.

Jumat, 14 Oktober 2016

RESENSI BUKU




RESENSI BUKU

o   JUDUL RESENSI : SISTEM INDUSTRI

o   IDENTITAS BUKU

§  JUDUL BUKU : SIMULASI SISTEM INDUSTRI
§  NAMA PEGARANG : MIFTAKOL ARIFIN
§  CETAKAN & WAKTU TERBIT : CETAKAN PERTAMA, 2009
§  NAMA PENERBIT :
GRAHA ILMU, CANDI GERBANG ILMU PERMAI BLOK R/6
ISBN : 978-979-756-455-1
§  TEBAL BUKU :  240 Halaman

o   RIWAYAT KEPEGARANGAN

Miftahol Arifin, lahir di sumenep, 20 juli 1972.
Lulus dari Fakultas Teknologi Industri IST “AKPRIND” Yogyakarta Jurusan Teknik Industri (1991), dan menyelesaikan Magister Teknik Industri di ITS Surabaya. Kegemarannya menulis sudah digeluti sejak di bangku SMA. Panggilan jiwanya untuk menjadi pendidik, mengantarkannya pada tahun 1997- sekarang menjadi dosen di Jurusan Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta. Kesibukannya sebagai pimpinan jurusan sejak tahun 2002, tidak menyurutkan minatnya terhadap penelitian, tulis menulis surat. Sudah banyak paper penelitian dihasilkan dan dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi, seminar nasional, internasional conference dan international journal. Diluar itu, sebagai redaktur jurnal optimasi sistem industri, sekretaris pusat badan koordinasi penyelenggaraan pendidikan tinggi teknik industri seluruh indonesia (BKSTI) periode 2002-2005, pengurus forum komunikasi teknik industri yogyakarta, konsulat di berbagai perusahaan dan UKM adalah bagian dari kesibukan yang harus dijalaninya. Penelitian penelitian yang dihasilkan lebih banyak pada bidang optimasi sistem, simulasi sistem dan modeling system.

o   SINOPSIS /RINGKASAN BUKU
Salah satu pemodelan yang berkembang dan sering digunakan diberbagai bidang adalah simulasi. Simulasi dapat diaplikasikan secara luas dan tidak terbatas oleh siapapun yang memiliki kemampuan untuk melakukannya. Simulasi bukan masalah optimasi, tetapi merupakan estimasi dari hasil yang didapat. Apabila secara analisis pemasalahan sulit didapat maka simulasi diperlukan untuk menyelesaikan masalah tesebut.

o   ULASAN KELEBIHAN & KEKURANGAN BUKU
Kelebihan Buku :
1.      Memberikan gambaran yang jelas megenai sistem simulasi yang ada di industri.
2.      Materi yang terdapat di dalam buku sangat aplikatif
3.      Adanya penjelasan yang , medalam dari setiap simulasi.
4.      Sampul yang cukup menarik
5.      Kualitas cetakan dan kertas yang baik
Kekurangan Buku :
1.      Sama seperti buku buku simulasi sejenis, sulit memahami secara mendalam materi yang disampaikan.

Terlepas dari barbagai ketidaksempurnaannya, harus diakui bahwa buku ini merupakan karya yang menarik, perlu diberikan apresiasi yang mendalam bagi pengaranang karena telah menulis buku ini. Semoga buku ini mampu memberikan inspirasi bagi setiap pembaca.



1 komentar:

  1. Raka ardi pratama
    @C28-RAKA

    Setelah saya membaca resensi dari buku sistem industri saya bingung bahwa pada keunggulan poin 3 ada penjelasan yg mendalam dari simulasi yg ada sementara pada kekurangan dituliskan kesulitan untuk mempelajari saran saya harus ada penindasan yang lebih mendalam dalam membaca :)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.