.

Sabtu, 29 Oktober 2016

Resensi Buku : Knowledge Management


Penerbit                              : RajaGrafindo Persada
Tahun Terbit                      : 2007
ISBN                                      : 978-979-769-135-6


Riwayat Penulis :
Sangkala, dilahirkan di Makasar, 11 November 1963. Lulusan Sarjana (S1) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanudin. Pascasarjana (S2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Doktoral (S3) Ilmu Administrasi Bisnis di Fisip Universitas Indonesia. Tahun 1991 diangkat menjadi dosen tetap jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanudin. Tahun 2003 hingga saat ini menjadi dosen tidak tetap di Departemen Ilmu Administrasi Fisip Universitas Indonesia.
Sinopsis :
Membangun keunggulan organisasi bisnis di dalam situasi dimana tingkat persaingan yang sedemikian tinggi, mengharuskan para pelaku bisnis menemukan strategi yang lebih sesuai dengan tuntutan lingkungan persaingan. Strategi seyogyanya dibangun atas dasar pemahaman yang komprehensif mengenai aset atau sumber daya apa yang tepat digunakan organisasi bila ingin unggul. Dewasa ini telah terjadi pergeseran paradigma mengenai sumber daya yang mampu mengantar organisasi menjadi unggul. Paradigma tersebut menyatakan bahwa organisasi yang mampu memiliki keunggulan tidak lagi harus semata-mata bertumpu pada sumber daya finansial, bangunan, tanah, teknologi, posisi pasar dan aset-aset yang bersifat tangible lainnya. Oraginisasi ingin unggul justru harus bertumpu pada aset pengetahuan (intangible). Mengapa? Karena hanya pengetahuan yang memiliki kriteria non-rivalrous, increasing return, dan not additive, yang merupakan karakteristik sumber daya yang memiliki keunggulan stratejik.
Knowledge Management merupakan satu pendekatan yang bertumpu pada pemahaman bahwa tugas organisasi yaitu memahami dengan baik bagaimana dan kapan penciptaan pengetahuan harus didukung, bagaimana menggunakan akumulasi pengetahuan yang sudah tercipta sehingga bisa dibuat lebih produktif, memahami apa itu pengetahuan, bagaimana diciptakan dan digunakan dalam perusahaan, apa nilai dari suatu pengetahuan, bagaimana gaya manajemen yang harus berbasis pengetahuan, memahami kaitan antara pengetahuan dan tingkat motivasi organisasi. Karena demikian pentingnya posisi pengetahuan dalam organisasi dewasa ini sehingga buku ini layak menjadi referensi baik bagi kalangan praktisi, akademisi mauoun mahasiswa karena disajikan denan sistematis dan mudah dipahami.


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.