.

Jumat, 11 Maret 2016

DRAG RACE DAN MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR DALAM DUNIA REMAJA

DRAG RACE DAN MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR DALAM DUNIA REMAJA


 











DISUSUN OLEH :
IWAN PARULIAN
41611010036
TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS MERCUBUANA







Kata Pengantar

     Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmatnya
sang penulis biasa menyelesaikan karya tulis ini.
     Dalam karya tulis ini sang penulis sadar bahwa tiada gading yang tidak retak, jadi
harap maklum bila terjadi kesalahan dalam penulisan karya tilus ini :
Dalam penyelesaian karya tulis ini sang penulis tidak mengerjakannya sendiri,
namun mendapat bantuan jerih payah  dari pihak lain. Oleh karena itu sang penulis sangat
berterima kasih sebesar-besarnya kepada :
1. Orang tua yang telah memberi dorongan jasmani maupun rohani.
2. Teman-teman yang telah membantu penulisan dalam menyelesaikan karya
tulis ini.
     Akhir kata penulis mengharapkan semoga karya tulis ini bermanfaat bagi
pembaca dan berguna untuk referensi di waktu mendatang.


Bogor, 11 Maret 2016


Penulis





Daftar Isi

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………..
Daftar Isi ……………………………………………………………………………….. …1
Bab.I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang ………………………………………………................................2
1.2. Masalah ……………………………………………………………………………….3
1.3. Tujuan Penulisan ……………………………………………………………………...3
1.4..Cara Pengumpulan Data ………………………………………………………….......3
1.5. Ruang Lingkup ……………………………………………………………………. …3
Bab.II. Pembahasan
2.1. Defenisi Drag Race ……………………………………………………………………4
2.2. Alasan Drag Race Digemari Remaja ………………………………………………… 4
2.3. Perkembang Drag Race di Daerah Metropolitan …………………………………….. 5
2.4. Dampak Positif dalam Drag Race …………………………………………………… 6
2.5. Dampak Negatif Dalam Drag Race ………………………………………………….. 7
Bab.III. Kesimpulan dan Saran
3.1. Kesimpulan ………………………………………………………………………… . 8
3.2 Saran ………………………………………………………………………..…….…. 8
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………. 9 








Bab I
Pendahulauan

1.1.Latar Belakang

Dizaman modern ini, mobil tidak hanya alat transportasi  tetapi menjadi ajang adu
gengsi di antara remaja-remaja metropolitan. Akhir-akhir ini muncul trend baru di  kalangan remaja.
Trend yang dimaksud adalah “DRAG RACE”.
Drag race sendiri adalah pengembangan dari balap liar yang pernah digemari
sekitar tahun 1992. Balap liar disini adalah balap yang tidak resmi atau yang tidak
diorganisasikan secara serius. Biasanya remaja menggunakan jalan yang panjang dan
mulus sebagai trek drag race tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan secara spontan bila
sudah ada kordinasi dari antar remaja.
Banyak remaja-remaja di kota besar yang sudah membawa mobil, memang yang
dipakai tidak harus mobil sendiri. Bagi remaja-remaja itupun sudah cukup memuaskan,
apalagi   dengan   rombakan-rombakan   sedikit   pada   body   mobil   tersebut.   Biasanya
rombakan itu mengikuti trend yang ada. Seperti saat ini sedang booming mobil ceper dan
penggunaan nutrious oxide atau sering disebut NOS. Kegiatan ini memerlukan biaya
yang besar.Oleh karena itu kegiatan ini harus memiliki niat yang besar dan dukungan dari
pihak lain. Pada intinya remaja yang mengikuti drag race ingin menjadi yang paling
bagus dari segi body maupun mesin.


1.2.Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas timbul masalah-masalah pada penggemar drag
race   dan   terganggunya   pengguna   jalan   karena   sebagian   jalan   ditutup   untuk
berlangsungnya ajang drag race tersebut.


1.3.Tujuan

Adanya tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah agar dapat mengerti cara
memodifikasi mobil secara benar dan tidak asal-asalan. Selain itu pembaca tahu apa
manfaat dan bencana ajang drag race tersebut. Dan bagi orang tua agar bias mengawasi
anaknya yang telah diberi mobil agar berhati-hati karena kegitan drag race dapat menelan
korban jiwa.


1.4.Cara Pengumpulan Data

Bahan-bahan   yang   diperoleh   penulis   dalam   penyelesaian   karya   tulis   ini
menggunakan kajian perpustakaan dan diperoleh berdasrkan sumber-sumber bacaan dan
media masa.


1.5.Ruang Lingkup

Dalam Karya tulis ini penulis membatasi pada remaja yang senang mengikuti
drag race khususnya di Bogor




Bab II
 Pembahasan

2.1.Defenisi Drag Race

Apakah drag race menurut National Hot Rot Assosiation (NHRA). Drag race
adalah kontes akselerasi antara dua kendaraan dengan jarak tertentu. Meski panjang
lintasan resmi adalah 25 mil atau 402 meter, tetapi ada penyelenggara yang tidak ingin
mengambil patokan NHRA dan menanmbah lintasan hingga 500 meter. Khususnya untuk
kelas yunior panjang lintasan hanya 18 mil. NHRA berdiri sejak tahun 1951 dan telah
menggelar 70 seri kejuaraan di Amerika dengan peserta mencapai 1000 orang.
NHRA telah dianggap sebagai otak drag race dunia. Hampir semua negara mengambil peraturan
NHRA. Sebagai contoh Indonesia yang telah menggunakan peraturan NHRA. Tetapi di
Indonesia tidak semua peraturan NHRA digunakan semua tetapi ada beberapa peraturan
yang dibuat oleh drag racers pribumi. Contohnya Indonesia tidak menggunakan jarak
yang ditetapkan NHRA tetapi dengan menggunakan jarak yang telah disepakati drag
racers Indonesia yaitu sekitar 450-500 meter.


2.2.Alasan Drag Race Digemari Remaja

Pada dasarnya remaja ingin menunjukan kehebatan mobilnya. Berawal dari balap
liar, para remaja mulai membentuk kelompok-kelompok yang akan mengorganisasikan
drag race tersebut. Drag race disini bertujuan untuk pelampiasan para remaja yang tidak
mampu ikut reli atau balap mobil secara resmi. Para remaja lebih memilih ajang balap
liar atau drag race ketimbang reli atau balap resmi karena reli atau balap resmi selalu
menggunakan mobil-mobil keluaran terbaru dengan harga ratusan juta rupiah. Pentas
drag  race  dimeriahkan  oleh  mobil berbagai   merk  dan  tahun  pembuatan  yang  tidak
dibatasi.   Mulai   dari   Volks   Wagen,   Holden,   Toyota,   hingga   Nisan   skyline   lansiran
teranyar. Oleh karena itu remaja dapat mengikuti drag race dengan spesifikasi kendaraan
yang mereka miliki.
Pengubahan mesin pun bisa berkelas low end bahkan high end tergantung selera
dan tebal tipisnya dompet mereka. Perubahan mesin berkelas low end dapat dimulai
dengan penggantian kabel busi, busi, pulley, saluran pembuangan (knalpot), dan saringan
udara. Jika ingin mendapatkan performa mesin yang luar biasa, kita bisa memasang
turbocharge/turbocanger dan NOS. Pemasangan NOS (Nutrious Oxide System) harus
diiringi dengan penggantian komponen-komponen dalam mesin seperti piston, setang
piston, per klep. dan spuyer. Karena terdapat banyak pilihan untuk menambah tenaga
mesin   dari   yang   murah,   mahal,   berteknologi   tinggi,   hingga   spesifikasi   yang   telah
dirancang khusus di luar negri, dengan demikian para remaja dapat memilih dan tidak
terlalu memaksa untuk memiliki mesin berspek tinggi.
Selain itu ajang drag race sebagai tempat berkumpulnya remaja-remaja Bogor.
Sebagai contoh jalan Tol Jagorawi dan jalan Pemda raya Kab. Bogor sangat ramai disaat malam minggu, selain remaja yang
ingin   memacu  mobilnya   ada   juga  yang  menonton  sembari   berkumpul  dan  mencari
gebetan  baru.  Disana  juga   menjadi  ajang  untuk  memamerkan  modifikasi  mobilnya.
Banyak yang memamerkan audio system dan body kit mereka.


2.3.Perkembangan Drag Race di Daerah Bogor

Perkembangan drag race di Bogor sangat pesat, di salah satu kota besar di
JABODETABEK, Bogor mempunyai banyak tempat-tempat pembelian suku cadang
dengan harga yang cukup murah selain itu banyak montir-montir handal yang telah
berpengalaman dalam menyeting mobil drag race. Jalanannya pun lurus dan panjang
dengan kondisi aspal yang halus dan rata. Masuknya drag race ke Indonesia bermula dari
remaja-remaja yang berpulang dari luar negri dan membawa sejumlah informasi tentang
drag race. Selain itu masuknya informasi dapat berasal dari media massal seperti internet
dan majalah-majalah otomotif. Setelah sejumlah informasi masuk ke Bogor para remaja
mulai mengembangkan drag race nasional.
Pengembangan drag race di Bogor cukup pesat diawali dengan balap liar hingga sekarang
telah terbentuk suatu organisasi yang menangani tentang drag race itu sendiri. Mobil-mobilnya pun
tak ketinggalan jaman dan selalu mengikuti perkembangan teknologi dan trend. Saat drag race
pertamakali masuk ke Bogor peminatnya sangat dikit. Hari demi hari remaja ibukota mulai
mengetahui tentang drag race. Tidak hanya di kota Bogor kota besar lainnya di Indonesia pun tidak
tinggal   diam,   contohnya   Surabaya.   Untuk   memperingati   hari   jadinya   yang   ke-711
Surabaya mengadakan event drag race yang dilaksanakan di pantai ria kenjeran dengan
panjang   420   meter.   Event   tersebut   diikuti   oleh   pembalap-pembalap   berkaliber   dari
seluruh Indonesia. Perkembangan drag race ditopang dengan culture remaja Indonesia
yang tidak mau ketinggalan trend. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan.


2.4.Dampak Positive dalam Drag Race

Drag  race  banyak  memiliki   dampak  positive dalam  kehidupan  remaja,  salah
satunya adalah remaja dapat menuangkan bakat seninya untuk memodifikasi mobil dalam
bidang body, interior, sampai ke mesin. Tidak itu saja drag race dapat mengurangi resiko
bila mengikuti balap liar karena balap liar tidak memiliki peraturan dan di tempat umum
yang  banyak   pengguna  jalan  lain   sedang  berada   di   jalan   itu,   sedangkan   drag   race
memiliki   peraturan   yang   mengatur   jalannya   pertandingan   dan   memiliki   tempat
pertandingan yang khusus dan tidak ada orang dilintasan hingga tingkat keamanan drag race lebih tinggi
dibandingkan balap liar.  Drag race juga menjadi ajang mencari uang
bagi para drag racers yang sudah lama bergelut di bidang ini. Setiap kejuaraan pemenang
dapat mendapatkan uang lebih dari 50juta. Oleh karena itu drag race juga bermanfaat
untuk mencari uang.
2.5.Dampak negative dalam drag race

Drag race telah digandrungi banyak remaja dan berkembang dengan cepat di
Indonesia. Banyak remaja yang telah mengikuti event-event nasional untuk mencari
pengalaman. Tanpa di sadari dibalik kegiatan yang banyak terdapat dampak positive itu
drag race  dapat juga menimbulkan dampak negative. Drag race cukup banyak memiliki
dampak negative. Dampak negative dapat berupa kecelakaan. Yang dimaksud kecelakaan
disini adalah tabrakan sesama mobil yang sedang memacu mobilnya di lintasan dan
keluarnya mobil dari lintasan yang menyebabkan mobil menabrak sesuatu diluar lintasan.
Kejadian ini dapat menelan korban jiwa baik bagi pengemudi mobil itu dan orang lain
yang sedang mennton atau bagi pengguna jalan yang tidak tahu apa-apa (balap liar).
Selain   kecelakaan   drag   race   dapat   membuat   remaja   penggemar   drag   race   timbul
mendapat uang dengan menghalalkan berbagai cara. Hal ini timbul karena kekalahan
dalam pertandingan dan mereka harus membayar uang dengan persetujuan yang telah
mereka buat atau sering disebut taruhan. Selain itu remaja akan sering pulang malam

















Bab III
 Kesimpulan dan Saran

3.1.Kesimpulan

Membandingkan dampak positif dan negative tersebut, maka remaja-remaja
perlu menghindari resiko negative khususnya kecelakaan yang mengakibatkan
kematian dan cacat fisik yang dapat merusak masa depan remaja itu sendiri. Para
remaja makin banyak mengikuti drag race seiring cepatnya perkembangan drag race di
tanah air, oleh karena itu remaja yang mengikuti ajang drag race harus makin hati –hati
dan mengerti masalah apa yang timbul akibat drag race tersebut. Untuk remaja yang
senang mengikuti balap liar sebaiknya   membuat   suatu   organisasi   yang   mengatur   
kegiatan   ini   dengan   benar. Sedangkan kreatifitas seni dan teknologi harus tetap
disalurkan melalui memodifikasi mobil dalam bidang body dan mesin untuk
mendapatkan uang dengan cara mengikuti event kontes modifikasi.


3.2.Saran

Para remaja dapat   membetuk organisai dalam tingkat nasional yang bergerak
dalam bidang drag race dan modifikasi mobil. Organisai tersebut berguna agar drag
racers tanah air dapat berkumpul untuk memberi informasi dan masukan selain itu para
remaja penggemar drag   race   akan seragam dalam bidang peraturan,  sebagai  
contoh semua panjang dan lebar lintasan diseluruh tanah air sama.




Daftar Pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.