.

Rabu, 12 Oktober 2016

Resensi Buku



Judul buku      : Pengendalian kualitas aplikasi pada industri jasa dan manufaktur dengan Lean, Six Sigma dan Servqual.
Penulis             : Hana Catur Wahyuni,S.T., M.T.
Wiwik Sulistyowati, S.T., M.T.
Muhammad Khamim, S.T.
Penerbit           : Graha Ilmu.
Tahun terbit     : 2015.
Tebal               : 133 halaman.
No ISBN         : 978-602-262-416-5.
Sinopsis           : Buku ini membahas konsep dasar kualitas baik pada industri jasa atau manufaktur dengan menggunkan metode Lean, Six Sigma dan Servqual. Pada buku yang di terbitkan tahun 2015 ini juga di sajikan implementasi dalam penelitian lengkap dengan hasil dan pengolahan datanya. Selain itu buku ini juga terdpat pengenalan berbagai tools yang di pakai dalam metode six sigma seperti diagram fishbone,diagram pareto, 5W,1H dan CTQ.

Pada buku ini terdapat 3 penelitian yaitu dengan metode servqual, lean six sigma dan six sigma, namun pada kedua penelitian yaitu dengan metode servqual dan six sigma tidalk mencantumkan lokasi penelitian ini berlangsung. Hanya pada penelitian dengan menggunakan metode lean sigma saja lokasi di cantumkan yaitu pada perusahaan XYZ yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur.

Tujuan buku ini di buat adalah untuk memberikan pemahaman pada pembaca mengenai apa dan bagaimana ketiga metode tersebut dan bentuk implementasinya dalam penelitian.

Kelebihan        : Buku ini sangat bagus apabila di jadikn sebagai salah satu buku panduan ketika menyusun Tugas akhir, dengan syarat Judul Tugas akhir akan membahas dari ketiga metode yang ada pada buku ini. Karena pada buku ini di sajikan implementasi dan contoh hasil dan pengolahan datanya. Sehingga memudahkan untuk mengerjakan TA. Selain itu buku ini juga cukup ringan, dan tebalnya pun juga pas, sehingga membuat minat membaca menjadi tinggi.

Kekurangan     : Seperti yang terdapat pada sinopsis di atas kekurangan buku ini adalah tidak mencantumkan lokasi penelitian ini berlangsung(pada metode servqual dan six sigma). Selain itu pada metode sevqual penjelasan-penjelasan tentang metode tersebut kurang lengkap. Akan tetapi di balik semua kekurangan tersebut buku ini masih tetap layak untuk di baca untuk sekedar menambah pengatahuan ataupun sebagai panduan saat menyusun Tugas akhir.


Saran               : Akan lebih baik jika menyajikan lokasi dimana penelitian berlangsung dan memperbaiki design dan warana dari cover buku tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.