Mobil pertama kali dimulai sejak akhr
1980an dimana karl benz membuat mobil komersial pertama di jerman . Mobil
awalnya bertransmisi manual yang masih mengandalkan perpindahan transmisi
dengan kopling manual .
Sekarang dengan teknologi yang semakin canggih mobil transmisi otomatis yang menjadi populer
karena kemudahan dalam mengendarai mobil terutama di kota-kota besar yang
sering menghadapi kemacetan .
Mobil matic sebenarnya sudah diciptakan sejak dahulu 100 tahun yang
lalu , oleh sturtevant pada tahun
1904 Sturtevant membangun Horseless Carriage,
dengan transmisi otomatis dua percepatan yang mampu berpindah sendiri. Ini
kemudian menjadi nenek moyangnya mobil matik di dunia.
Pada tahun 1980an
mobil matic saat itu sangat tidak diminati masyarakat karena banyaknya
kekurangan , seperti : harga mahal , cenderung boros, performa mobil kurang
baik. Dan hampir 90% penjualan mobil saat itu tipe transmisi manual yang sangat
diminati dan terbanding terbalik dengan kondisi sekarang .
Kemudian pada
tahun 1990an teknologi elektronik mulai berkembang pesat , sistem komputerpun membuat
sistem kerja transmisi .saat itu sistem
transmisi otomatis bagaikan lahan perlombaan kecanggihan teknologi sejumlah
pabrikan . dan sampai saat ini mobil automatic yang semakin canggih yang sangat
banyak diminati oleh masyarakat karena
sudah memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri sehingga harga yang tetap
relatif mahal dibanding dengan sistem manual .
Jenis jenis transmisi pada mobil matic :
·
Transmisi Semi Otomatis: Ketahuilah
kalau untuk sistem transmisi ini tidak menggunakan pedal kopling, akan tetapi
untuk posisi gigi masih dipindahkan secara manual namun pengemudi tak perlu
untuk menginjak kopling.
·
Transmisi Otomatis: sistem
transmisi ini masih termasuk dalam transmisi otomatis konvensional. Sistem
transmisi ini menggunakan 3 bagian penting yakni Torque Converter, planetary
gear unit dan hydraulic control unit. Pada sistem transmisi ini semua komponen
transmisi masuk dalam cairan / fluida (oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic
Transmission Fluid), mobil yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini
biasanya dapat dilihat dari tuas transmisi yang menggunakan tombol OD (yakni
tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi “P” atau
parkir).
Transmisi
mobil automatic atau biasa disebut juga Automatic
merupakan sistem perpindahan percepatan secara otomatis. Kenapa disebut
otomatis? Karena pada transmisi mobil matic tidak perlu menginjak pedal kopling
saat melakukan perpindahan gigi.
Kelebihan mobil automatic
- Praktis dikendarai, lebih mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
- Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kota jakarta dan surabaya atau kota besar lainnya
- Purna jual rata-rata lebih baik
Kekurangan
dari mobil automatic :
- Perawatan tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
- Lebih sering ganti oli transmisi
- Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi BBMnya relatif sama dengan manual
- Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan
- Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana kadang2 rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus (peningkatan suhu dan pemuaian cakram)
- Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini
- Harga beli mobil yang lebih mahal
Sumber:
@B10-UTOMO
BalasHapusBaik sekali penjelasan anda mengenai mobil matic, mulai dari sejarah, jenis dan kelebihan kekurangan. Ternyata kekurangan cukup banyak dan cukup meresahkan, mungkin kelebihan pasti lebih praktis jika dipakai pada keadaan macet perjalanan nya. Saran saya pada artkel ini bisa diberikan lagi jenis jenis mobil yg memakai matic dan perbedaannya pada manual. Terima kasih
@B05-LUTFI
BalasHapusPenjabaran postingan ini bagus dan mudah dipahami. Zaman sekarang diibukota yang sering macet sangat pas mengendarai mobil matik