.

Kamis, 10 Desember 2015

Lemon Obat Tradisional


Oleh: Puspita Eka Rohmah
Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon yang berukuran sedang ini (dapat mencapai kira – kira 6m) tumbuh didaerah yang beriklim tropis dan subtropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Atau beriklim kering dengan musim dingin yang relative hangat. Suhu ideal untuk tumbuhan lemon ini adalah sekitar 15-30 oC (60-85 oF).
Lemon dalam kehidupan sehari – hari biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam beberapa sajian makanan, seperti dijadikan sebagai campuran dalam kuah sop, dijadikan sebagai jus lemon yang segar, sebagai perisa makanan ataupun minuman, bahan campuran untuk produk kimia seperti sabun mandi, sabun cuci piring dan detergen pakaian, untuk mencuci buah dan sayuran, atau bahkan lemon biasanya digunakan untuk mencuci ikan agar bau amis pada ikan hilang.
Sebenarnya, lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, Vitamin C, bioflavonoid, pectin dan limonin yang berefek pada kekebalan tubuh dan anti infeksi. Kandungan pectin pada lemon juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Sedangkan Asam sitrat yang terkandung dalam lemon difungsikan untuk campuran bahan pembuatan sabun, detergen dan pewangi.
Nah, selain manfaat tersebut diatas, Lemon juga telah terbukti khasiatnya sebagai obat tradisional.


Berikut beberapa manfaat alami lemon yang sudah terbukti khasiatnya:
a.      Meredakan Demam
Saat sedang terserang flu, badan menggigil karena kedinginan, lemon dapat meringankan gejala – gejala tersebut. Caranya adalah dengan membuat jus dari satu buah jeruk lemon dengan tambahan air panas dan madu. Setelah itu diminum setiap 2 jam sekali hingga demam mereda.
b.      Mengobati Sariawan
Lemon juga terkenal sebagai antibakteria dan antivirus yang mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya dengan mencampurkan jus lemon dengan segelas air hangat dan berkumur tiga kali sehari. Pada pemakaian pertama akan menimbulkan sensasi terbakar saat jus lemon mengenai sariawan. Tapi, jangan khawatir karena hal tersebut adalah bagian dari proses penyembuhan. 
c.       Menghilangkan Jerawat
Lemon mengandung asam sitrat yang efektif mengobati jerawat. Vitamin C dalam buah lemon membuat kulit lebih cerah dan sifat alkalinya dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat.
d.      Mengobati Kulit Kapalan
Kulit lemon efektif menghilangkan kapalan pada tangan. Caranya dengan meletakkan seiris jeruk lemon setebal 5 mm ke tangan yang kapalan lalu digosok – gosokan pada kulit dan balut semalaman.
e.      Obat Rematik
Untuk mengobati rematik, kita bisa meminum perasan 1 buah lemon yang dicampurkan dengan segelas air hangat. Minum sebanyak 3 kali sehari, bisa juga dengan sedikit memijat pada area rematik dengan minyak lemon yang dicampur dengan 1 sendok minyak jojoba
Asam Sitrat dalam Buah Lemon
Asam Sitrat (C6H8O7) merupakan asam organic lemah yang terdapat pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeuk - jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami. Dalam biokimia, asam sitrat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai antioksidan.
Pada temperature kamar, Asam Sitrat berbentuk serbuk Kristal berwarna putih. Serbuk Kristal tersebut dapat berupa anhydrous (bebas air), atau monohidrat yang mengandung satu molekul air untuk setiap molekul asam sitrat. Bentuk anhydrous asam sitrat mengkristal dalam air panas, sedangkan bentuk monohidrat didapatkan dari kristalisasi asam sitrat dalam air dingin. Secara Kimia, asam sitrat bersifat seperti asam karboksilat lainnya. Jika dipanaskan di atas 175 oC, asam sitrat terurai dengan melepaskan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.