.

Sabtu, 01 April 2017

Referensi Buku: Pengantar Teknik Industri

@E23-Marselina
Dibuat Oleh: Marselina Umasugi

Judul buku : Pengantar Teknik industri
Penulis : Sukaria Sinulingga
Penerbit : Graha Imu
Tahun Terbit : 2008
Kota Penerbit : Yogyakarta
Tebal : XII + 368 Halaman
Dimensi : 23 cm x 16 cm
Harga : Rp 150.000,- (Koperasi UMB)
ISBN : 978-979-756-293-9







Manusia hidup dalam lingkungannya dan selalu berupaya memanfaatkan segala yang ada di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan mereka yang cepat atau lambat terus mengalami perubahan. Perubahan atau lebih tepat disebut perkembangan kebutuhan manusia dipacu oleh berbagai faktor antara lain ialah perkembangan pendidikan dan peningkatan intensitas interaksi sosial/ budaya antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat tersebut.

PERKEMBANGAN ILMU KETEHNIKAN

Sains, teknologi dan kerekayasaan berdasarkan kronologis dan keterkaitannya. Teknologi yang merupakan aplikasi dari sains hanya dapat diciptakan apabila sains telah ditemukan dan rekayasa hanya dapat dilakukan apabila teknologi untuk pemecahan masalah telah diciptakan. Lembaga riset dan lembaga ilmu-ilmu dasar adalah lembaga – lembaga pengetahuan ilmiah yang menjadi sumber utama sains. Teknologi dan kerekayasaan juga dapat dihasilkan dari lembaga – lembaga riset dan pengembangan ataupun dari pengalaman dalam penngelolaan dan pengendalian proses – proses industrial.

Walaupun perkembangan teknologi dan kerekayasaan sangat ditentukan oleh pesatnya penemuan sains, dalam era teknologi maju ini, ketgaya terlibat berjalan paralel dan saling melengkapi. Teknologi dan kerekayasaan pada dasarnya adalah perluasan dari ilmu matematika. Cara untuk mengukur sudut, jarak dan berat benda. Kontribusi matematika dalam pengembangan teknologi dan kerekayasaan juga terlihat dari cara mempresentasikan realita (dunia nyata) kedalam bentuk abstrak yang sering disebut dengan model.
Sebagai contoh, dari suatu proses alamiah tentang energi listrik yang ditemukan bahwa besarnya energi yang dihasilkan mempunyai hubungan langsung dengan kuat arus, tahanan konduktor dan lamanya waktu aliran arus.

TEKNIK INDUSTRI SEBAGAI DI SIPLIN ILMU

Teknik Industri merupakan salah satu disiplin ilmu yang kurang mendapat perhatian di negara – negara berkembang. Di negara – negara industri maju, walaupun disiplin ilmu ini masih relatif baru telah mendapat tempat terhormat sebagai ilmu yang sangat membantu dalam pemecahan masalah khususnya yang berhubungan dengan perancanan metode dan system dalam upaya peningkatang kerja produktif.
Disiplin ilmu ini sebenarnya telah dikenal cukup lama sejak awal Abad XX. Pada waktu itu persisnya tahun 1909, scientif management sebuah konsep dasar dari ilmu yang belakangan dikenal sebagai teknik industri telah diperkenalkan oleh Frederick Winslow Taylor yang popular dengan sebutan F.W Taylor terhadap masyarakat industri.

Scientif Management yang dikembangkan oleh Taylor pada dasarnya adalah sebuah konsep yang bersifat keilmuan dengan fokus pada peningkatan efisiensi industri seperti perbaikan utilisasi berbagai faktor-faktor produksi terutama pada tenaga kerja.
Tahun 1960-an kemudian menjadi saksi terjadinya perubahan pandangan yang sangat signifikan dalam bidang teknik industri. Beberapa diantara perkembangan yang cukup mendasar (Adulbhan, P., 1980) ialah:
  • Tumbuhnya kecendrungan perubahan dalam pendekatan bisnis dari pendekatan mikro
  •  Meningkatnya penggunaan metodologi kuantitif yang memungkinkan seluruh alternatif pemecahan masalah dapat diukur dengan cara yang lebih baik
  • Pesatnya kemajuan teknologi computer dan penerapannya dalam berbagai bidang telah memungkinkan penggunaan metode kuantitatif secra intensif dalam pemecahan masalah melalui pendekatan teknik industri.

Buku ini fokus tidak hanya pada pemahaman sendi-sendi disiplin ilmu teknik industri sebagai bagian dari ilmu engineering yang diperkaya dengan ilmu sosial, tetapi juga tentang ruang lingkup, metode dan pendidikan teknik industri serta kemampuan khas yang dimilik oleh seorang sarjana tehnik industri. Sehubungan dengan itu, materi yang di sajikan terdiri dari perubahan/perkembangan yang terjadi di dunia bisnis yang semakin mengarah kepada kebutuhan penanganan masalah secara terinteragsi/ sistemik, kurikulum pendidikan teknik industri, metode teknik industri, management manufacturing, managemet mutu dan rekayasa mutu. Buku ini kurang ilustrasi yang mudah dipahami oleh pembaca pemula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.