.

Sabtu, 15 Oktober 2016

Resensi Buku "Pengantar Teknik Industry by Sukaria Sinulingga"


Judul buku : Pengantar Teknik Industri
Penulis :Sukaria Sinulingga
Penerbit : Graha Ilmu
Cetakan : I (pertama)
Tahun terbit : 2008
Jumlah halaman : xi + 365

Buku Pengantar Teknik Industri ini ditulis dengan maksud agar dapat dijadikan referensi pelengkap bagi para pembaca
khususnya yang sedang mempelajari Teknik Industri. Penulis terispirasi untuk menulis buku ini karena melihat masih banyaknya pemahaman yang kabur dari para pembaca dan masyarakat tentang disiplin ilmu teknik industri sebagai bagian dari ilmu engineering sebagaimana halnya teknik sipil, teknik mesin, dan lain-lain. Atas dasar tersebut pada bagian awal buku ini membahas dasar-dasar ilmu engineering dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial dalam implementasinya. Hubungan yang harmonis antara kedua bidang ilmu ini merupakan sendi disiplin ilmu teknik industri.

Buku ini ditulis oleh Sukaria Sinulingga, putra tanah karo yang mendapatkan gelar sarjana teknik industri diawal tahun 1973. Mengembangkan diri dengan mengikuti pendidikan pascasarjana di program Pascasarjana ITB, dalam kluster pengembangan Teknologi Industri tahun 1977 dan Asian Instittute of Technology (AIT) Bangkok bidang Industrial Engineering and Management yang memberinya gelar Master of Engineering (M.Eng) tahun 1981. Setelah menamatkan studi di AIT, beliau diangkat menjadi Pembantu Dekan I Fakultas USU.

Selesai menunaikan tugas sebagai Pembantu Dekan I, tahun 1985 penulis melanjutkan studi program Doctor di School of Manufacturing, Cranfield Instittute of Technology (CIT) dalam bidang Production Control di United Kingdom dan mendapat gelar Doctor of Philosophy awal tahun 1989. Saat ini penulis menjabat sebagai Pembantu Rektor Universitas Sumatera Utara dalam bidang Perencanaan dan Kerjasama.

Buku ini fokus tidak hanya pada pemahaman sendi-sendi disiplin ilmu teknik industri sebagai bagian dari ilmu engineering yang diperkaya dengan ilmu sosial, tetapi juga tentang ruang lingkup, metode dan pendidikan teknik industri serta kemampuan yang khas yang dimiliki sarjana teknik industri. Sehubungan dengan itu, materi yang disajikan terdiri dari perubahan/perkembangan yang terjadi di dunia bisnis yang semakin mengarah kepada kebutuhan penanganan masalah secara terintegrasi/sistemik, kurikulum pendidikan teknik industri, metode teknik industri, manajemen manufakturing, manajemen mutu dan rekayasa mutu. Pemahaman terhadap materi-materi di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman yang utuh terhadap disiplin ilmu teknik indistri. Buku ini disajikan tidak hanya untuk penambahan literatur bagi pembaca teknik industti tetapi juga bagi para praktisi yang tertarik menangani bisnisnya secara sistematik.

Dari segi fisik, buku ini terlihat cukup tebal dengan ketebalan sekitar 2cm. Dicetak dengan ukuran font yang lumayan besar sehingga tidak melelahkan mata saat membaca. Kata-kata yang digunakan pun mudah dipahami bagi para pelajar yang baru terjun ke disiplin teknik industri. Tetapi ada beberapa metode yang agak sulit dipahami. Secara keseluruhan buku ini bagus digunakan sebagai referensi pelajar yang sedang mendalami studi teknik industri.

MIND MAPPING


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.