.

Rabu, 10 April 2019

Resensi Buku : Pengantar Teknik Industri

Disusun Oleh : Ghina Rahayu (41618010020)

      1.      IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Pengantar Teknik Industri
Penulis : Amin Syukron, S.T., M.T dan Ir. H. Muhammad Kholil, M.T
Penerbit : Graha Ilmu
Tahun Terbit : 2014
Tebal Halaman : 319 Halaman
ISBN : 978-602-262-193-5
      2.      RIWAYAT PENGARANG
1.      Amin Syukron, S.T., M.T.,
Lahir di Cilacap, 27 Desember 1983. Bidang studi yang di tempuh pendidikan S1 Teknik Industri Institut Sain dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta (2005) dan S2 Teknik Industri ITS Surabaya (2009). Selain mengajar di jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana, Jakarta, ia juga aktif mengajar di Institut Islam Imam Ghozali, Cilacap. Aktif dalam melakukan berbagai penelitian di bidang kualitas dan strategi. Merupakan pengurus Ikatan Sarjana Nahdlotul Ulama (ISNU), pengurus dalam lembaga perokonomian Nadhotul Ulama, dan aktif sebagai pendamping usaha kecil menegah (UKM) di Kabupaten Cilacap.
2.      Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.,
Lahir di Jakarta, 23 Maret 1970. Ia mendapatkan gelar Sarjana Teknik Industri dari Universitas Mercu Buana (1995), dan gelar Magister Teknik Industri dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (1999). Menjadi dosen tetap Teknik UMB sejak tahun 1999, dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai Kaprodi Terbaik dari Kopertis III (2010). Aktif dalam kegiatan penelitian pada bidang perencanaan dan pengendalian produksi dan ekonomi teknik.
3.      SINOPSIS BUKU
Buku ini merupakan buku ajar mengenai Pengantar Teknik Industri untuk jurusan Teknik Industri. Buku Pengantar Teknik Industri digunakan untuk membantu mahasiswa teknik industry memperluas pengetahuan tentang berbagai teori, konsep, proses, teknik, dan keilmuan teknik industry. banyak hal yang bisa dipetik dari buku ini, selain mengenal teknik industri, anda juga dapat belajar sejarah dan perkembangan teknik industri beserta para pakar yang mengembangkannya. Dalam perkembangan teknik industry, Revolusi industry telah mengubah proses manual menjadi proses otomasi dengan eksploitasi sumber daya besar – besaran sehingga pemikiran mengenai efisiensi, produktivitas dan efektivitas dari suatu proses produksi mulai dipikirkan oleh para ilmuwan. Program studi teknik industry pertama kali dibuka di Pennsylvania State University pada tahun 1908 dengan Prof Diemer sebagai Kepala Program. Lalu di Indonesia, pendidikan Teknik Industri mulai diperkenalkan oleh Bapak Matthias Aroef pada tahun 1958 selesai menyelesaikan studinya di Cornell University. Organisasi Teknik industry didukung dengan berdirinya organisasi – organisasi seperti American Society of Mechanical Engineering (ASME) di Amerika Serikat
4.      KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU
Kelebihan :
1.      Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku
2.      Isi buku sangat relevan sehingga dapat digunakan baik pemula maupun professional.
3.      Disusun secara sistematis
Kekurangan :
1.      Penjilidan yang kurang baik sehingga setiap halaman banyak yang copot
2.      Ketidakjelasan deskripsi gambar
5.      PENUTUP
Buku ini sangat membantu mahasiswa/i Program Studi Teknik Industri dalam memahami secara dasar maupun mendalam tentang teknik industry serta memahami alur implementasinya dalam industry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.