.

Jumat, 14 Oktober 2016

RESENSI BUKU

Disiplin Teknik Industri

1.     Judul buku                                :  Pengantar Teknik Industri
2.     Nama pengarang                       : Hari Purnomo
3.     Cetakan dan waktu terbit          : ISBN: 979-3289-71-6
                                                              Edisi Kedua, tahun 2004
4.     Nama penerbit                           : GRAHA ILMU
5.     Tebal buku (jumlah halaman)   : xii + 376 Halaman



SINOPSIS /RINGKASAN BUKU

Proses pembuatan produk dengan ketelitian yang tinggi terhadap standar akan dapat mengurangi tingkat kerusakan produk dan yang berdampak pada penurunan biaya. Ini berhubungan langsung dengan tingkat kepuasan konsumen jika produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi dengan harga yang kompetitif. Hadirnya pakar kualitas W. Edward Deming di Jepang pada tahun 1950 membuat para insinyur dan para ilmuwan jepang bersemangat dalam membangun system kualitas. Perusahaan kelas dunia kemudian mempelajari apa yang telah diraih oleh perusahaan Jepang dalam mengembangkan konsep kualitas salah satunya yang lebih dikenal dengan Total Quality Management (TQM).

Total Quality Management (TQM) mencakup perpaduan semua fungsi perusahaan yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas, dan pengertian serta kepuasan pelanggan. Landasan dari TQM adalah statistical proses control yang diperkenalkan oleh Edward Deming dan Joseph Juran yang bertujuan untuk membantu memulihkan industry Jepang setelah perang dunia ke II. Model yang dikembangkan Antara lain manajemen manufaktur, yang mengalami evolusi serta diversifikasi untuk aplikasi di bidan manufaktur, industry jasa, kesehatan juga bidang pedidikan. Perkembangan TQM tak lepas dari kontribusi bidang manejemen dan efektivitas organisasi dalam membangun TQM yang disebut Akar TQM.

Dalam Bab ini juga menjelaskan bagaimana manfaat, prinsip dan unsur apa saja yang ada di dalam TQM, serta faktor penghambat TQM. Tak hanya itu konsep mengenai pelanggan yang meliputi kepuasan pelanggan, dan identifikasi kebutuhan pelanggan dijelaskan juga dalam buku ini.

ULASAN KELEBIHAN & KEKURANGAN BUKU

Kelebihan Buku :

Buku ini cukup membantu untuk mahasiswa semester awal teknik industry sebagai referensi dalam disiplin teknik industri. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga cukup mudah dipahami bagi para mahasiswa. Isi dari buku ini juga saling berkaitan satu sama lain sehingga para pembaca dapat memahami garis besar dari buku ini. Dalam buku ini juga dilengkapi oleh berbagai tabel, diagram, peta proses, gambar ilustrasi, serta rumus-rumus dan contoh soal yang dapat membantu proses perhitungan.

Kekurangan Buku :

Yang disayangkan dalam buku ini adalah riwayat dari sang penulis tidak disertakan dalam buku ini, sehingga pembaca tidak dapat mengetahui latar belakang dari sang penulis tersebut, Buku-buku apa saja yang telah dibuat oleh penulis, Serta penghargaan apa saja yang diperoleh penulis dalam karya tulisnya. Cover dari buku ini kurang begitu menarik bagi pembaca.

Terlepas dari ketidaksempuranaan buku ini, bahwa buku pengantar teknik industri dapat membantu serta para pembaca memahami apa saja yang terdapat dalam teknik industri, sehingga dapat menambah wawasan bagi para mahasiswa khususnya jurusan Teknik Industri.



           
             





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.