Judul Penelitian:
MENINGKATKAN KNOWLEDGE SHARING DI ORGANISASI: STUDI LITERATUR TERHADAP FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KNOWLEDGE SHARING
Nama Penulis
Aditya Andika, Program Studi Teknik Industri, Universitas Bina Nusantara. Email: aandika@binus.edu
Nama Jurnal
Vol 9 No 3 (2015) Jurnal PASTI http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/issue/view/100
LATAR BELAKANG MASALAH
Banyak organisasi yang belum berhasil menerapkan konsep knowledge management. Salah satu penyebabnya adalah kurang berhasilnya organisasi untuk mendorong knowledge sharing.
MASALAH/PERTANYAAN PENELITIAN
Banyak organisasi yang belum menerapkan knowledge sharing.
TUJUAN PENELITIAN
Mengetahui manfaat dan factor-faktor yang mempengaruhi knowledge sharing.
METODE PENELITIAN Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi literatur.
HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian Akhbar & Musa (2012) menunjukkan bahwa proximity (kedekatan jarak) berpengaruh positif terhadap knowledge sharing. Organisasi dapat mengatur agar jarak antar meja kerja anggota organisasi berada dalam jarak yang cukup dekat tetapi tetap menghargai privasi masing-masing anggota organisasi. Akhbar & Musa (2012) mengusulkan agar organisasi membuat ruang–ruang diskusi yang cukup dekat dengan area kerja agar memungkinkan anggota organisasi dapat sewaktu-waktu dan secara spontan menggunakan ruang tersebut untuk melakukan knowledge sharing. Organization Culture (Budaya Organisasi) Hasil penelitian Borges (2013) menunjukkan bahwa budaya organisasi yang berpengaruh positif terhadap knowledge sharing adalah budaya organisasi yang suportif dan berorientasi pada tim. Organisasi dapat menciptakan budaya yang suportif dan berorientasi pada tim dengan menciptakan organization values (nilai-nilai organisasi) yang menghargai kerja sama tim dan sikap saling mendukung. Information Systems (Sistem Informasi).
Hasil penelitian Supar (2012) menunjukkan bahwa keberadaan teknologi informasi untuk knowledge sharing berpengaruh secara positif terhadap knowledge sharing. Organisasi perlu mengembangkan sistem informasi yang memiliki fitur khusus untuk knowledge sharing yang mudah diakses dan user-friendly. Dengan begitu, diharapkan anggota organisasi dapat melakukan knowledge sharing dengan mudah. Rewards (Penghargaan).
Hasil penelitian Al-Alawi (2007) menunjukkan bahwa rewards (penghargaan) memiliki pengaruh yang positif terhadap knowledge sharing. Organisasi dapat mengembangkan sistem rewards yang terkait dengan aktivitas knowledge sharing. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus bagi anggota organisasi yang aktif melakukan knowledge sharing. Organization Structure (Struktur Organisasi).
Hasil penelitian Al-Alawi (2007) menunjukkan bahwa organization structure (struktur organisasi) memiliki pengaruh yang positif terhadap knowledge sharing. Organisasi perlu mengembangkan struktur organisasi yang memungkinkan terjadinya pengambilan keputusan secara partisipatif. Knowledge sharing dapat terjadi didalam proses pengambilan keputusan secara partisipatif. Organizational Justice (Keadilan Organisasi).
Hasil penelitian Yesil & Dereli (2013) menunjukkan bahwa organizational justice (keadilan organisasi) berpengaruh secara positif terhadap knowledge sharing. Organisasi perlu memperlakukan setiap anggota organisasi secara adil. Contohnya adalah memberikan reward kepada anggota organisasi sesuai dengan kinerja dan kontribusinya kepada organisasi. Opportunity to Share Knowledge (Kesempatan untuk Berbagi Knowledge).
Hasil penelitian Abdul-Jalal dkk. (2013) menunjukkan bahwa opportunity to share knowledge (kesempatan untuk berbagi knowledge) berpengaruh secara positif terhadap knowledge sharing. Organisasi perlu memperluas kesempatan bagi para anggota organisasi untuk berbagi knowledge. Bentuk kesempatan untuk berbagi knowledge ini dapat berupa rapat, diskusi, sharing session, kesempatan menulis artikel di majalah perusahaan, dan lain-lain. Team Adequacy (Kecukupan Sumber Daya Tim) Jurnal PASTI Volume IX No 3, 230 – 237 235.
REVIEW/KOMENTAR JURNAL
Penulisan jurnal sudah baik. Materi sudah dijabarkan dengan lengkap beserta dengan refrensi. Kekurangan dari jurnal ini hanya terletak di latar belakang yang tidak dijelaskan dengan baik oleh penulis.
ABSTRACT
Knowledge sharing is the part central among knowledge management. This paper conducted a study of literature to factor that influences knowledge sharing in an organization. Based on the study of literature that done of the results of research on factor that influences knowledge sharing in an organization, found 21 of factors affect knowledge sharing. Factors are then analyzed and it is categorized based on the aspect of control organization. Factors that are in in control organization were 13 factors. Then this paper discuss further information about factors that is in in control organizations and steps can taken organization to increase knowledge sharing.
Keywords: Organization, Knowledge Management, Knowledge Sharing.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul-Jalal H. & Toulson P. 2013. Knowledge Sharing Success for Sustaining Organizational Competitive Advantage. Procedia Economics and Finance. Vol. 7. 150-157.
Abdullah H.S., Hassim A.A. & Chik R. 2009. Knowledge Sharing in a Knowledge Intensive Organisation: Identifying the Enablers. International Journal of Business and Management, Vol. 4(4), 115-123.
Akhavan P., Hosseini S.M., Abbasi M., & Manteghi M. 2015. Knowledge-Sharing Determinants, Behaviors, and Innovative Work Behaviours, Aslib Journal of Information Management. Vol. 67(5). 562-591.
Akhbar A.R.N. & Musa M.F. 2012. Enhancing Human Interaction of Knowledge Sharing In Higher Learning Workplace Environment, Procedia–Social and Behavioral Sciences. Vol. 35, 137-145.
Al-Alawi A.I., Al-Marzooqi N.Y. & Mohammed Y.F. 2007. Organizational Culture and Knowledge Sharing: Critical Success Factors. Journal of Knowledge Management, Vol. 11(2), 22-42.
Bass B.M. 1997. Does the Transactional–Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries? American Psychologist. Vol. 52(2). 130-139.
Borges R. 2013. Tacit Knowledge Sharing Between IT Workers. Management Research Review. Vol. 36(1). 89-108.
David Gurteen. 1999. Creating a Knowledge Sharing Culture Knowledge. Management Magazine. Volume 2. Issue 5. February. Filemon A. And Uriarte JR. 2008. Introduction to Knowledge Management. ASEAN Foundation. Jakarta. Indonesia.
Girard J. & Girard J. 2015. Defining Knowledge Management: Toward An Applied Compendium. Online Journal of Applied Knowledge Management. Vol. 3(1). 1-20.
Halawi L.A., McCarthy R.V. & Aronson J.E. 2006. Knowledge Management and the Competitive Strategy of the Firm. The Learning Organization. Vol. 13(4). 384-397.
Ibrahim S. & Heng L.H. 2015. The Roles of Learning in Stimulating Knowledge Sharing at Smes. Procedia–Social and Behavioral Sciences. Vol. 172. 230-237.
Javadi M.H.M., Zadeh N.D., Zandi M. & Yavarian J. 2012. Effect of Motivation & Trust on Knowledge Sharing and Effect of Knowledge Sharing on Employee’s Performance. International Journal of Human Resources Studies. Vol. 2(1). 210-221.
Kelloway E.K. & Barling J. 2000. What We Have Learned About Developing Transformational Leaders. Leadership & Organization Development Journal. Vol. 21(7), 355-362.
Jurnal PASTI Volume IX No 3, 230 – 237 237 Kuzu O.H. & Ozilhan D. 2014. The effect of employee relationships and knowledge sharing on employees’s performance: An empirical research on service industry. Procedia–Social and Behavioral Sciences. Vol. 109. 1370-1374.
Lin H. 2007. Knowledge sharing and firm innovation capability. International Journal of Manpower. Vol. 28(3/4). 315-332.
Ma Z., Qi. L. & Wang K. 2008. Knowledge Sharing In Chinese Construction Project Teams and Its Affecting Factors: An Empirical Study. Chinese Management Studies. Vol. 2(2). 97-108.
Sajeva S. 2014. Encouraging Knowledge Sharing Among Employees: How Reward Matters. Procedia–Social and Behavioral Sciences. Vol. 156. 130-134.
Sanchez J.H., Sanchez Y.H., Collado-Ruiz D. & Cebrian-Tarrason D. 2013. Knowledge Creating and Sharing Corporate Culture Framework. Procedia–Social and Behavioral Sciences. Vol. 74. 388-397.
Smith E.A. 2001. The Role of Tacit and Explicit Knowledge in the Workplace. Journal of Knowledge Management. Vol. 5(4). 311-321.
Solek-Borowska. C. 2015. Knowledge sharing practices in CEMS–Global Alliance of Management Education. Online Journal of Applied Knowledge Management. Vol. 3(2). 134-149. Supar N. 2012. Technological Factors Affecting Knowledge Sharing among Academic Staff in Selected Malaysian Higher Educational Institutions and the Effect on Performance. Journal of Education and Vocational Research. Vol. 3(7). 234-241.
Trivellas P., Akrivouli Z., Tsifora W. & Tsoutsa P. 2015. The Impact of Knowledge Sharing Culture on Job Satisfaction in Accounting Firms: The Mediating Effect of General Competencies. Procedia Economics and Finance. Vol. 19. 238-247.
Xia, L. & Ya, S. 2012. Study on Knowledge Sharing Behavior Engineering. Systems Engineering Procedia. Vol. 4. 468-476.
Yang J.T. 2007. The Impact of Knowledge Sharing on Organizational Learning And Effectiveness. Journal of Knowledge Management. Vol. 11(2). 83-90.
Yesil S. & Dereli S.F. 2013. An Empirical Investigation of The Organizational Justice, Knowledge Sharing And Innovation Capability. Procedia–Social and Behavioral Science. Vol. 75. 199-208.
Zaim H. 2006. Knowledge Management Implementation in IZGAZ. Journal of Economic and Social Research. Vol. 8(2). 1-25.
@B27-WILLY
BalasHapusReview untuk jurnal ini sangat bagus, segala isi dan tujuan jurnal ini dibahas denhan detail. Adapun jikalau ditambah mindmap akan lebih bagus lagi. Lanjutkan gaya menulisnya.
@B30-Suhendra
BalasHapusReview Jurnal dibahas dengan detail.
Saran : Jika dilengkapi dengan mindmap akan lebih menarik.