.

Jumat, 31 Maret 2017

ROBOT!

@E23-Marselina
Dibuat Oleh: Marselina

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun
menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.



Robot adalah sistem yang meniru sistem ini. Jika pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia disebut indra, maka di robot disebut sensor. otak pada manusia dan hewan, maka pada robot disebut microcontroller. otot pada manusia, actuator pada robot. sumber energi makanan pada manusia, sumber energi listrik dari power supply seperti baterai pada robot. rangka pada manusia, frame/platform pada robot.
Saat ini, robot sudah berperan banyak dalam kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan, industri, manufaktur, militer, sars, observasi, dan lain sebagainya..berikut adalah gambar beberapa contoh aplikasi robot pada kehidupan manusia. dan sangat membantu kerja manusia.

A robot is usually designed so that it can position its end-effector with a three degree-of-freedom of translation and three degree-of-freedom of orientation within its workspace. Kinematic analysis studies the relative motions, such as the displacement, velocity, and acceleration, associated with the links of a given robot. Although screw theory based solution methods have been widely used in many robotic applications, the elements of screw theory can be traced to the work of Chasles and Poinsot in the early 1800s (Mahmoud Gouasmi, Mahmoud. Ouali, Mohammed dan Fernini Brahim. 2012)

Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:

1. Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
2. Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
3. Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.

Manfaat Belajar Robotik :
  • Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah . 
  • Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
  • Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas .
  • Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
  • Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek. 

Pada usia anak terjadi perkembangan motorik halus . Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun benda-benda membentuk pola yang diinginkan seperti robot , mobil, rumah , binatang dan sebagainya. Hal mempunyai pengaruh yaitu kemandirian dan rasa percaya diri anak dalam mengerjakan sesuatu, karena ia sadar akan kemampuan fisiknya (Anonim. 2015)

Pembelajaran robotika memberikan pengetahuan secara umum tentang sistem robot, yaitu: struktur dan mekanik robot, sensor robot, otak atau kendali robot, driver atau catu daya sebuah robot,  2-aktuator gerak robot, algoritma robot dan pengetahuan lainya tentang robot. Salah satu pokok bahasan dalam robotika adalah robot vision (Setiawan, Roni. 2012)

Evolusi Robot Indonesia




Sejauh ini, belum ada data yang dapat memberikan kepastian mengenai kapan robot, sebagai teknologi, mulai dikembangkan di Indonesia. Namun mulai tahun 80-an, kebijakan nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada litbang permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki minat dan kemampuan untuk menguasai teknologi robot. Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. Sejak dikembangkannya sejumlah laboratorium tersebut, beraneka macam permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan oleh berbagai industri, baik industri strategis maupun industri lainnya di Indonesia. Bahkan dalam pengembangan robot terbaru saat ini, telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik (Akbar, Ridho. 2013)


Daftar Pustaka:

Akbar, Ridho. 2013. Sejarah Robotika di Indonesia. http://ridho-ezt.blogspot.co.id/2013/12/sejarah-robot-indonesia.html. Diakses Tanggal 31 Maret 2017

Anonim. 2012. Mengenal Apa Itu Robot?. http://belajarbikinrobot.weebly.com/1-mengenal-apa-itu-robot.html. Diakses tanggal 31 Maret 2017

Anonim. 2013. Wikipedia. Robot. https://id.wikipedia.org/wiki/Robot. Diakses tanggal 31 Maret 2017

Anonim. 2015. Manfaat belajar robotic. http://roboticsindonesia.com/blog-view.php?id=35. Diakses tanggal 31 Maret 2017

Fauzi, Hanif. 2012. Apa Itu Robot?. http://haniffauzi17.blogspot.co.id/2012/11/apa-itu-robot.html. Purwokerto. Diakses tanggal 31 Maret 2017

Mahmoud Gouasmi, Mahmoud. Ouali, Mohammed dan Fernini Brahim. 2012. International Journal of Robotics and Automation (IJRA) Vol. 1, No. 1, March 2012, pp. 13~30. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=5886&val=150&title=Robot%20Kinematics,%20using%20Dual%20Quaternions. Diunduh Tanggal 31 Maret 2017

Setiawan, Roni. 2012. JURNAL SKRIPSI PENGEMBANGAN ROBOT PENDETEKSI OBJEK BERDASARKAN WARNA DENGAN SENSOR KAMERA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. http://eprints.uny.ac.id/6811/1/Jurnal%20Skripsi.pdf. Diakses tanggal 31 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.