.

Jumat, 28 Oktober 2016

RESENSI BUKU: PENGENDALIAN KUALITAS




Pengendalian Kualitas
Penulis : Hendy Tannady
Penerbit : Graha Ilmu
Tahun terbit : 2015
ISBN : 978-602-262-477-6
Sinopsis

Besarnya minat mempelajari 'kualitas' seringkali tidak diimbangi dengan ketersediaan literatur yang mudah dipahami dan memberikan penjelasan lugas tentang 'kualitas'.

Buku Pengendalian Kualitas ini sangat direkomendasikan untuk setiap praktisi industri yang berkecimpung di bidang kualitas, seperti QC Analyst, QC supervisor, quality, specialist.
Buku ini memberikan pemahaman awal mengenai apa itu kualitas dan Sistem Manajemen Mutu. Selain itu juga dibahas tentang Six Sigma. Penulis mencoba memberikan penjelasan dan langkah-langkah detail dalam melakukan pengendalian kualitas dengan menggunakan metode Six Sigma, ditunjang juga oleh beberapa alat kualitas, seperti FMEA, Peta Kontrol, Regresi Linier, Run Chart, Pareto Diagram, Diagram Tulang Ikan, Scatter Plots, Check Sheet, Flow Chart dan Histogram. Materi yang tidak kalah penting adalah mengenai nilai Cp dalam mengukur kapabilitas proses dan mencari nilai Sigma (σ), didukung oleh teknik pengambilan sampel yang tepatdan desain eksperimen. Pada bagian akhir, penulis juga membahas tentang menjaga kualitas dalam pengembangan produk.
Review
Buku ini membahas mengenai aplikasi dari pengendalian kualitas dan sengaja dibuat untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya keilmuan rekayasa kualitas. Buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu : Pendahuluan, Sistem Manajemen Mutu, Six Sigma-DMAIC, Alat-alat Dalam Kualitas, Peta Kontrol, Acceptance Sampling, Desain Eksperimen, dan Kualitas Pada Pengembangan Produk. Buku ini dirancang untuk memudahkan dalam pemahaman tentang ‘Pengendalian Kualitas’.
Buku ini menyajikan pembahasan dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami bahkan oleh mahasiswa semester awal. Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh mahasiswa program studi Teknik Industri untuk memahami mata kuliah ‘Pengendalian Kualitas’ dan siapa saja yang ingin menambah wawasan dalam hal pengendalian Kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.