.

Jumat, 18 Maret 2016

Teknik Pangan dan Teknologi Pangan



Sudah tidak diragukan lagi akan potensi sumber  daya alam/pangan yang berada di Indonesia, begitu melimpahnya seakan tidak akan ada habisnya. Namun konstribusi dalam mendukung ketahanan pangan yang dilakuakan Indonesia masih sangatlah rendah.
Di dalam era global saat ini sudah sewajibnya Indonesia mulai mengembangakan akan aspek-aspek yang mendukung akan konstribusi dalam mendukung ketahanan pangan. Produk yang dihasilkan harus mampu memenuhi kebutuhan konsumenya ,tidak hanya memperhatikan dari aspek kenikmatan dan kesenangan saja namun juga memperhatikan aspek kesehatan dan keamanan.
Teknik pangan adalah salah satu bidang ilmu multi disiplin dari fisika terapan yang dikombinasikan dengan fisika murnimikrobiologi, dan ilmu keteknikan untuk pangan dan industri terkait. Teknik pangan meliputi aplikasi dari teknik pertanian dan teknik kimia untuk bahan pangan, namun tidak dibatasi hanya untuk dua hal tersebut. Teknik pangan juga termasuk pengetahuan tentang produksi berprinsip cost-effective dan komersialisasi produk pangan, dan jasa terkait.Teknik pangan adalah aktivitas keilmuan yang luas, biasanya terlibat di pemrosesan bahan pangan,permesinan industry pangan, pengemasanmanufaktur bahan pangan, hingga instrumentasi dan kontrol. Ranah kerja teknik pangan yang utama yaitu:
       ·         Penelitian dan pengembangan produk pangan
·         Pengembangan, dan penggunaan sistem manufaktur, pengemasan, dan distribusi untuk produk pangan
·         Perancangan, dan pemasangan proses produksi bahan pangan
·         Perancangan, dan pengoperasian system pengelolaan limbah yang berwawasan lingkungan
·         Pemasaran, dandukungan teknis terhadap fasilitas manufaktur
Dalam pengembangan di bidang teknik pangan, salah satu tantangannya adalah dengan mendayagunakan peralatan modern, dan ilmu pengetahuan seperti pengetahuan material dan nanoteknologi, untuk mengembangkan produk baru, dan prosesnya, juga meningkatkan kualitas, dan keamanannya, termasuk pemanfaatan material pengemasan yang baru untuk perlindungan lebih terhadap bahan pangan, dan pemanfaatan teknologi pengawetan yang baru. Pengendalian proses, dan otomasi juga masih menjadi prioritas dalam pengembangan sistem, dan alat proses produksi, dan distribusi. Beberapa masalah yang sering menjadi tema dalam pengembangan di bidang teknik pangan adalah dampak terhadap lingkunganpengelolaan limbahemisiefisiensi energi, dan efektivitas alat, dan system produksi (Wikipedia,2015).
Berbeda dengan Teknik Pangan, Teknologi pangan Merupakan Cara dalam penerapan / Pengolahan teknik pangan, Teknologi Pangan Merupakan suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis,mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, di antaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, dan sebagainya.
Sejarah teknologi pangan dimulai ketika Nicolas Appert mengalengkan bahan pangan, sebuah proses yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Namun ketika itu, Nicolas Appert mengaplikasikannya tidak berdasarkan ilmu pengetahuan terkait pangan. Aplikasi teknologi pangan berdasarkan ilmu pengetahuan dimulai oleh Louis Pasteur ketika mencoba untuk mencegah kerusakan akibat mikroba pada fasilitas fermentasi anggur setelah melakukan penelitian terhadap anggur yang terinfeksi. Selain itu, Pasteur juga menemukan proses yang disebut pasteurisasi, yaitu pemanasan susu dan produk susu untuk membunuh mikroba yang ada di dalamnya dengan perubahan sifat dari susu yang minimal.
Sumber daya local termasuk di dalamnya pangan local erat kaitannya dengan ketahanan pangan. Ketahanan pangan yang dikembangkan berdasarkan kekuatan sumber daya local akan menciptakan kemandirian pangan, yang selanjutnya akan melahirkan induvidu yang sehat, aktiv, dan berdaya saing sebagaimana indicator ketahanan pangan. Di samping itu, juga akan melahirkan sistem pangan dengan pondasi yang kokoh. Dengan demikian,  ketahanan pangan perlu didukung dengan pondasi kemandirian pangan. Kaitan erat antara pangan local dengan ketahan pangan dapat dilihat dari hubungan antara kemandirian pangan dengan ketahanan pangan sebagaimana diilustrasikan oleh gambar 1 (Hariyadi,2010).

Sumber: (Hariyadi, 2010)
Gambar 1. Hubungan kemandirian pangan dengan ketahanan pangan

PERAN TEKNOLOGI PANGAN
Jika ditinjau dari beberapa aspek yang ada dalam ketahanan pangan, khususnya aspek ketersediaan pangan maka sangat dibutuhkan peranan teknologi. Salah satu teknologi yang berperan penting adalah teknologi pangan. Teknologi pangan berperan penting dalam meningkatkan keanekaragaman pangan, meningkatkan nilai gizi pangan, dan meningkatkan keamanan pangan, serta menekan kehilangan.
Khususnya di bidang keanekaragaman pangan, teknologi pangan diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan nilai tambah produk pangan lokal. Sehingga produk pangan lokal yang dihasilkan menarik minat konsumen.
PERAN PEMERINTAH DAERAH
Di samping inovasi terhadap produk pangan lokal, faktor yang tidak kalah penting adalah peran pemerintah daerah dalam mendukung dan memajukan produk pangan lokal. Pemerintah daerah harus mempunyai komitmen yang jelas dalam memperjuangkan pangan lokal khususnya melalui program penganekaragaman pangan sehingga program ini mendapat sambutan yang positip dan dapat mengakar di masyarakat. Pemerintah daerah harus mencari model atau pola yang tepat dalam memperkenalkan produk pangan lokal ini.
KESIMPULAN & SARAN
            Ilmu Teknik Pangan dan Teknologi Pangan harus terus dikembangkan di Negara kita ini khususnya, begitu banyak potensi akan kekayaan alam harus diperlakuakan dengan bijak agar dapat memberikan peran terbaik. Kesadaran akan teknik dan teknologi pangan haruslah di mengerti bagi seluruh rakyat Indonesia. Perlu adanya inovesi dan gagasan baru dalam menghasilkan produk yang ada, agar minat konsumen semakin meningkat. Disamping inovasi terhadap produk local, tentunya faktor yang perlu diperhatikan adalh peran pemerintah daerah yang mendukung dan memajukan produk local.

DaftarPustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_pangan. Diaksespada 16 Maret 2016. 09.00 WIB





1 komentar:

  1. Redwinpoker adalah permainan Poker uang asli terpercaya di indonesia.
    yang menyediakan beberapa permainan seperti:
    -Poker
    -Ceme
    -BlackJack
    -QKick
    -capsa susun
    Redwinpoker juga menyediakan beberapa promo menarik seperti:
    -Bonus Deposite 10%
    -Bonus To 0.5%
    -Bonus Referral 10%
    Buruan Kunjungi segera di:
    Http://redwinpoker.com

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.