.

Kamis, 07 Mei 2020

FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA


Abstrak

Dari berbagai perrspektif tentang fungsi dan tujuan pendidikan telah jelas terlihat bahwa pendidikan di pendidikan berupaya untuk menciptakan bangsa yang cakap, beriman, bertaqwa kepada Tuhan serta memilki pengetahuan yang baik dan wawasan kebangsaan.
Pendidikan di Indonesia sangat berperan penting dalam membangun masyarakat. Melalui pendidikan,masyarakat melakukan transformasi budaya, menciptakan tenaga kerja, menciptakan alat pendidikan sosial dan lain sebagainya untuk dapat meningkatkan daya saing bangsa. Dengan demikian perkembangan masyarakat dapat berjalan secara berkelanjutan. Berdasarkan kelima fungsi dan tujuan pendidikan bagi masyrakat tentunya masyarakat akan sangat diuntungkan dalam hal birokrasi, sosial dan ketenagakerjaannya.



Pendahuluan
Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003, pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan dalam sebuah Negara adalah bagian yang sangat penting. Karena pendidikan merupakan sebuah proses yang sistematis dalam menghasilkan Sumber Daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam membangun sebuah Negara. Sebesar atau sebanyak apapun Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki sebuah Negara tanpa didukung oleh SDM yang berkualitas maka Negara tersebut tidak akan mengalami kemakmuran. Selain pentingnya Pendidikan untuk pengolaan SDA Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hal lainnya seperti sosial, politik, budaya dan lainnya


Pembahasan
Menurut UU. No.20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sistem pendidikan nasional bertujuan menerapkan pengembangan potensi para peserta didiknya agar dapat bersaing dan menjadi manusia yang kompeten. Tujuan pendidikan jika dilihat menurut tugas dan fungsi manusia secara filosofis dapat dibedakan menjadi tiga sebagai berikut;
·         Tujuan individual, melalui proses belajar dengan tujuan mempersiapkan dirinya dalam kehidupan dunia dan akhirat.
·         Tujuan sosial yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat sebagai keseluruhan, dan dengan tingkah laku masyarakat umunya serta dengan perubahan-perubahan yang diinginkan pada pertumbuhan pribadi, pengalaman dan kemajuan hidupnya.
·         Tujuan profesional yang menyangkut pengajaran sebagai ilmu, seni, dan profesi serta sebagai suatu kegiatan dalam masyarakat
Dengan mencapai tiga tujuan tersebut dapat menjadikan manusia yang siap dalam menghadapi segala perubahan-perubahan yang terjadi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat meningkatkan dalam daya saing bangsa. Selain memiliki tujuan yang sangat jelas untuk mengembangkan potensi peserta didik, Pendidikan memiliki fungsi yaitu adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermartabat. Menurut Horton dan Hunt, fungsi pendidikan adalah sebagai berikut:
·         Mempersiapkan setiap anggota masyarakat agar dapat mencari nafkah sendiri.
·   Membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.
·        Membantu melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.
·        Menanamkan keterampilan yang dibutuhkan dalam keikutsertaan dalam demokrasi.

Kesimpulan
Fungsi dan tujuan dari Pendidikan itu sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui fungsi dan tujuan dari Pendidikan dapat membuat kita untuk lebih memahami apa itu Pendidikan serta dapat menjadikan kita manusia yang siap dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat membuat kita meningkatkan kemampuan dalam daya saing bangsa.

Daftar Pustaka

Maxmanroe. (n.d.). Pengertian Pendidikan: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Pendidikan. Retrieved from https://www.maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-pendidikan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.