.

Jumat, 08 Mei 2020

MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BERPERAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA


     Mutu pendidikan merupakan hal penting dalam meningkatkan daya saing bangsa. Mutu pendidikan harus sejalan dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, sosial dan budaya. Mutu pendidikan di Indonesia saat ini, masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara tetangga. Perlunya peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana agar siswa dapat meningkatkan minat dan semangta dalam belajar, sehingga potensi yang dimiliki siswa tersalurkan dan dikembangkan dengan baik.

      Dari data BPS (2004) menunjukkan bahwa kondisi prasarana dari ketersedian perpustakaan disekolah. Secara nasional, baru 27,6% SD yang sudah memiliki perpustakaan sekolah. Selain fasilitas, juga banyak ruang belajar dan sarana belajar seperti laboratorium, saran olahraga rusak. Dengan kondisi seperti demikian, akan berpengaruh padaketidaknyamanan pada proses belajar mengajar, juga akan berdampak pada kurangnya minatsiswa dalam belajar. Penelitian Balitbangdikbud (2004) meloprkan bahwa pada SMP Terbuka, buku modul yang merupakan sumber belajar utama masih sangat kurang sehingga menganggu proses belajar mandiri.

       Faktor lain yang berkaitan dengan peningkatan mutu dan daya saing aadlaah anggaran pendidikan yang belum memadai, baik ketersediaannya maupun dalam efisiemsi pengelolaannya. Apabila dibandingkan negara-negara lain, alokasi anggaran pendidikann di Indonesia masih sangat rendah.

       Pendidikan nasional masih dihadapkan pada berbagai persoalan, atas persoalan tersebut perluasan dan pemerataan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat harus ditempatkan pada prioritas tertinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Mutu pendidikan tercermin dari kemampuan membentuk kecakapan lulusan agar dpaat menjadi pekerja produktif dengan upah lebihtinggi. Kesempatan pendidikan keahlian, keterampilan dan profesi harus besar dan merata dengan pengembangan ekonomi industri, penggunaan ilmu teknologi, dan meningkatkan kecakapn hidup yang sesuai dengan prinsip belajar sepanjang hayat. Semakin meningkat mutu pendidikan semakin meningkat pula daya saing bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.