikasikan ilmu ergonomi dan prinsip ekonomi gerak untuk meningkatkan produktifitas nantinya kedua metode yang ada akan dibandingkan. Standar produktifitas yang dibuat oleh SNI digunakan sebagai pembanding. Pengujian beban kerja dilakukan dengan mencari tahu beban kerja jantung pada sistem kerja yang sudah ada dan beban kerja jantung pada sistem kerja yang telah ditingkatkan.
Hasil
3 aspek analisa ergonomi yang dilakukan pada penelitian ini adalah posisi tubuh saat keadaan bekerja, lingkungan kerja, dan peralatan kerja. Berdasarkan pada ketinggian area kerja yang harus diselesaikan terdapat 4 posisi kerja dari tukang bangunan saat bekerja yaitu jongkok membungkuk berdiri dan duduk.Pada prinsip ergonomi posisi tubuh jongkok dan membungkuk dianggap tidak baik, karena membutuhkan banyak energi dan juga menimbulkan kelelahan otot. Perbaikan metode kerja yang memiliki posisi tubuh jongkok dilakukan dengan memberikan kursi kecil agar pekerja dapat melakukan pekerjaan dengan posisi duduk pada kursi kecil tersebut.  Posisi tubuh ini dapat diterapkan oleh tukang keramik. Demi menghindari posisi membungkuk dilakukan lah perbaikan metode kerja dengan meletakan material dan peralatan yang dibutuhkan diatas meja dengan dilakukannya hal tersebut juga dapat mengurangi gerakkan yang tidak diperlukan saat pekerjaan berlangsung. Metode perbaikan ini dapat diterapkan oleh tukang batu bata dan plester juga tukang cat.
Kesimpulan
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode ergonomi pada pekerja bangunan, meskipun apabila diterapkan dapat meningkatkan produktifitas pekerja dan juga meningkatkan kesehatan bagi pekerja tersebut. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa produktifitas tenaga kerja dapat diperoleh dengan menerapkan prinsip ergonomi terutama untuk pekerjaan yang mengandalkan keterampilan dan kemampuan fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.