.

Minggu, 30 Oktober 2016

Resensi Buku : Pengantar Teknik Industri



Judul Buku                   : Pengantar Teknik Industri

Penulis                         : Amin Syukron, S.T., M.T.,

 Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.,

Penerbit                       : Graha Ilmu

Tahun Terbit                 : 2014

No. ISBN                     : 978-602-262-193-5

Jumlah halaman         : 319 halaman


Pokok bahasan
Sejarah, Pengertian, dan Perkembangan Teknik Industri Revolusi Industri telah mengubah secara dramatis proses manufaktur dan membantu lahirnya konsep-konsep ilmu pengetahuan di kemudian hari. Inovasi teknologi yang terjadi pada waku itu diunjukkan untuk membantu dalam mekanisme beberapa operasional manual tradisional pada industri tekstil.
Teknik industri adalah disiplin teknik (rekayasa) dan bukan science yang disebabkan karena teknik industri menangani pekerjaan perancangan, perbaikan, dan penginstalasian dan juga menangani masalah manusianya. Revolusi industri telah mengubah proses manual menjadi proses otomasi dengan eksploitasi sumber daya besar-besaran. Pemikiran mengenai efisiensi, produktifitas dan efiktifitas dasi suatu produksi mulai dipikirkan para ilmuwan.  Teknik sistematis dalam merancang dan perbaikan metode kerja disebut Method Engineering. Tujuan dari Method Engineering adalah melakukan perbaikan metode kerja di setiap bagian untuk meningkatkan produktifitas kerja. Pengukuran kerja antara lain adalah pengukuran waktu standar atau waku baku. Tujuan dari pengukuran kerja yaitu untuk mengukur waktu karyawan dalam melakukan kegiatan kerja kondisi dan tempo yang normal.  Just in time merupakan suatu pendekatan yang menggunakan berbagai macam disiplin ilmu, misalnya statistics, industrial engineering, production management, behavioral science. Penerapan JIT menuntut adanya kualitas kerja yang tinggi dan terjadinya beban kerja yang seimbang (balance capacity) untuk menghindarkan terjadinya penundaan (delay) produk maupun kekecewaan konsumen.

Pemahaman
Buku Pengantar Teknik Industri tentu sangat berguna di perkuliahan Program Studi Teknik Industri. Dengan buku ini dapat mengenalkan kita terlebih dahulu dasar dari keilmuan Teknik Industri itu sendiri. Buku ini mengajarkan kita bagaimana mengolah suatu barang dan jasa dengan sistem yang baik dan benar. Dengan tersedianya input, kita harus memproses, sehingga tercipta output yang baik.

Kelebihan dari buku Pengantar Teknik Industri:
-          Cover menarik
-          Penulisan rapi dan jelas
-          Mudah dipahami penulisannya per kata
-          Kertas yang digunakan tebal, sehingga tidak mudah sobek

Kekurangan dari buku Pengantar Teknik Industri
-          Isi buku yang kurang variatif, karna kurang dilengkapi gambar
-          Penulisan yang kurang menarik karna seluruh huruf berwarna hitam


Artikel ditulis oleh :
Iwan Parulian (41611010036)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.