.

Rabu, 14 September 2016

Resensi Buku Pengantar Teknik Industri


Judul Buku       : Pengantar Teknik Industri
Penulis              : Amin Syukron dan Muhammad Kholil
Penerbit            : Graha Ilmu
Tahun Terbit     : 2014
Cetakan            : I
No. ISBN          : 978-602-262-193-5
Halaman            : ix+315



     •        Pokok Bahasan
Aktivitas produksi sebagai suatu bagian dari fungsi organisasi perusahaan bertanggungjawab terhadap pengolahan bahan baku menjadi produk jadi yang dapat dijual. Untuk melaksanakan fungsi produksi tersebut, diperlukan rangkaian kegiatan yang akan membentuk suatu sistem produksi.


Output dari suatu proses dalam sistem produksi dapat berbentuk barang atau jasa biasa disebut dengan produk. Barang adalah benda-benda yang berwujud dari hasil proses produksi, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Jasa adalah suatu barang yang tidak berwujud dari hasil proses produksi, tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
1.         Siklus Aktivitas Manufaktur
Berbeda dengan sistem produksi, sistem manufaktur mempunyai cakupan yang lebih luas dari sekedar input, proses, dan output meliputi serangkaian proses yang lebih dari mulai konsumen sampai pemasok. Mulai dari:
-           Pemasaran dan penjualan
-           Perancangan produk
-           Teknik industry
-           Perencanaan dan pengendalian produksi
-           Proses manufacturing
-           Pengendalian kualitas
-           Pengiriman dan pengendalian kualitas

2.         JUST IN TIME (JIT)
Tujuan JIT adalah meningkatkan keuntungan dengan mereduksi biaya dan meningkatkan kualitas. Disamping itu prinsip-prinsip JIT adalah:
1)         Simplification, merupakan salah satu tools just in time dalam penyederhanaan proses yang ada,
2)         Cleanliness dan Organization, merupakan aturan dalam organisasi dan perusahaan,
3)         Visibility, membuat agar kesalahan terlihat,
4)         Cycle time, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu produk,
5)         Agility, kekuatan dalam pembuatan produk,
6)         Variability Reduction, kemampuan mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan,
7)         Measurement, pengertian akan proses keseluruhan.

3.         PULL PRODUCTION SYSTEM



4.         Sistem Produksi Berdasarkan Kanban
Kanban berarti sinyal, yang merupakan sebuah konsep berhubungan dengan Lean Manufacturingdan Just In Time (JIT). Menurut pencetusnya, Taiichi Ohno, kanban merupakan salah satu cara untuk mencatat JIT. Kanban bukanlah sistem pengontrol persediaan, namun merupakan sistem pengaturan yang membantu menentukan apa, kapan, dan berapa banyak sebuah produk harus dibuat.

             Pemahaman
Efektivitas, efisiensi dan produktivitas merupakan kunci utama dari keberhasilan suatu proses produksi. Dari buku Pengantar Teknik Industri karangan Amin Syukron dan Muhammad Kholil tersebut secara menyeluruh membahas metode-metode dalam industri manufaktur. Banyak teori, konsep, proses dalam keilmuan teknik industri yang dibahas dalam buku ini. Pembahasan mengenai kualitas dan kuantitas juga banyak diungkap dan dijabarkan dalam buku ini.

     •        Kesimpulan
Buku ini dapat dijadikan buku pembelajaran bagi Mahasiswa Teknik Industri, karena benar-benar membahas tentang keilmuan Teknik industri mulai dari bidang manufaktur, ergonomi, dan lain-lain. Didalamnya juga terdapat konsep, teori dari para ilmuwan bidang teknik industri, alur-alur yang menunjukkan proses barang mentah sampai menjadi barang jadi. Akan tetapi masih banyak terjadi kesalahan pengetikan kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.