.

Sabtu, 26 Maret 2016

DIGITAL WARS




RESENSI BUKU


Judul Buku : DIGITAL WARS : APPLE, GOOGLE, MICROSOFT, & The Battle For Internet

Penulis : Charles Arthur

Penerbit : Kogan Page

Tahun Terbit : 2012, Charles Arthur

ISBN : 978-0-7494-6413-4




Judul Buku : DIGITAL WARS : APPLE, GOOGLE, MICROSOFT, & Perang Meraih kekuasaan atas internet

Alih Bahasa : M.RamdhanAdhi

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia Aggota IKAPI, Jakarta

Tahun Terbit : 2013

ISBN : 978-602-02-1287-6


     Dunia yang kita tinggali saat ini tidaklah biasa terlepas dari adanya dunia digital, semua telah berubah dengan pesatnya dimulai semenjak ditemukanya Personal Computer pada awal 1970, dan di ikuti dengan kemunculan internet pada tahun 1990-an. Kemudian mulailah berdatangan para penguasa dunia digital, yaitu Apple, Microsoft dan Google.

Di dalam buku DIGITAL WARS ini ,membahas akan persaingan antara tiga pengusa digital tersebut.

Ketiganya berlomba ingin menunjukkan siapa yang menjadi terbaik. Melalui berbagai serangan dengan software maupun hardware andalan mereka.

     Siapa yang tidak kenal dengan seorang sosok Bill Gates, Pendiri Microsoft ini banyak telah melakukan inovasi-inovasi di dalam dunia digital. Microsoft Windows Menguasai 95% PC di dunia pada saat kemunculanya. Hampir semua yang menjadi lawanya hengkang dari persaingan bisnis dalam dunia digital, karena kemahiranya dalam berbisnis di dunia tersebut Microsoft Mendapat julukan sebagai Eviel Empiere (KekaisaranJahat).

     Bill Gates dan Steve jobs sudah beeteman sejak lama ,steve Jobs adalah seorang pembisnis yang unik dan brilian,sosok yang telah mendirikan lawan yang hebat (Apple) bagi Microsoft. Steve jobs pernah ditendang dari Apple pada tahun 1985 dan kemali lagi pada tahun 1996. Setelah kembai jobs banyak melakukan inovasi terhadap produk Apple ,jobs slalu berusaha agar apple menjadi produk yang sesuai dibutuhkan oleh para konsumen. Para Desainer Aplikasi Apple membuatkan program untuk jobs , agar jobs bias membuat desain aplikasinya sendiri. Selain daripada itu jobs melakuakan pemangkasan terhadap produk-produk apple yang menurutnya tidak efisien. Hal tersebut membuat persaingan keduanya semakin memanas.

     Pada Tahun 1998 ,muncullah Larry Pagedan dan sergey Brind dengan inde-inde anomail, mereka memutuskan untuk berhenti kuliah demi menjalankan perusahaan mereka di sebuah garasi di Menlo park, Silicon Valley (Tempat terjadinya ledakan dot-com). Keduanya yang terpaut 18 tahun lebih muda daripada Gates dan jobs. Mereka manjadi ancaman baru bagi dunia digital. Keduanya hadir di dunia ketika internet sudah berkembangng. Keduanya meluncurkan sebuah ide tentang cara menemukan segala sesuatu yang kita inginkan di internet. Kemudian mereka membuat mesin pencari yang diberi nama googol yang sekararang telah berganti menjadi Google.

Seandainya gates dan jobs tahu akan kemunculan mereka pastinya akan khawatir sejak awal. Google dinobatkan salah satu dari situs teratas versi majalah PC Magazine.

     Pada tahun 1998, Apple, Google, dan Microsoft untuk pertama kalinya menyadari bahwa mereka berada di ruang digital yang sama. ketiganaya merupakan perusahaan yang sangat berbeda dan bertarung dalam rangkaian pertempuran untuk menguasai berbagai wilayah dari dunia digital. mereka tidak tahu perang apa yang akan datang esok hari. Tapi merekalah yang merubah dunia.
     Dalam Buku Digital Wars, Charles Arthur memberikan ulasan mendalam tentang siapa saja yang menjadi pemenang di setiap medan perang teknologi mesin pencari, musik dalam perangkat mobile. ponsel pintar, pasar tablet, dan perusahaan mana yang dapat memetik manfaat kekayaan, kendali atas wilayah lain dari dunia digital, serta kesemptan untuk menentukan bentuk masa depan.

Resensi Oleh : Deva Surya Nugraha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.