.

Jumat, 06 Oktober 2017

Peran Penting Transportasi Dalam Dunia Industri

Oleh: Zara Zefira

Dalam dunia industri, transportasi tentu berpengaruh besar terhadap pasokan industri. Tanpa adanya transportasi yang berjalan dalam suatu industri pasti akan mempengaruhi kegiatan produksi seperti kurangnya pasokan bahan baku yang akan berakhir dengan terhentinya kegiatan produksi. Terbayang, bagaimana suatu industri bila transportasi dalam memenuhi pasokan bahan baku bila terganggu atau mungkin terhenti.


Menurut Dr. Zaroni, salah satu Konsultan Senior di Supply Chain Indonesia, "Manajer transportasi pada suatu perusahaan bertanggung jawab terhadap pergerakan sediaan barang dari perusahaan ke pelanggannya.  Pengelolaan kegiatan transportasi yang efektif dan efisien akan memastikan pengiriman barang dari perusahaan ke pelanggan dengan tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, dan tepat penerima. Selain itu, biaya transportasi merupakan komponen biaya yang terbesar dalam struktur biaya logistik.  Tidak kurang dari 60% dari total biaya logistik perusahaan merupakan biaya transportasi."

Fungsi Penting Transportasi

Aktivitas transportasi mengacu pada pergerakan produk dari satu lokasi ke lokasi lain dalam rantai pasokan. Jadi, tanpa adanya transportasi maka akan berpengaruh terhadap rantai pasokan dalam suatu industri.

Beliau juga mengatakan bahwa, "Fungsi transportasi dalam pergerakan produk, transportasi memainkan peran melakukan pergerakan barang-barang, baik barang-barang dalam bentuk bahan baku, komponen, barang dalam proses, maupun barang-barang jadi.  Nilai ekonomis transportasi dalam menjalankan peran ini adalah melakukan pergerakan sediaan barang dari lokasi asal ke lokasi tujuan tertentu dalam sistem manajemen rantai pasokan perusahaan.  Kinerja transportasi akan menentukan kinerja pengadaan (procurement), produksi (manufacturing), dan customer relationship management. Tanpa kinerja transportasi yang andal, dapat dipastikan bahwa hampir semua aktivitas-aktivitas utama rantai pasok tersebut tidak akan berjalan secara efektif dan efisien."

Pihak-Pihak Dalam Transportasi

Ada enam pihak dalam manajemen trasportasi (Bowersox, 2013), yaitu:

Sumber: http://supplychainindonesia.com/






  • Pengirim (shipper)
  • Penerima (receiver)
  • Perusahaan penyedia jasa transportasi (carrier dan agent)
  • Pemerintah (government)
  • Teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  • Masyarakat (public)



  • Moda Transportasi

    Berikut adalah moda transpotasi dalam industri menurut (Bowersox,2013):





    • Kereta api
    Moda kereta api tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh. Kelemahan moda kereta api terletak pada kekakuan dalam pengaturan lokasi asal dan tujuan, waktu muat dan bongkar barang, dan waktu singgah.

    • Truck
    Bisnis transportasi truk terdiri dari dua segmen utama, yaitu TL (truckload) dan LTL (less-than-truckload).  Untuk jarak jauh, trucking lebih mahal dari kereta api,  tapi menawarkan keuntungan fleksibilitas pengiriman door-to-door dan waktu pengiriman yang lebih pendek.  Selain itu, trucking tidak memerlukan transfer antar pickup dan pengiriman.
    Umumnya TL untuk pengangkutan barang-barang dengan total lebih dari 6 ton yang tidak memerlukan pemberhentian antara dari lokasi asal ke lokasi tujuan.  Sementara LTL umumnya digunakan untuk segmen angkutan barang yang kurang dari 6 ton yang mengharuskan konsolidasi agar dicapai kapasitas maksimal dari truk yang digunakan.  Isu-isu kunci untuk industri LTL mencakup lokasi pusat konsolidasi, tingkat beban truk, dan penjadwalan dan penentuan rute pickup dan pengiriman. Tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya operasional melalui konsolidasi tanpa mengorbankan waktu pengiriman dan keandalan.
    • Pipeline
    Pipeline digunakan terutama untuk pengangkutan minyak mentah, produk minyak olahan, dan gas alam.  Transportasi dengan moda pipeline memerlukan infrastruktur dengan investasi biaya tetap yang besar.  Operasional pipeline umumnya dioptimalkan sekitar 80% sampai 90% dari kapasitas pipa. Pipeline menjadi cara yang efektif untuk angkutan minyak mentah ke port atau kilang yang memerlukan arus yang besar dan stabil.
    • Sea Freight
    Perkembangan perdagangan antarnegara dengan menggunakan jalur maritim telah mendorong pertumbuhan kontainerisasi. Hal ini telah menyebabkan permintaan sea freight yang lebih besar, lebih cepat, dan kapal yang lebih khusus untuk meningkatkan ekonomi transportasi kontainer.  Penundaan di pelabuhan (dwelling time), bea cukai, keamanan, dan pengelolaan kontainer yang digunakan merupakan isu utama dalam pengiriman global.  Selain itu, kemacetan akses ke pelabuhan telah menjadi masalah besar.
    • Air Freight
    Operator transpotasi udara (air freight) menawarkan layanan transportasi yang sangat cepat, namun dengan biaya transportasi yang mahal.  Penggunaan air freight lebih tepat untuk barang-barang ukuran relatif kecil dan bernilai tinggi atau pengiriman barang yang memerlukan waktu cepat dan jarak yang jauh. Isu-isu penting dalam pengelolaan air freight ini antara lain:  lokasi dan jumlah hub, rute pesawat, pengaturan jadwal pemeliharaan pesawat, penjadwalan kru, dan strategi penetapan harga.

    Daftar Pustaka:
    1. Zaroni. 2015. Transportasi dalam Rantai Pasok dan Logistik dalam http://supplychainindonesia.com/new/transportasi-dalam-rantai-pasok-dan-logistik/

    1 komentar:

    1. samsul faqih 41616110124
      Apa yang perlu dilakukanuntuk cost down jika memang biaya transport logistik itu lebih dari 50%

      BalasHapus

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.