Oleh :
Wresthamy Dewi Pramurtin
Kalimalang merupakan bagian dari kota Bekasi yang sudah tidak
asing di dengar oleh semua orang. Tentunya setiap orang mendengar kata
Kalimalang sudah pasti mengingat kota Bekasi.
Kota Bekasi merupakan salah satu daerah dengan Pendapatan asli Daerah terbesar di Jawa Barat,sehingga Kota Bekasi terkenal dengan Kawasan Industri.Banyak sebagian orang berdatangan untuk berbondong – bondong mencari pekerjaaan di Kota Bekasi, mulai dari luar kota sampai dengan luar pulau Jawa. Tidak heran bila Kota Bekasi terkenal dengan kemacetannya dimana - mana.
Kota Bekasi merupakan salah satu daerah dengan Pendapatan asli Daerah terbesar di Jawa Barat,sehingga Kota Bekasi terkenal dengan Kawasan Industri.Banyak sebagian orang berdatangan untuk berbondong – bondong mencari pekerjaaan di Kota Bekasi, mulai dari luar kota sampai dengan luar pulau Jawa. Tidak heran bila Kota Bekasi terkenal dengan kemacetannya dimana - mana.
Dalam menetapkan suatu kebijakan pembangunan dibutuhkan
replika atau model perekonomian.Demi menata Kota Bekasi menjadi lebih baik lagi
dibutuhkan Ilmu Teknik Planologi,yaitu ilmu yang mempelajari perencanaan kota
atau wilayah, dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik.
Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, optimistis kemacetan di
Jalan KH Noer Alie Kalimalang bisa teratasi bila tiga megaproyek
infrastruktur pemerintah pusat di wilayah setempat terealisasi.Menurut
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman, mengatakan “ Ketiga
megaproyek itu tidak hanya akan mengubah tata ruang jalur Kalimalang secara
signifikan, tapi juga mengurai sejumlah titik kemacetan lalu lintas di
sekitarnya, mulai tahun ini ada proyek Kementerian Pekerjaan Umum yang
berlokasi di Jalan KH Noer Alie, yakni pelebaran jalan Kalimalang, pembangunan
jalur monorel Jakarta-Bekasi, dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu
(Becakayu),".
Pelebaran Jalan Kalimalang
Proyek pelebaran Jalan Kalimalang sudah bergulir sejak awal
2013 lalu di Wilayah Kota Bekasi. Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor
Kota Bekasi, Komisaris Ojo Ruslani mengatakan,
“ Jalur Kalimalang merupakan satu-satunya akses bagi buruh yang bekerja
di kawasan industri, ketika menjelang jam masuk dan jam pulang para karyawan jalur
tersebut mengalami kepadatan arus ”. Pelebaran
jalan 2 meter di sisi jalan Kalimalang sepanjang 17 kilometer. Tahun ini dana
yang dialokasikan melalui Anggaran Belanja Tambahan 2013 sebesar Rp 5 miliar. 17
kilometer jalan yang dilebarkan itu mulai dari perbatasan Kota Bekasi di Bekasi
Timur sampai ke Tegaldanas, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dan pelebaran itu sudah mendapatkan izin
pembebasan lahan. Selain itu, penerangan jalan umum dengan taman akan dibuat di
ruas Kalimalang, dan menurut Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Kabupaten Bekasi, Aep Saeful Rahman ,di usahakan jalan Kalimalang di buat bagus dan tidak
rawan kecelakaan lalu lintas.
Pembangunan jalur monorel Jakarta-Bekasi
Selain pelebaran jalur Kalimalang, dibuatkan jalur monorel
Jakarta – Bekasi demi mengatiasi kemacetan. Bappenas dan Pemerintah Jepang
akhirnya menyepakati untuk membangun monorel di Cikarang sebagai bagian dari
solusi memecah kebuntuan permasalahan kemacetan di Cikarang dan sekitarnya,
utamanya di 7 kawasan industri utama.Pembangunan monorel akan dibiayai oleh
Pemerintah Jepang melalui Japan Transportation Planning Asociation (JTPA)
sebagai konsorsium, rute monorel yang sudah disepakati mulai dari Stasiun
Cikarang - Jababeka - EJIP - Deltamas - Lippo Cikarang - MM2100 dan jalur monorel
ini akan terkoneksi dengan monorel jalur Timur Barat rute Cikarang - Balaraja
yang akan dibangun Pemerintah DKI Jakarta. Menurut perkiraan, monorel ini
nantinya akan mampu mengangkut 10.000 orang/jam, sehingga dapat mengurangi
kemacetan.
Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu)
Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), adalah jalan tol
berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di kota Jakarta
Timur dan Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang. Jalan tol ini
dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, namun
terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda. Jalan tol
Becakayu menelan biaya investasi Rp 7,2 triliun, biaya konstruksi Rp 4,785
triliun, biaya pembebasan tanah Rp 449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak
SPMK).
Dan
kini proyek pembangunan jalan tol tersebut diaktifkan kembali diakuisisi dan
dikerjakan oleh BUMN, yang mengakibatkan sepanjang Kalimalang hingga perbatasan
menuju Jakarta mengalami kemacetan yang parah hampir setiap harinya. Jalan Tol
Becakayu diharapkan nantinya mampu
mengurai kemacetan di Jabodetabek.
Sebagai kota hunian padat penduduk dan pembangunan yang
sangat pesat Kota Bekasi kurang ramah lingkungan sehingga perlu dibangun lebih
banyak ruang terbuka hijau dan sarana lainnya. Identitas kota tidak sekedar
pintar namun juga asri dan hijau, nyaman dan aman. Tentunya semua harus
diprogram selaras dengan partisipasi aktif warga kota, sehingga perencanaan
yang matang tidak bisa di-implementasikan karena ego saat pergantian pimpinan
daerah.
Sumber :
Radityatama D dan Kusumantoro
I. P 2015, Jurnal Perencanaan Wilayah dan
Kota A V1N2, http://sappk.itb.ac.id/jpwk1/wp-content/uploads/2014/05/V1N2558-567.pdf
, diakses tanggal 17 Maret 2016
Sundaya Y
dan Agustina I. H. 2011, Jurnal “KAJIAN STRUKTUR EKONOMI
KABUPATEN BEKASI” volume 2 no 11, http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/planologi/issue/view/116, di akses tanggal 17 Maret 2016
Roszandi D, September 2013, Pelebaran jalan Kalimalang kabupaten Bekasi, https://metro.tempo.co/read/news/2013/09/29/214517547/pelebaran-jalan-kalimalang-kabupaten-bekasi , diakses tanggal 16 Maret 2016
Firdaus A, Mei 2013, Tiga Megaproyek akan urai kemacetan di kalimalang Bekasi, http://megapolitan.antaranews.com/berita/4993/tiga-mega-proyek-akan-urai-kemacetan-di-kalimalang-bekasi , diakses tanggal 16 Maret 2016
N. N. June 2015, Proyek2 infrasturktur ini akan semakin menggairahkan Bekasi , http://mpi-update.com/proyek2-infrastruktur-ini-akan-semakin-gairahkan-bekasi/ , diakses tanggal 16 Maret 2016
Silitonga C & Sihotang J, June 2015,Proyek jalan layang becakayu dilanjutkan, http://www.sinarharapan.co/news/read/150615039/proyek-jalan-layang-becakayu-dilanjutkan , diakses tanggal 17 Maret 2016
N. N. November 2015, Proyek pembangunan : jalan tol Becakayu , https://erdiindies.wordpress.com/2015/11/21/proyek-pembangunan-jalan-tol-becakayu-bekasicawangkampung-melayu/ , diakses tanggal 16 Maret 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.