.

Jumat, 03 November 2017

Review Jurnal: Perencanaan Tenaga Kerja Di PT. Glory Packindo


@F19-Zara 


Nama Jurnal: Perencanaan Tenaga Kerja Di PT. Glory Packindo, Jurnal INASEA Vol. 14 No. 1, April 2013: 52-62
Nama Penulis : Christine Susanti, Dicky Handes, Efanny, Andre M. R. Wajong
Publisher: Universitas Bina Nusantara

A.   Latar Belakang Dan Tujuan Penelitian
Masalah utama yang dialami oleh PT Glory Packindo adalah kurang optimalnya perencanaan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan sehingga terkadang perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan karton yang datang dari konsumen. Oleh karena itu, artikel ini disusun untuk membantu perusahaan dalam membantu mengatasi masalah tersebut.

B.   Metode Penelitian
Data yang dikumpulkan adalah data permintaan karton selama 32 minggu, data jam kerja reguler dan jam kerja lembur pekerja serta data biaya yang akan mendukung perhitungan yang dilakukan. Data permintaan digunakan untuk memperkirakan permintaan selama 16 minggu ke depan. Metode peramalan permintaan yang digunakan adalah metode regresi linier, Double Exponential Smoothing (DES) parameter Brown, dan DES paramater Holt.

C.   Hasil dan Pembahasan
Dari hasil perhitungan didapat bahwa nilai error terkecil terdapat pada metode regresi sehingga metode tersebut yang akan digunakan dalam peramalan permintaan karton. Berdasarkan permintaan disusun rencana kebutuhan tenaga kerja, dan hasilnya menunjukkan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk 16 periode ke depan adalah menambah jam kerja lembur dengan biaya lebih murah Rp. 640.000,- atau penurunan biaya sebesar 11.11% dibandingkan jika perusahaan menambah tenaga kerja. Berdasarkan keterbatasan jam kerja lembur tersedia, maka setelah 44 jam kerja lembur, perusahaan tetap harus menambah jumlah tenaga kerja untuk memenuhi permintaan karton.


Daftar Pustaka:
Susanti, Christine dkk. 2013. Perencanaan Tenaga Kerja Di PT. Glory Packindo. Jurnal INASEA Volume 14 No.1, April 2013: 52 – 62 dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=165069


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.