Pendahuluan
Dizaman modern ini, mobil tidak hanya
alat transportasi tetapi menjadi ajang adu gengsi di antara remaja-remaja
metropolitan. Akhir-akhir ini muncul trend baru di kalangan remaja. Trend
yang dimaksud adalah “DRAG RACE”. Drag race sendiri adalah pengembangan dari
balap liar yang pernah digemari sekitar tahun 1992. Balap liar disini adalah
balap yang tidak resmi atau yang tidak diorganisasikan secara serius.
Biasanya remaja menggunakan jalan yang panjang dan mulus sebagai trek drag race tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan
secara spontan bila sudah ada kordinasi dari antar remaja.
Banyak remaja-remaja di kota besar yang
sudah membawa mobil, memang yang dipakai tidak harus mobil
sendiri. Bagi remaja-remaja itupun sudah cukup memuaskan, apalagi
dengan rombakan-rombakan sedikit pada
body mobil tersebut. Biasanya rombakan
itu mengikuti trend yang ada. Seperti saat ini sedang booming mobil ceper dan penggunaan
nutrious oxide atau sering disebut NOS. Kegiatan ini memerlukan biaya yang
besar.Oleh karena itu kegiatan ini harus memiliki niat yang besar dan dukungan
dari pihak lain. Pada intinya remaja yang mengikuti drag race ingin menjadi
yang paling bagus dari segi body maupun mesin.
Permasalahan
Berdasarkan penjelasan diatas timbul
masalah-masalah pada penggemar drag race dan
terganggunya pengguna jalan
karena sebagian jalan ditutup
untuk berlangsungnya ajang drag race tersebut.
Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah agar dapat mengerti cara memodifikasi
mobil secara benar dan tidak asal-asalan. Selain itu pembaca tahu apa manfaat
dan bencana ajang drag race tersebut. Dan bagi orang tua agar bias mengawasi anaknya
yang telah diberi mobil agar berhati-hati karena kegitan drag race dapat
menelan korban jiwa.
Pembahasan
-
Pengertian Drag Race
Drag race menurut National Hot Rot
Assosiation (NHRA). Drag race adalah kontes akselerasi antara dua kendaraan
dengan jarak tertentu. Meski panjang lintasan resmi adalah 25 mil atau 402
meter, tetapi ada penyelenggara yang tidak ingin mengambil patokan NHRA dan
menanmbah lintasan hingga 500 meter. Khususnya untuk kelas yunior panjang
lintasan hanya 18 mil. NHRA berdiri sejak tahun 1951 dan telah menggelar 70
seri kejuaraan di Amerika dengan peserta mencapai 1000 orang.
NHRA telah dianggap sebagai otak drag race
dunia. Hampir semua negara mengambil peraturan NHRA. Sebagai contoh Indonesia
yang telah menggunakan peraturan NHRA. Tetapi di Indonesia
tidak semua peraturan NHRA digunakan semua tetapi ada beberapa peraturan yang
dibuat oleh drag racers pribumi. Contohnya Indonesia tidak menggunakan jarak yang
ditetapkan NHRA tetapi dengan menggunakan jarak yang telah disepakati drag racers Indonesia yaitu sekitar 450-500 meter.
-
Alasan Drag Race di gemari Remaja
Pada dasarnya remaja ingin menunjukan
kehebatan mobilnya. Berawal dari balap liar, para remaja mulai
membentuk kelompok-kelompok yang akan mengorganisasikan drag race tersebut.
Drag race disini bertujuan untuk pelampiasan para remaja yang tidak mampu
ikut reli atau balap mobil secara resmi. Para remaja lebih memilih ajang balap liar
atau drag race ketimbang reli atau balap resmi karena reli atau balap resmi
selalu menggunakan mobil-mobil keluaran terbaru dengan harga ratusan juta
rupiah. Pentas drag race dimeriahkan oleh mobil
berbagai merk dan tahun pembuatan yang
tidak dibatasi. Mulai dari Volks
Wagen, Holden, Toyota, hingga
Nisan skyline lansiran teranyar. Oleh
karena itu remaja dapat mengikuti drag race dengan spesifikasi kendaraan yang
mereka miliki. Pengubahan mesin pun bisa berkelas low end bahkan high end
tergantung selera dan tebal tipisnya dompet mereka. Perubahan mesin berkelas
low end dapat dimulai dengan penggantian kabel busi, busi, pulley, saluran
pembuangan (knalpot), dan saringan udara. Jika ingin mendapatkan performa mesin
yang luar biasa, kita bisa memasang turbocharge/turbocanger dan NOS.
Pemasangan NOS (Nutrious Oxide System) harus diiringi dengan penggantian
komponen-komponen dalam mesin seperti piston, setang piston, per klep. dan
spuyer. Karena terdapat banyak pilihan untuk menambah tenaga mesin
dari yang murah, mahal,
berteknologi tinggi, hingga
spesifikasi yang telah dirancang khusus di luar negri, dengan demikian para remaja dapat
memilih dan tidak terlalu memaksa untuk memiliki mesin berspek tinggi. Selain
itu ajang drag race sebagai tempat berkumpulnya remaja-remaja Bogor. Sebagai contoh jalan Tol Jagorawi dan jalan Pemda raya Kab. Bogor
sangat ramai disaat malam minggu, selain remaja yang ingin memacu mobilnya ada
juga yang menonton sembari berkumpul
dan mencari gebetan baru. Disana juga
menjadi ajang untuk memamerkan modifikasi
mobilnya. Banyak yang memamerkan audio system dan body
kit mereka.
-
Dampak Positive dalam Drag Race
Drag race banyak
memiliki dampak positive dalam kehidupan
remaja, salah satunya adalah remaja dapat menuangkan bakat
seninya untuk memodifikasi mobil dalam bidang body, interior, sampai ke mesin.
Tidak itu saja drag race dapat mengurangi resiko bila mengikuti balap liar
karena balap liar tidak memiliki peraturan dan di tempat umum yang banyak
pengguna jalan lain sedang berada
di jalan itu, sedangkan
drag race memiliki peraturan
yang mengatur jalannya
pertandingan dan memiliki
tempat pertandingan yang khusus dan tidak ada orang
dilintasan hingga tingkat keamanan drag race lebih tinggi dibandingkan
balap liar. Drag race juga menjadi ajang mencari uang bagi para drag
racers yang sudah lama bergelut di bidang ini. Setiap kejuaraan pemenang dapat
mendapatkan uang lebih dari 50juta. Oleh karena itu drag race juga bermanfaat untuk
mencari uang.
-
Dampak negative dalam drag race
Drag race telah digandrungi banyak remaja
dan berkembang dengan cepat di Indonesia. Banyak remaja yang telah mengikuti
event-event nasional untuk mencari pengalaman. Tanpa di sadari dibalik kegiatan
yang banyak terdapat dampak positive itu drag race dapat juga menimbulkan
dampak negative. Drag race cukup banyak memiliki dampak negative. Dampak
negative dapat berupa kecelakaan. Yang dimaksud kecelakaan disini adalah tabrakan sesama mobil yang sedang memacu mobilnya di
lintasan dan keluarnya mobil dari lintasan yang menyebabkan
mobil menabrak sesuatu diluar lintasan. Kejadian ini dapat menelan korban jiwa
baik bagi pengemudi mobil itu dan orang lain yang sedang mennton atau bagi
pengguna jalan yang tidak tahu apa-apa (balap liar).Selain
kecelakaan drag race dapat
membuat remaja penggemar drag
race timbul mendapat uang dengan
menghalalkan berbagai cara. Hal ini timbul karena kekalahan dalam pertandingan dan mereka harus membayar uang dengan
persetujuan yang telah mereka buat atau sering disebut taruhan. Selain itu
remaja akan sering pulang malam.
Kesimpulan
Membandingkan dampak positif dan negative
tersebut, maka remaja-remaja perlu menghindari resiko
negative khususnya kecelakaan yang mengakibatkan kematian dan cacat fisik
yang dapat merusak masa depan remaja itu sendiri. Para remaja makin banyak
mengikuti drag race seiring cepatnya perkembangan drag race di tanah air,
oleh karena itu remaja yang mengikuti ajang drag race harus makin hati –hati dan
mengerti masalah apa yang timbul akibat drag race tersebut. Untuk remaja yang senang
mengikuti balap liar sebaiknya membuat
suatu organisasi yang mengatur kegiatan
ini dengan benar. Sedangkan kreatifitas seni dan
teknologi harus tetap disalurkan melalui memodifikasi mobil dalam bidang
body dan mesin untuk mendapatkan uang dengan cara mengikuti event kontes
modifikasi.
Saran
Para remaja dapat membetuk
organisai dalam tingkat nasional yang bergerak dalam bidang drag race dan
modifikasi mobil. Organisai tersebut berguna agar drag racers tanah air dapat
berkumpul untuk memberi informasi dan masukan selain itu para remaja penggemar
drag race akan seragam dalam bidang peraturan,
sebagai contoh semua panjang dan lebar lintasan diseluruh tanah air
sama.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.