.

Sabtu, 15 Oktober 2016

Review Jurnal - PENERAPAN METODE SIX SIGMA DENGAN PENDEKATAN DMAIC PADA PROSES HANDLING PAINTED BODY BMW X3 (STUDI KASUS: PT. TJAHJA SAKTI MOTOR)





A. Judul Penelitian

PENERAPAN METODE SIX SIGMA DENGAN PENDEKATAN DMAIC PADA PROSES HANDLING PAINTED BODY BMW X3 (STUDI KASUS: PT. TJAHJA SAKTI MOTOR)



B. Nama Penulis

Dino Caesaron, Tandianto

Program Studi Teknik Industri, Universitas Bunda Mulia

Email: dcaesaron@bundamulia.ac.id



C. Nama Jurnal

Jurnal PASTI Volume IX No 3, 248 – 256

Universitas Mercubuana




D. Latar Balakang

Di jaman millenium ini, persaingan antar pabrikan mobil dalam hal penjualan dan inovasi sangat ketat. Hal ini dapat dilihat dari forecast penjualan mobil tiap tahunnya. Artinya semakin besar penjualan, maka akan semakin besar biaya produksi yang timbul. Namun setiap pabrikan punya cara dalam meminimalisir biaya produksi untuk dapat tetap menjaga harga. Maka apa yang dilakukan BMW Indonesia dengan PT. TSM adalah memindahkan perakitan di Indonesia. Agar dapat menekan cost produksi.




E. Masalah / Pertanyaan Penelitian

Memindahakan proses perakitan tetap harus memperhatikan kualitas yang dihasilkan, maka dari itu diperlukan metode atau cara pengecekan kualitas yang dapat membantu dalam produksi. Namun terdapat banyak metode yang dapat dipakai, adapun metode ini dapat membantu pengecekan distribusi maupun cacat di bagian body mobil, pintu, kaca maupun cat.



F. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami metode yang dipakai PT. TSM, yaitu metode Sig Sigma dalam pengecekan catat pada Painted Body di mobil BMW X3. Dimana sering terjadi catat cat di seri mobil ini. Metode yang dipakai adalah Sig Sigma, dimana Sig sigma adalah sebuah sistem yang

komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan, dan memaksimalkan sukses

bisnis. Salah satu alat dalam melaksanakan six sigma adalah Define, Measure, Analyze,

Improve dan Control (DMAIC).



G. Metode

Penelitian ini menggunakan metode diagram pareto dan diagram sebab-akibat.



H. Hasil Penelitian

Masalah cacat cat yang sering terjadi pada proses produksi BMW X3 adalah jarangnya penggantian Lap mobil dan ketinggian antara barang asing dengan tempat pengecatan, sehingga kontaminasi terhadap mobil yang baru habis di cat / paint. Dan adapun kesalahan saat handling, yaitu cacat dominan dalam proses handling, yaitu flex (31,3%); chip (24,7%); contamination (18,7%); dan scratch (13,3%)



I.  Review Komentar

Adapun usulan-usulan yang diberikan untuk PT. TSM adalah: menentuan standar penggantian lap sebanyak maksimal 2x pemakaian pada body mobil. Memberikan standard penggunaan alat bantu pada pekerjaan yang lebih tinggi. Menyusun painted body dengan menggunakan cover body agar terhindar dari benda asing yang dapat menyebabkan cacat pada body. Dan meningkatkan kualitas pelayanan produk yang dihasilkan dengan tetap menjaga konsistensi kualitas  produksi.









J. Abstrak Jurnal

Kualitas dapat didefinisikan sebagai derajat kepuasan, kesempurnaan atau kesesuaian dengan harapan dan tujuan penggunaannya. Pengedalian kualitas sangat diperlukan, karena didalamnya terdapat alat pemecahan masalah yang baik yang berguna dalam mencapai stabilitas proses dan memperbaiki kapabilitas.



K. Daftar Pustaka

Dewi S.H. 2012. Minimasi Defect Produk dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri. Vol. 13 No. 1, hal 43-50.
Gasperz Vincent. 2002.
Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegritas dengan
ISO, 9001:2000, MBNQA dan HACCP. Penerbit PT. Gramedia Pusaka Utama,Jakarta.
Hetharia, Dorina, & Kathy Angriani Sunandar. 2011. Usaha Peningkatan Mutu Kain Grey TS-8151 di Departemen Weaving PT. Istem
. Jurnal Teknik Industri, ISSN:1411-6340. 2011.
Prawirosentono Suryadi. 2007.
Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21
“Kiat Membangun Bisnis Kompetitif”. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.


4 komentar:

  1. @B33-FITRIA

    Kualitas dapat didefinisikan sebagai derajat kepuasan, kesempurnaan atau kesesuaian dengan harapan dan tujuan penggunaannya. Pengedalian kualitas sangat diperlukan, karena didalamnya terdapat alat pemecahan masalah yang baik yang berguna dalam mencapai stabilitas proses dan memperbaiki kapabilitas.

    BalasHapus
  2. @B24-SEPTI

    Komentar : penerapan metode six sigma dan DMAIC ini sering sekali digunakan pada proses manufaktur untuk mengetahui kualitas produk suatu barang , dengan penerapan six sigma ini sangat amat membantu kita sekali dalam pengecekan kestabilan proses produksi yang kita jalankan .

    Saran : Berilah contoh penggunaan penerapan six sigma dan DMAIC dalam bentuk diagram pareto atau yang lainnya agar terlihat lebih menarik untuk para pembacanya .
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @B14-Haelis

    Kualitas suatu produk sangat penting bagi perusahaan. Apabila ada sedikit saja kecacatan yang timbul maka akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan tentunya pada penjualan. Metode sig sigma mampu memberikan kontribusi tentang pemecahan suatu masalah yang timbul di perusahaan.
    Terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.