.

Rabu, 06 Mei 2020

MEWUJUDKAN PENERUS BANGSA YANG BERPENDIDIKAN DAN BERDAYA SAING TINGGI


MEWUJUDKAN PENERUS BANGSA YANG BERPENDIDIKAN DAN BERDAYA SAING TINGGI

Oleh: AGUNG SAPUTRA (@J15-AGUNG)


 
ABSTRAK
Dalam era globalisasi pendidikan yang ada di indonesia belum sepenuhnya mampu menciptakan sumber daya manusia yang bisa bersaing dengan negara-negara maju dalam berbagai bidang. Hal itu terjadi karena pendidikan di Indonesia masih mempunyai beberapa masalah baik masalah mikro maupun masalah makro. Masalah-masalah tersebut membuat pendidikan di Indonesia tidak berdaya saing. Solusi yang paling diutamakan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia adalah meningkatkan kompetensi guru untuk mewujudkan pendidikan yang berdaya saing. Karena peran guru sangatllah penting untuk keberhasilan peserta didik.
Kata Kunci: Pendidikan, daya saing, sumber daya manusia.

PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara berkembang dengan kualitas pendidikan yang masih rendah. Pendidikan yang ada di Indonesia belum mampu membuat sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan negara-negara yang sudah terlebih dahulu maju melalui pendidikannya, dalam era serba modern atau masa globalisasi yang dapat membuat bangsa yang tertinggal akan semakin jatuh dan tertinggal.

PERMASALAHAN
Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan manusia yang seutuhnya. Pendidikan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada Indonesia. Untuk saat ini pendidikan di Indonesia mempunyai beberapa masalah baik masalah mikro maupun masalah makro. Masalah-masalah tersebut membuat pendidikan di Indonesia tidak berdaya saing. Masalah yang ada dipendidikan Indonesia antara lain, yaitu: masalah pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, efesiensi pendidikan dan relvansi pendidikan. Selain beberapa masalah pendidikan diatas, masalah pendidikan di Indonesia lainnya adalah masalah kompetensi guru.
Dengan adanya berbagai masalah tersebut, pendidikan di Indonesia termasuk ke dalam pendidikan yang masih rendah, sehingga belum mampu menciptakan hasil yang dapat bersaing agar Indonesia bisa terkenal secara efektif disegala bidang dan dapat bersaing di internasional, dengan begitu Indonesia akan terbilang negara yang maju. Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan solusi bagi permasalahan pendidikan.

PEMBAHASAN
Solusi utama dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia adalah meningkatkan kompetensi guru untuk mewujudkan pendidikan yang berdaya saing. Karena peran guru sangatllah penting untuk keberhasilan peserta didik.
Agar Indonesia bisa terkenal secara efektif disegala bidang internasional, pemerintah kita perlu membuat persiapan yang benar-benar mendasar untuk meningkatk an daya saing. Untuk itu guru harus mampu menjadi teladan bagi para siswanya, baik secara moral maupun intelektual. Tidak ada satu unsur lain yang lebih penting dalam sistem pendidikan selain guru. Guru dalam hal ini sangat berperan penting dalam usaha meningkatkan daya saing peserta didik. Untuk itu diperlukan guru yang kompeten.
Dengan demikian untuk meningkatkan kopetensi sebagai pendidik yang mencakup aspek pedagodis, kepribadian, sosial, dan professional, yang mesti ada dan dikuasai oleh seorang guru. Maka dari itu pemerintah dapat melakukan dengan beberapa cara. Seperti yang telah diungkapkan oleh Soejipto dan Kosasi dalam meningkatkan suatu profesi. Menurut Soejipto dan Kosasi untuk meningkatkan profesi ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu (1) secara formal, guru bisa mengikuti pendidikan lanjutan dan mengikuti penataran, lokakarya, seminar, atau kegiatan ilmiah lainnya; dan (2) secara informal dapat dilakukan melalui media televisi, radio, surat kabar, belajar mandiri dan sebagainya.
KESIMPULAN
Pendidikan adalah suatu sarana agar manusia sadar akan realitas yang ada. Sehingga dapat menghadapi segala tantangan yang berada pada masyarakat. Di era teknologi 4.0 yang semakin pesat ini, pendidikan yang ada di Indonesia belum mampu bersaing secara keseluruhan dalam berbagai bidang, karena masih ada permasalahan. Disimpulkan bahwa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, sminar, atau workshop akan memberikan pengetahuan bagi guru. Pengetahuan itu mencakup aspek pedagodis, kepribadian, sosial, dan professional, yang mesti ada dan dikuasai oleh seorang guru. Seorang guru yang memeliki kompetensi yang bagus akan mencipatkan murid-murid yang rajin belajar karena mereka mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting kesadaran untuk belajar demi masa depannya yang mempunyai kemampuan bersaing diberbagai bidang kehidupan baik di nasional maupun internasional

DAFTAR PUSTAKA
Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam4(1), 35-48.
Adawiyah, R., Wibowo, Y. S., & Kartika, Y. (2017, May). Pendidikan yang Berdaya Saing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.