.

Minggu, 30 Oktober 2016

DRAG RACE DAN MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR DALAM DUNIA REMAJA



Pendahuluan
Dizaman modern ini, mobil tidak hanya alat transportasi  tetapi menjadi ajang adu gengsi di antara remaja-remaja metropolitan. Akhir-akhir ini muncul trend baru di  kalangan remaja. Trend yang dimaksud adalah “DRAG RACE”. Drag race sendiri adalah pengembangan dari balap liar yang pernah digemari sekitar tahun 1992. Balap liar disini adalah balap yang tidak resmi atau yang tidak diorganisasikan secara serius. Biasanya remaja menggunakan jalan yang panjang dan mulus sebagai trek drag race tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan secara spontan bila sudah ada kordinasi dari antar remaja.
Banyak remaja-remaja di kota besar yang sudah membawa mobil, memang yang dipakai tidak harus mobil sendiri. Bagi remaja-remaja itupun sudah cukup memuaskan, apalagi   dengan   rombakan-rombakan   sedikit   pada   body   mobil   tersebut.   Biasanya rombakan itu mengikuti trend yang ada. Seperti saat ini sedang booming mobil ceper dan penggunaan nutrious oxide atau sering disebut NOS. Kegiatan ini memerlukan biaya yang besar.Oleh karena itu kegiatan ini harus memiliki niat yang besar dan dukungan dari pihak lain. Pada intinya remaja yang mengikuti drag race ingin menjadi yang paling bagus dari segi body maupun mesin.

Permasalahan
Berdasarkan penjelasan diatas timbul masalah-masalah pada penggemar drag race   dan   terganggunya   pengguna   jalan   karena   sebagian   jalan   ditutup   untuk berlangsungnya ajang drag race tersebut. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah agar dapat mengerti cara memodifikasi mobil secara benar dan tidak asal-asalan. Selain itu pembaca tahu apa manfaat dan bencana ajang drag race tersebut. Dan bagi orang tua agar bias mengawasi anaknya yang telah diberi mobil agar berhati-hati karena kegitan drag race dapat menelan korban jiwa.
Pembahasan
-          Pengertian Drag Race
Drag race menurut National Hot Rot Assosiation (NHRA). Drag race adalah kontes akselerasi antara dua kendaraan dengan jarak tertentu. Meski panjang lintasan resmi adalah 25 mil atau 402 meter, tetapi ada penyelenggara yang tidak ingin mengambil patokan NHRA dan menanmbah lintasan hingga 500 meter. Khususnya untuk kelas yunior panjang lintasan hanya 18 mil. NHRA berdiri sejak tahun 1951 dan telah menggelar 70 seri kejuaraan di Amerika dengan peserta mencapai 1000 orang. 
NHRA telah dianggap sebagai otak drag race dunia. Hampir semua negara mengambil peraturan NHRA. Sebagai contoh Indonesia yang telah menggunakan peraturan NHRA. Tetapi di Indonesia tidak semua peraturan NHRA digunakan semua tetapi ada beberapa peraturan yang dibuat oleh drag racers pribumi. Contohnya Indonesia tidak menggunakan jarak yang ditetapkan NHRA tetapi dengan menggunakan jarak yang telah disepakati drag racers Indonesia yaitu sekitar 450-500 meter.
-          Alasan Drag Race di gemari Remaja
Pada dasarnya remaja ingin menunjukan kehebatan mobilnya. Berawal dari balap liar, para remaja mulai membentuk kelompok-kelompok yang akan mengorganisasikan drag race tersebut. Drag race disini bertujuan untuk pelampiasan para remaja yang tidak mampu ikut reli atau balap mobil secara resmi. Para remaja lebih memilih ajang balap liar atau drag race ketimbang reli atau balap resmi karena reli atau balap resmi selalu menggunakan mobil-mobil keluaran terbaru dengan harga ratusan juta rupiah. Pentas drag  race  dimeriahkan  oleh  mobil berbagai   merk  dan  tahun  pembuatan  yang  tidak dibatasi.   Mulai   dari   Volks   Wagen,   Holden,   Toyota,   hingga   Nisan   skyline   lansiran teranyar. Oleh karena itu remaja dapat mengikuti drag race dengan spesifikasi kendaraan yang mereka miliki. Pengubahan mesin pun bisa berkelas low end bahkan high end tergantung selera dan tebal tipisnya dompet mereka. Perubahan mesin berkelas low end dapat dimulai dengan penggantian kabel busi, busi, pulley, saluran pembuangan (knalpot), dan saringan udara. Jika ingin mendapatkan performa mesin yang luar biasa, kita bisa memasang  turbocharge/turbocanger dan NOS. Pemasangan NOS (Nutrious Oxide System) harus diiringi dengan penggantian komponen-komponen dalam mesin seperti piston, setang piston, per klep. dan spuyer. Karena terdapat banyak pilihan untuk menambah tenaga mesin   dari   yang   murah,   mahal,   berteknologi   tinggi,   hingga   spesifikasi   yang   telah dirancang khusus di luar negri, dengan demikian para remaja dapat memilih dan tidak terlalu memaksa untuk memiliki mesin berspek tinggi. Selain itu ajang drag race sebagai tempat berkumpulnya remaja-remaja Bogor. Sebagai contoh jalan Tol Jagorawi dan jalan Pemda raya Kab. Bogor sangat ramai disaat malam minggu, selain remaja yang ingin   memacu  mobilnya   ada   juga  yang  menonton  sembari   berkumpul  dan  mencari gebetan  baru.  Disana  juga   menjadi  ajang  untuk  memamerkan  modifikasi  mobilnya. Banyak yang memamerkan audio system dan body kit mereka.

-          Dampak Positive dalam Drag Race
Drag  race  banyak  memiliki   dampak  positive dalam  kehidupan  remaja,  salah satunya adalah remaja dapat menuangkan bakat seninya untuk memodifikasi mobil dalam bidang body, interior, sampai ke mesin. Tidak itu saja drag race dapat mengurangi resiko bila mengikuti balap liar karena balap liar tidak memiliki peraturan dan di tempat umum yang  banyak   pengguna  jalan  lain   sedang  berada   di   jalan   itu,   sedangkan   drag   race memiliki   peraturan   yang   mengatur   jalannya   pertandingan   dan   memiliki   tempat pertandingan yang khusus dan tidak ada orang dilintasan hingga tingkat keamanan drag race lebih tinggi dibandingkan balap liar.  Drag race juga menjadi ajang mencari uang bagi para drag racers yang sudah lama bergelut di bidang ini. Setiap kejuaraan pemenang dapat mendapatkan uang lebih dari 50juta. Oleh karena itu drag race juga bermanfaat untuk mencari uang.

-          Dampak negative dalam drag race
Drag race telah digandrungi banyak remaja dan berkembang dengan cepat di Indonesia. Banyak remaja yang telah mengikuti event-event nasional untuk mencari pengalaman. Tanpa di sadari dibalik kegiatan yang banyak terdapat dampak positive itu drag race  dapat juga menimbulkan dampak negative. Drag race cukup banyak memiliki dampak negative. Dampak negative dapat berupa kecelakaan. Yang dimaksud kecelakaan disini adalah tabrakan sesama mobil yang sedang memacu mobilnya di lintasan dan keluarnya mobil dari lintasan yang menyebabkan mobil menabrak sesuatu diluar lintasan. Kejadian ini dapat menelan korban jiwa baik bagi pengemudi mobil itu dan orang lain yang sedang mennton atau bagi pengguna jalan yang tidak tahu apa-apa (balap liar).Selain   kecelakaan   drag   race   dapat   membuat   remaja   penggemar   drag   race   timbul mendapat uang dengan menghalalkan berbagai cara. Hal ini timbul karena kekalahan dalam pertandingan dan mereka harus membayar uang dengan persetujuan yang telah mereka buat atau sering disebut taruhan. Selain itu remaja akan sering pulang malam.

Kesimpulan
Membandingkan dampak positif dan negative tersebut, maka remaja-remaja  perlu menghindari resiko negative khususnya kecelakaan yang mengakibatkan  kematian dan cacat fisik yang dapat merusak masa depan remaja itu sendiri. Para remaja makin banyak mengikuti drag race seiring cepatnya perkembangan drag race di tanah air, oleh karena itu remaja yang mengikuti ajang drag race harus makin hati –hati dan mengerti masalah apa yang timbul akibat drag race tersebut. Untuk remaja yang senang mengikuti balap liar sebaiknya   membuat   suatu   organisasi   yang   mengatur   kegiatan   ini   dengan   benar. Sedangkan kreatifitas seni dan teknologi harus tetap disalurkan melalui memodifikasi mobil dalam bidang body dan mesin untuk mendapatkan uang dengan cara mengikuti event kontes modifikasi.

Saran
Para remaja dapat   membetuk organisai dalam tingkat nasional yang bergerak dalam bidang drag race dan modifikasi mobil. Organisai tersebut berguna agar drag racers tanah air dapat berkumpul untuk memberi informasi dan masukan selain itu para remaja penggemar drag   race   akan seragam dalam bidang peraturan,  sebagai  contoh semua panjang dan lebar lintasan diseluruh tanah air sama.

Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.