.

Rabu, 12 Oktober 2016

Resensi buku Pengantar Teknik Industri


 Oleh : Agustina Dwiyanti

  

Judul Buku       :           Pengantar Teknik Industri
Penulis             :           Amin Syukron, S.T., M.T.,
             Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.,
Penerbit           :           Graha Ilmu
Tahun Terbit     :           2014
No. ISBN        :           978-602-262-193-5

1.    Pokok Bahasan
Persaingan bisnis di era pasar bebas memaksa pelaku bisnis untuk lebih cermat dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari aktivitas perencanaan sampai penyampaian produk (delivery order). Efektivitas, efesiensi, dan produktivitas, menjadi kunci pokok keberhasilan.
Dalam buku ini disajikan langkah-langkah implementasi metode-metode dalam industri manufaktur. Diawali dengan Bab 1 membahas tentang sejarah, pengertian, dan perkembangan teknik industri. Bab 2 berbicara tentang analisis perancangan kerja dan ergonomic. Bab 3 tentang sistem produksi, Bab 4 perencaan dan pengendalian produksi, Bab 5 produktivitas, Bab 6  pemodelan sistem, Bab 7 perencanaan dan perancangan tata letak fasilitas, Bab 8 operasional riset dan Bab 9 pengendalian kualitas.
Pengertian dari teknik industri pada bab 1, Teknik Industri adalah disiplin teknik (rekayasa) dan bukan science yang disebabkan karena Teknik Industri menangani pekerjaan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan pengistalasian (instalation) dan juga menangani masalah manusianya. Bidang garapan Tekinik Industri adalah sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan, dan energi.
Method engineering mempelajari secara operasi tidak langsung untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan sistem kerja dengan tujuan suatu pekerjaan akan lebih mudah untuk dapat dilakukan dan dilakukan dengan waktu yang pendek.
Ergonomi  didefinisikan sebagai ilmu antara orang dengan lingkungan kerjanya, terutama dengan hasil rancangan kerjanya. Terdapat empat subkategori utama yaitu skeletal, sensory, environmental, dan mental.
Perencanaan dan perancangan fasilitas meliputi penentuan atau penempatan lokasi fasilitas. Tujuannya untuk mendapatkan jumlah biaya yang minimum dalam penempatan fasilitas tersebut.
Simulasi adalah suatu metodologi untuk melakukan percobaan dengan menggunakan model dari sistem nyata. Simulasi diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sangat sulit dilakukan dengan cara analitis.
Material handling dikonotasikan sebagai pemindahan material atau bahan dari satu lokasi ke lokasi lain, atau bahan dari satu lokasi ke lokasi lain.material handling guna meminimumkan biaya dari pemindahan material tersebut, karena seringkali perpindahan material menimbulkan biaya yang tidak sedikit.
Riset Operasional merupakan disiplin ilmu yang mempelajari masalah-masalah strategy dalam usaha untuk memenangkan perang dengan cara yang lebih efektif.
Sistem Produksi didefinisi suatu aktivitas untuk mengolah atau mengatur penggunaan sumber daya yang ada dalam proses penciptaan barang-barang atau jasa-jasa dengan tujuan dapat memperbaiki tingkat efektifitas dan efisiensi dari proses produksi.

2.        Pemahaman
Dan dari uraian tersebut, dapat dikatakan bahwa disiplin Teknik Industri akan memiliki kelebihan-kelebihan di dalam menangani persoalan-persoalan industri  yang kompleks. Dengan penguasaan teknologi ataupun dasar-dasar engineering yang kuat dikombinasikan dengan pengetahuan ilmu-ilmu social, ekonomi maka ilmu Teknik Industri akan mensintesiskan industri.
Aktivitas-aktivitas antara lain perncanaan dan pemilihan metose yang efektif dan efesien, pemilihan dan perancangan, desain fasilitas pabrik, desain dan perbaikan sistem perencanaan dan pengendalian, pengembangan sistem pengendalian ongkos produksi, pemilihan dan pengembangan produk.

3.        Komentar
Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari dasar-dasar ilmu kimia, menerapkan konsep-konsep dasar ilmu kimia yang menggunakan pendekatan konsep, memuat contoh-contoh dalam bentuk soal dan analogi yang bervariatif.
Tetapi kelamahan dalam buku ini dalam mengeksplanasi suatu konsep masih baur atau belum mencapai sasaran sesungguhnya, sehingga sukar untuk dipahami makna sejatinya serta dalam segi bahasanya sulit untuk dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.