.

Sabtu, 04 November 2017

Review Jurnal: Pengruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan


Judul jurnal : prngaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja kariawan.
Nama penulis : Muhammad Busyairi dan Ayu Oktaviani

Latar belakang
Pada umumnya kecelakaan kerja disebabkan oleh dua faktor yaitu manusia dan lingkungan. Faktor manusia yaitu tindakan tidak aman dari manusia seperti melanggar peraturan keselamatan kerja yang di wajibkan kurang terampil pekerja itu sendiri. Sedangkan dari faktor lingkungan yaitu keadaan tidak aman dari lingkungan kerja yang menyangkut antara lain peralatan atau mesin mesin. Dilihat dari data bulanan PT. XYZ yaitu di bulan oktober 2010 – juli 2011 dimana tingkat kecelakaan meningkat pada bulan januari sebanyak 14 kasus kecelakaan dan pada bulan juli terjadi 23 kasus kecelakaan yang mengakibatkan tujunan dan terciptanya target produksi perbulan tidak tercapai dan mengakibatkan keruskan lingkungan.
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang benar benar menjaga keselamatandan kesehatan kariawannya dengan membuat aturan tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang dilaksananakan oeh seluruh kariawan dan pimpinan perusahaan. Perlindungan tenaga kerja dari bahaya dan penyakit akibat kerja atau dari akibat lingkungan kerja sangat di butuhkan oleh kariawan agar kariawan merasa nyaman dan aman dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tenaga kerja yang sehat akan bekrja produktiv,sehingga diharapkan  produktivitas kariawan akan meningkat.
Memperhatikan hal tersebut maka program k3 dan produktivitas kerja kariawan menjadi penting untuk di kaji,dalam tujuannya untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Pada penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara program k3 dengan produktivitas kerja kariawan bagi produksi PT. XYZ.
Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui pengaruh antara program k3 dengan produktivitas kerja kariawan bagi produksi PT. XYZ.
Metode penilitian.
Penelitian diawali dengan mengetahui bagaimana penerapan program k3 di PT. XYZ melalui wawancara langsung, kuesioner, pengamatan dan beberapa dokumen perusahaan. Penelitian dilakukan pada divisi yang berkaitan dengan penerapan k3 yaitu pada bagian produksi. Karyawan di bagian produksi di tuntut untuk memiliki produktivitas kerja yang tinggi karena di bagian ini kualitas produk di tentukan. Berdasarkan pada pokok permasalahan dan tujuan penelitian maka hipotesis yang di ajukan sebagai berikut.
1.secara bersama sama program keselamatan dan program kesehatan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas kariawan. Secara bersama sama program keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kariawan.
2.secara individu program keselamatan dan program kesehatan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas kariawn. Secara individu program keselamatan dan program kesehatan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kariawan.
Hasil Dan Pembahasan
PT. YXZ  sebagai salah satu Mine Contraktor  PT. ABC yang memberikan lahan kerja seluas kurang lebih 50 Ha,yang terdiri dari Pit 1 dengan luas lahan krang lebih 20 Ha dan Pit 4 dengan luas lahan kurang lebih 30 Ha.
Variabel Kesehatan Kerja
Dalam penelitian ini variabel kesehatan kerja  juga memiliki 3 indikator. Pertma adalah pemeriksaan kesehatan, kedua adalah waktu istirahat, ketiga adalah ergonomi,dari ketiga indikator tersebut kemudian di jabarkan menjadi 15 item pertanyaan yang mendiskripsikan tentang  pemeriksaan jasmani secara berkala,pemeriksaan jasmani sebelum bekerja,tersedianya peralatan dan medis,tersedianya penyuluhankejiwaan dan psikiater,pendidikan kesehatan oleh perusahaan.
Sumber Reverensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.