.

Rabu, 06 Mei 2020

Proses Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas SDM, Pendidikan Nasional, dan Daya Saing Bangsa


Proses Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas SDM, Pendidikan Nasional, dan Daya Saing Bangsa

(Oleh: @J04_NIDA)


Sumber : Putri Lestari (12010110084)                

Abstrak
Suroso (2003:212) yang mengutip dari laporan Darmono (1996) bahwa dari 3300 jurnal ilmiah dari beberapa negara yang tercakup dalam Science Citation Index (SCI), sumbangan ilmuwan Indonesia dalam pengembangan iptek dunia hanya 0,12% masih di bawah negara tetangga seperti Filipina 0,35% dan Singapura 0,179%.
Kualitas sumber daya manusia Indonesia yang diukur dari Human Development Index juga belum menggembirakan. Pada tahun 2019 Indonesia menduduki rangking 111 dari 183 negara di bawah Singapore (9), Brunei Darussalam (43), Malaysia (61), dan Philippines (106). Kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam bidang kemajuan IPTEK juga masih sedikit dan belum menggembirakan jika dibandingan dengan amoral, korupsi, dan kejahatan yang jumlahnya lebih besar.
Mohammad Ali (2009) Pembangunan sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan manusia Indonesia yang maju dan mandiri sehingga mampu berdaya saing dalam era globalisasi. Dalam kaitan itu, pembangunan sumber daya manusia diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang ditandai dengan meningkatnya Human Development Index dan Indeks Pembangunan Gender (IPG).
Kata kunci : Kualitas SDM, Pendidikan nasional , Daya saing bangsa.


Pembahasan
Dari data Human Developmen Index pada tahun 2019 tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pendidikan nasional di Indonesia masih memperhatinkan karena pendidikan nasional merupakan salah faktor dalam pengingkatan sumber daya manusia, walaupun banyak sekali upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional seperti beberapa penggantian kurikulum dan sistem pembelajaran, perubahan manajemen pembelajaran, bahkan penggantian UU sistem pendidikan nasional. Namun, upaya yang dilakukan pemerintah tersebut nampaknya belum memberikan hasil yang menggembirakan.
Komponen terpenting dalam proses pembelajaran adalah guru. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berujung pada peningkatakan kualitas pendidikan maka mutu guru yang harus dibenahi. Sumarsono (2003:19) menyatakan bahwa guru memang harus dibantu dari segi kognisi dan kesadaran untuk mengerti isi perubahan dan menyadari bahwa perubahan itu memang perlu. Sikap moral untuk mau berubah harus dibangun; sikap sebagai tukang yang pasif dan menanti diubah menjadi sikap professional yang harus aktif, proaktif, kreatif, penuh inisiatif dan kritis. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas mengajar dosen/guru.
Beberapa upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional  yang mungkin dapat diterapkan :
1.      Menaikan upah dan gaji guru/dosen,
2.      Pelatihan dan sarana
3.      Memberikan gambaran dan membandingan dengan tenaga guru/dosen  internasional
4.   Mereformasi sistem pendidikan nasional dan mengadopsi beberapa strategi yang ditempuh negara-negara maju dan negara-negara Asia Timur
5.  Memberikan penghargaan dan sanksi hukuman (reward and punishment). Secara bertahap guru/dosen diawasi , sehingga kinerja guru/dosen terpantau dengan baik
6.      Mengatasi guru/dosen yang belum siap menghadapi berbagai perubahan

Kesimpulan
Perlu disadari peningkatan kualitas SDM memang sangat tergantung pada tenaga pengajar. Segala upaya dalam peningkatan mutu pendidikan, keberhasilannya tergantung pada tenaga pengajar. Konsekuensinya, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk daya saing bangsa penumbuhan kesadaran mutu di kalangan tenaga pengajar sangat diperlukan. Di samping itu yang tak kalah penting untuk diupayakan adalah aspek kesejahteraan tenaga pengajar sebagai sarana untuk memotivasi tumbuhnya kesadaran kualitas/mutu.

            Daftar Pustaka
Suroso. (2002). In Memoriam Guru. Yogyakarta: Jendela
Nanang, N., (2015). Reorientasi Pendidikan Nasional Dalam Menyiapkan Daya Saing Bangsa. Yogyakarta: UII
Ali, M., (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional : Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.