.

Selasa, 05 Mei 2020

PENDIDIKAN MERUPAKAN PONDASI BANGSA MENYONGSONG MASA DEPAN



PENDIDIKAN MERUPAKAN PONDASI BANGSA MENYONGSONG MASA DEPAN

Oleh: Ridwan Arifin (@J09-RIDWAN)


ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal yang takkan terpisahkan dalam membentuk suatu bangsa, pendidikan juga menjadi dasar berdirinya suatu bangsa, Indonesia memiliki jutaan sumber daya termasuk sumber daya manusia, sumber daya manusia haruslah berpendidikan demi menjaga keberlangsungan bangsa ini kelak dimasa yang akan datang, sumber daya manusia yang berkualitas akan menciptakan bangsa yang hebat, Dari Pendidikan lah bangsa ini mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini. Hal ini berarti menjadikannya pendidikan memiliki peranan penting dalam suatu bangsa, Pendidikan di negeri ini harus sangat diperhatikan dan dikelola secara professional agar Negara ini mampu menciptakan bibit – bibit unggul generasi penerus bangsa.

PENDAHULUAN

Pendidikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti  proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Di Indonesia pendidikan sudah sejak dahulu diatur dalam Undang – Undang Dasar 1945 Hasil Amandemen Pasal 31 disemua ayatnya yang berbunyi Ayat 1:  Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, Ayat 2:  Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah  wajib mbiayainya. Ayat 3:  Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Ayat 4:  Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Ayat 5:  Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.



PEMBAHASAN

Pendidikan diera saat ini menjadi hal yang penting, karena dengan pendidikan lah yang mampu menjadikan sumber daya di suatu bangsa menjadi berkualitas terutama sumber daya manusianya. Di Indonesia sendiri yang merupakan Negara berkembang pendidikannya masih terbilang cukup rendah, hal ini bisa dilihat dari belum meratanya tingkat pendidikan diseluruh wilayah Indonesia.

Tingkat pendidikan Indonesia terbilang masih belum merata terutama di daerah – daerah pelosok yang jauh dari perkotaan yang mana tingkat pembangunannya masih jauh tertinggal, masih banyak gedung sekolah yang usang dan memerlukan renovasi, banyak daerah yang belum teraliri listrik dan teknologi yang belum mumpuni seperti layaknya di kota besar seperti Jakarta. Hal ini lah yang perlu ditingkatkan untuk memeratakan tingkat pendidikan diseluruh wilayah Indonesia.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan guna memeratakan tingkat pendidikan disetiap daerah, banyak sekali anak – anak bangsa yang kurang diperhatikan oleh Negara padahal, mereka yang berasal dari daerah juga memiliki kesempatan yang sama serta potensi – potensi yang dapat dikembangkan guna mengharumkan nama bangsa dikancah dunia.  

Mutu pendidikan selalu saja dipermasalahkan jika hasil dari pendidikan tidak mencapai taraf dari suatu pendidikan, banyak factor yang tentu ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan seperti pendidik yang berkualitas, teknologi yang mumpuni serta lain sebagainya.

Diera Globalisasi saat ini pendidikan sangat diperlukan bahkan sangat dibutuhkan guna mencetak anak – anak bangsa yang memiliki kualitas yang baik guna bersaing dengan anak – anak bangsa Negara lain. Guru sebagai bagian dari pendidikan, pun juga harus dapat menyesuaikan dirinya dengan perkembangan atau kemajuan zaman yang ada. Guru senantiasa dituntut un tuk meningkatkan kompetensinya sebagai langkah evaluasi dan proyeksi dalam menjalankan proses pendidikan. (Adawiyah, Robiatul. Wibowo, Yunus Setyo. Yuyun, Kartika. 2017).

Pendidikan yang baik sebenarnya dapat dimulai dari lingkungan sekitar, faktor keluarga juga sangat menentukan kualitas pendidikan terutama pendidikan karakter untuk anak, Anak kecil sangat senang dan mudah untuk menerima segala macam yang diajarkan maka dari itu kita harus mendidik anak – anak sebaik mungkin.

KESIMPULAN

Pendidikan jadi hal yang utama saat ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia demi menyongsong masa depan bangsa yang cerah, semua masyarakat Indonesia tanpa terkecuali berhak mendapatkan pendidikan yang memadai, peran serta pemerintah sangat dibutuhkan untuk melengkapi fasilitas yang mumpuni dalam mencapai mutu pendidikan yang baik. Pendidikan dari keluarga juga sangat dibutuhkan, peran keluarga sangat vital demi mencetak generasi – generasi emas bangsa yang mampu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

DAFTAR PUSTAKA

Adawiyah, Robiatul. Wibowo, Yunus Setyo. Yuyun, Kartika. 2017. PENDIDIKAN YANG BERDAYA SAING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.

Amirudin, Muhamad Faizul. 2019. Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.