.

Selasa, 18 Oktober 2016

Resensi Buku: Desain Rancang Bangun 3D dan Finishing Dengan Autocad


Judul buku: Desain rancang bangun 3D dan finishing dengan Autocad
Penulis: Suparno Sastra M.
                                                    Penerbit: PT Elex Media Komputindo
                                                    Tahun terbit: 2015
Jumlah halaman: 282 lmbr
ISBN:978-602-02-5852-2

Buku  ini merupakan panduan untuk membuat desain rancang bangun 3D, berikut finishing dan teknik rendering desain yang disajikan dengan metode simpel dan praktis tetapi profresionaL. Metode pembahasan dan aplikasi contohnya kasus sangat kompatibel dengan inovasi pengembangan teknologi rancang bangun,khususnya teknologi desain dengan perangkat komputer (Computer Aided Design), Buku ini sangat fleksibel dan sesuai untuk berbgai kalangan, karena dapat merefleksikan semua aspirasi akan kebutuhan buku referensi dan tutorial desain rancang bangun 3D yang dilengkapi teknik rendering maupun teknik presentasi interaktif,serta animasi desain rancang bangun3D bagi para drafter maupun desainer.

Penulis buku ini yaitu Suparno sastra M, adalah seorang arsitek yang juga pemerhati komputer bidang grafis.selain itu, juga masih aktif sebagai dosen pada sebuah institusi di yogyakarta , fakultas sains & teknologi , program studi teknik sipil dan arsitektur. Bidang komputer grafis arsitektur merupakan bidang yang sudah ditekuninya selam puluhan tahun, karena selain telah bekerja di berbagai LPK juga bekerja sebagai arsitek dan konsultan perencana bangunan, maupun aktif mengajar mata kuliah berbasis komputer (computer based) serta mata kuliah teori.
Selain menulis buku buku komputer kategori grafik –CAD , animasi serta desain grafis, penulis juga aktif menulis buku buku arsitektur dan interior. Aktivitas itu hingga kini masih aktif ditekuninya. Hingga saat ini, buku yang sudah ditulis sudah lebih dari tujuh puluh judul buku, terdiri atas buku buku grafik –CAD, animasi,dan desain grafis,maupun buku buku arsitektur dan interior.
Setelah menggunakan buku ini , pembaca akan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus secara profesional dalam waktu yang singkat menggunakan program AutoCad berbagai release untuk membuat desain rancang bangun 3D berikut finishing ,teknik rendering ,presentasi interaktif serta animasi desain.

Kelebihan buku ini:
buku ini menerangkan apa saja perintah, tool dan langkah demi langkah yang ada di autocad di jelaskan.
Pada buku ini pula terdapat gambar 2 dimensi dan 3 dimensi untuk lebih memudahkan cara penggunaan dari sebuah tool.
sampul buku cukup menarik
Kekurangan buku ini :
Harga yang ditawarkan lumayan menguras kantong pelajar.
Gambar hitam putih sehingga agak sulit untuk memahami dengan perintah di autocad sebenarnya.
Penulis sendiri tidak mau menuliskan gelar dibelakang namanya.

Penutup
Terlepas dari ketidaksempurnaannya, harus diakui  bahwa buku yang ditulis Suparno Sastra M membantu para mahasiswa dan para pembacanya untuk mengetahui dan menganalisa suatu rancangan yang baik dan benar bagi suatu desain yang akan di gambar dengan AutoCAD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.