.

Selasa, 05 Mei 2020

KUALITAS SDM YANG BERPENDIDIKAN


KUALITAS SDM YANG BERPENDIDIKAN
Oleh : Febi Afifa Ajengsari (@J03-FEBI)


Sumber: Penulis

Abstrak

Pendi­­dikan merupakan sebuah kunci dari kualitas seseorang. Dengan pendidikan seseorang akan dipandang karena memiliki pemahaman sangat luas. Pendidikan tidak hanya tentang pengajaran tetapi memberikan pembelajaran bagaimana kita menganalisis suatu kasus untuk membukakan pola pikir seseorang. Oleh sebab itu untuk pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya di Indonesia.
Kata kunci : Pendidikan, Kualitas SDM


Pendahuluan


Masalah sumber daya manusia merupakan masalah mendasar. Sumber daya manusia merupakan salah satu penentu pertumbuhan dari perekonomian suatu bangsa. Dengan memikirkan suatu pengelolaannya agar manusia dapat memegang peran yang utama dan optimal maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pembangunan karakter dari sebuah pendidikan dan memajukan kesejahteraan bangsa.
Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pendidikan. Menurut Nukholis(2013), pendidikan merupakan sebuah proses yang mencakup tiga dimensi, individu, masyarakat atau komunitas nasional dari individu tersebut. pendidikan lebih dari sekedar pengajaran karena dapat dikatakan sebagai proses transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek
Pemerintah juga memiliki peran penting dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Menurut Thomas (2002), menggemukkan bahwa pengeluaran pemerintah yang cukup besar untuk pendidikan jikan dialikasikan tidak tepat mungkin hanya sedikitnya sumbangan terhadap pengurangan kemiskinan, bahkan justru memperbesar ketimpangan.


Pembahasan


Dalam bahasa Jawa , pendidik berarti panggulawentah (pengolahan), mengolah, mengubah kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran, kemauan dan watak, mengubah kepribadian sang anak. (Nurkholis,2013) Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pendidikan berasal dari kata dasar didik (mendidik), yaitu : memelihara dan memberi latihan (ajaran, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan pendidikan mempunyai pengertian : proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan, cara mendidik.
Dari pengertian-pengertian dan analisis yang ada maka bisa disimpulkan bahwa pendidikan merupakan suatu aktivitas yang memiliki maksud dan tujuan tertentu yang diarahkan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh manusia. Dengan pendidikan maka perkembangan ekonomi suatu negara akan berkembang dan dapat memajukan dunia teknologi. Secara umum sudah terbukti bahwa dengan berpendidikan maka seseorang akan mendapatkan peningkatan pada pendapatannya. Oleh karena itu tujuan dari pencapaian pendidikan adalah mengembangkan keterampilan hidup karena dengan pendidikan sesorang mendapatkan modal yang sangat penting untuk menjalani kehidupan bermasyarakat. Seperti dalam pendidikan di Indonesia, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai moral, agama, kedisplinan, dan masih banyak lagi.
Untuk menciptakan kualitas seseorang maka dibutuhkan peran dari beberapa pihak baik peran dari lingkungan sekitar ataupun pemerintah. Faktor pendukung dari keberhasilan pendidikan terdiri dari, pendidik, yang dididik, materi pembelajaran, metode pembelajaran, tujuan dan faktor yang terakhir adalah faktor lingkungan. Di Indonesia peran lingkungan sangat berpengaruh bagi peningkatan kualitas pendidikan. Karena banyak anak-anak yang padasaat ini menggunakan kata-kata yang tidak baik dengan begini kita dapat meninjau kembali bagaimana peran lingkungan baik di rumah ataupun di sekolah. Pada saat ini saya melihat bahwa banyak sistem pendidikan yang di salah gunakan, maka menimbulkan keresahan untuk generasi selanjutnya. Contohnya seperti seseorang yang mempelajari cara membuat nuklir yang keemudian digunakan untuk menghancurkan suatu daerah. Kasus seperti ini banyak kita jumpai pada era sekarang. Selain mempelajari pendidikan tentang teoritis tetapi kita juga harus mempelajari tentang keagamaan jika kedua nya digabungkan maka akan menciptakan kualitas sumber daya yang baik.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya suatu negara akan tertinggal jika pendidikan rakyatnya yang rendah dan tidak berkualitas, sebaliknya suatu negara akan maju jika pendidikan rakyatnya terpenuhi. Tanpa sumber daya manusia yang berkualitas, suatu bangsa akan tertinggal dari negara lain. Menurut Yudhoyono (2020), pendidikan harus memenuhi standar, metode dan kurikulum yang tepat, serta kualitas guru yang baik. Pandangan tentangnya pendidikan nasional bagi pembangunan bangsa ukan hanya memandang pendidikan sebagai penyangga negara.
Sekarang sudah banyak kita lihat dan kita dengan tentang tantangan masa depan lebih berat dan besar daripada tantangan yang sudah dihadapi pada masa sebelumnya. Masalah pengangguran di kalangan remaja dan memutusan hubungan kerja (PHK) yang sudah banyak kita temui membuat kehidupan masyarakat arus bawah yang akhirnya membuat beban bagi mereka. Untuk meningkatkan kemampuan pembangunan bangsa yang benar terhadap usaha pembangunan yakni pembangunan melalui pemerataan pendidikan. Dengan adanya pemerataan pendidikan maka akan meningkatkan kuliatas dagi rakyatnya. Sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk berkontribusi dengan negara lain. Dapat kita tahu bahwa pendidikan adalah pilar bagi suatu bangsa agar dapat menciptakan teknologi-teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk negara lain.


Kesimpulan


Suatu negara yang maju akan  menghasilkan kuliatisan sumber daya manusia yang baik, sebaliknya jika sistem suatu negara itu tidak baik maka akan menghasilkan sumber daya manusia yang kurang untuk berkompetisi dengan negara-negara maju lainnya. Tidak hanya memperlajari tentang teoritis tetapi kita juga harus mengimbangi dengan keagamaan agar sumber daya manusia yang harmonis dan dapat menciptakan teknologi-teknologi terbaru.


Daftar Isi


Friedman, Thomas L, 2002. Longitudes and Attitudes, New York : Anchor Book, A Division of    Random House.

Krismiyati, 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak file:///C:/Users/Febi/Downloads/3459-8588-3-PB.pdf  diakses pada 2 Mei 2020 pukul 11:23PM.

Nurkholis, Nopember 2013.  PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI file:///C:/Users/Febi/Downloads/530-Article%20Text-1025-1-10-20160318.pdf diakses pada 4 Mei 2020 pukul 12.05AM.

Yudhoyono, S. B, 2007. Mari Kira Sukseskan Program Pro-Rakyat. Pidato Awal Tahun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jakarta, 31.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.