.

Selasa, 11 Oktober 2016

RESENSI BUKU PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI


Resensi Buku

Judul Buku      :           Pengantar Teknik Industri
Penulis             :           Amin Syukron, S.T., M.T.,
 Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.,
Penerbit           :           Graha Ilmu
Tahun Terbit    :           2014
No. ISBN        :           978-602-262-193-5

Oleh     :  YULIANI MARDIKAWATI


1.      Pokok Bahasan

Kita sebagai Mahasiswa Teknik Industri penting sekali kiranya untuk mengenal apa itu efisiensi, efektivitas, serta produktivitas. Dalam buku Pengantar Teknik Industri kerap kali ketiga kata itu menjadi sebuah kunci.

Teknik Industri lahir sejak persoalan produksi, sejak manusia harus mewujudkan sesuatu untuk memenuhi keperluan hidupnya. Persoalan produksi muncul pada zaman Pra-Yunani kuno, saat manusia menggunakan batu sebagai peralatanya untuk alat pemotong atau pembelah. Alat-alat yang digunakan mengalami perbaikan secara terus menerus dengan cara coba-coba dan manusia melakukan seleksi alat yang sesuai untuk keperluan kerja. Perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pada persoalan produksi dan ini terjadi sampai saat ini.
Pengertian Teknik Industri menurut IIE (Institute of Industrial Engineering) adalah “Industrial Engineering is concerned with the design, improvement, and installation of integrated system of people, materials, information, equipment, and energy. It draw upon specialized knowledge and skill in-the mathematical, physical, and social science together with the principles and method of engineering analysis and design to specify, predict and evaluate the result to be obtained from such system”.

Jadi, Teknik Industri adalah disiplin engineering/teknik bukan science dikerenakan Teknik Industri menangani pekerjaan-pekerjaan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan penginstalan (installation) dan juga menangani masalah manusinya. Bidang garapan Teknik Industri adalah system integral yang terdiri dari manusia, material/bahan, informasi, peralatan, dan energi. Dasar keilmuan Teknik Industri lebih multidisiplin bila dibandingkan dengan disiplin teknik lainya karena Teknik Industri tidak hanya bertumpu pada ilmu matematika dan fisika tetapi juga ilmu sosial dan manajemen.

2.      Pemahaman

Pengantar Teknik Industri menjelaskan mengenai apakah yang dimaksud dengan idsutri itu sendiri, serta bagaimana saja proses yang terjadi saat kita melakukan kegiatan industri tersebut. Teknik Industri sendiri adalah disiplin engineering/teknik bukan science dikerenakan Teknik Industri menangani pekerjaan-pekerjaan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan penginstalan (installation) dan juga menangani masalah manusinya. Didalam Teknik Industri juga dipelajari aspek analisa serta ergonomi suatu kegiatan produksi, Ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nonfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien.

Teknik Industri tidak hanya belajar tentang efisiensi dan efektivitas mesin, namun juga pekerjanya. Maka ini berhubungan dengan ergonomi, bagaimana sistem yang paling tepat yang memudahkan para pekerja dalam bekerja produktif. Maka hal ini akan berhubungan dengan perancangan kerja dan tata letak fasilitas.

3.      Komentar

Menurut saya, mata kuliah Teknik Industri sangatlah penting dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Industri itu sendiri, karena dengan mempelajarinya kita dapat mengetahui gambaran dasar mengenai apa itu Teknik Industri serta apa saja proses yang ada dalam kegiatan industri. Buku pengantar teknik industri ini sangat cocok, karna pengetahuan dasar ini akan memberikan gambaran kepada industrial engineering bahwa kita bergerak disuatu bidang tertentu sehingga dapat fokus terhadap apa yang akan kita pelajari selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.