.

Jumat, 09 September 2016

Teknologi Mobil Automatic


Mobil pertama kali dimulai sejak akhr 1980an dimana karl benz membuat mobil komersial pertama di jerman . Mobil awalnya bertransmisi manual yang masih mengandalkan perpindahan transmisi dengan kopling manual .
Sekarang dengan teknologi yang semakin canggih  mobil transmisi otomatis yang menjadi populer karena kemudahan dalam mengendarai mobil terutama di kota-kota besar yang sering menghadapi kemacetan .
Mobil matic sebenarnya sudah diciptakan sejak dahulu 100 tahun yang lalu  , oleh sturtevant pada tahun 1904  Sturtevant membangun Horseless Carriage, dengan transmisi otomatis dua percepatan yang mampu berpindah sendiri. Ini kemudian menjadi nenek moyangnya mobil matik di dunia.
 
Pada tahun 1980an mobil matic saat itu sangat tidak diminati masyarakat karena banyaknya kekurangan , seperti : harga mahal , cenderung boros, performa mobil kurang baik. Dan hampir 90% penjualan mobil saat itu tipe transmisi manual yang sangat diminati dan terbanding terbalik dengan kondisi sekarang .
Kemudian pada tahun 1990an teknologi elektronik mulai berkembang pesat , sistem komputerpun membuat sistem kerja transmisi  .saat itu sistem transmisi otomatis bagaikan lahan perlombaan kecanggihan teknologi sejumlah pabrikan . dan sampai saat ini mobil automatic yang semakin canggih yang sangat banyak diminati oleh masyarakat  karena sudah memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri sehingga harga yang tetap relatif mahal dibanding dengan sistem manual .

Jenis jenis transmisi pada mobil matic :
·         Transmisi Semi Otomatis: Ketahuilah kalau untuk sistem transmisi ini tidak menggunakan pedal kopling, akan tetapi untuk posisi gigi masih dipindahkan secara manual namun pengemudi tak perlu untuk menginjak kopling.
·         Transmisi Otomatis: sistem transmisi ini masih termasuk dalam transmisi otomatis konvensional. Sistem transmisi ini menggunakan 3 bagian penting yakni Torque Converter, planetary gear unit dan hydraulic control unit. Pada sistem transmisi ini semua komponen transmisi masuk dalam cairan / fluida (oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic Transmission Fluid), mobil yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini biasanya dapat dilihat dari tuas transmisi yang menggunakan tombol OD (yakni tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi “P” atau parkir).
Transmisi mobil automatic atau biasa disebut juga Automatic merupakan sistem perpindahan percepatan secara otomatis. Kenapa disebut otomatis? Karena pada transmisi mobil matic tidak perlu menginjak pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi.


Kelebihan mobil automatic
  • Praktis dikendarai, lebih mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
  • Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kota jakarta dan surabaya atau kota besar lainnya
  • Purna jual rata-rata lebih baik

Kekurangan dari mobil automatic :
  • Perawatan tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
  • Lebih sering ganti oli transmisi
  • Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi BBMnya relatif sama dengan manual
  • Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan
  • Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana kadang2 rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus (peningkatan suhu dan pemuaian cakram)
  • Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini
  • Harga beli mobil yang lebih mahal

Sumber:


2 komentar:

  1. @B10-UTOMO
    Baik sekali penjelasan anda mengenai mobil matic, mulai dari sejarah, jenis dan kelebihan kekurangan. Ternyata kekurangan cukup banyak dan cukup meresahkan, mungkin kelebihan pasti lebih praktis jika dipakai pada keadaan macet perjalanan nya. Saran saya pada artkel ini bisa diberikan lagi jenis jenis mobil yg memakai matic dan perbedaannya pada manual. Terima kasih

    BalasHapus
  2. @B05-LUTFI

    Penjabaran postingan ini bagus dan mudah dipahami. Zaman sekarang diibukota yang sering macet sangat pas mengendarai mobil matik

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.