.

Jumat, 31 Maret 2017

Resensi Buku : Pengantar Teknik Industri


Dibuat oleh         : @D14Raafi, 

Judul buku          : Pengantar Teknik Industri
Penulis                : Amin Syukron, S.T., M.T., dan Ir. H.Muhammad Kholil, M.T.
Penerbit              : Graha Ilmu
Tahun Terbit       :  2014
Bahasa               : Indonesia
Cetakan             : Ke 1 di tahun 2014
Tebal                  :  314 halaman

ISBN                 : 978-602-262-193-5








Sinopsis
Pengertian teknik industri disiplin teknik dan bukan yang disebabkan karena industri mengenai pekerjaan perancanagan , perbaikan , dan penginstalasian dan juga menangani masalah manusia. Teknik industri juga mempelajari perancangan kerja dan ergonomi, perancangan stasiun kerja dan metode pekerjaan bukan hal mudah , kesalahan dalam perancangan maupun metode kerja akan berdampak buruk pada proses secara keseluruhan.
Sebagai contoh perancangan proses produksi disini ada peta proses operasi  :

 :  Operasi
 : Menunggu
 : Transportrasi
 :  Pemeriksaan
 :  Penyimpanan

Peta ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan mesin dan penganggarannya , kebutuhan bahan baku, menentukan letak pabrik, dan perbaikan cara kerja yang sedang dikerjakan . sistem produksi merupakan sekumpulan sistem yang saling berinteraksi atau saling berhubungan yang bertujuan mentransfortasi input produksi menjadi output produksi. Yang dimaksud input produksib bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan modal informasi.

Semua itu dilakukan agar sistem produtivitas berjan dengan lancar, yang dimaksud produktivitas proses kegiatan yang berstruktur untuk menggali potensi yang ada dalam sebuah komiditi atau objek. Secara umun produktivitas ini diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik dengan masukan yang sebenarnya.

Dan yang mengatur semua itu adalah pemodelan sistem, sistem dapat bersifat abstrak maupun fisik. Sebuah sistem abstrak adalah suatau susunan teratur gagasan atau konsep yang saling bergantung, beberapa model sistem yang dapat digunakan sistem peredaran darah , sistem transportasi, sistem persenjataan sistem sekolah bangunan, sistem computer, dan sistem perakunan.semua saling bergantungan dan disusun dalam modelan sistem.

Keunggulan Buku Ini :

*Buku ini memiliki keunbggulan dari tahapan - tahapan secara mendasar bagi pengetahuan teknik industri

Kelemahan Buku :

*Kurang disertai gambar 
*Terlalu banyak penjelasan

Sasaran Terhadap Buku Ini :

*Agar diperbanyak informasinya lagi 
*Diperbanyak gambarnya yang dimaksud 

Manfaat Buku Ini :

Memberikan gambaran mendasar untuk para pembacanya tentang bagaimana teknik industri , apa yang dimaksud dengan ilmu teknik industri 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.