.

Jumat, 25 Maret 2016

RESENSI BUKU: ILMU GIZI DALAM OLAHRAGA


Judul Buku            : Ilmu Gizi Dalam Olahraga
Pengarang              : Giri Wiarto
Penerbit                 : Gosyen Publishing
Tahun Terbit          : 2013
Kota Terbit            : Yogyakarta
Cetakan                 : 1
Jumlah Halaman     : 107 Halaman
ISBN                    : 978-602-9018-86-8

ILMU GIZI DALAM OLAHRAGA
         Ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal/tubuh. Nutrisi atau gizi adalah substansi organic yang dibutuhkan organism untuk fungsi normal dari sistem tubuh , pertumbuhan , pemeliharaan kesehatan. Dalam olahraga , ilmu gizi mendukung dalam tercapainya prestasi olahraga disamping ilmu – ilmu yang lain.


           Gizi yang kita butuhkan untuk tubuh adalah karbohidrat , lemak , protein, vitamin dan mineral. Masing – masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berbagai aktivitas olahraga yang diimulai dari yang ringan hingga berat sekali dapat dihitung jumlah energy yang diperlukan oleh aktivitas olahraga tersebut. Kebutuhan energy pada saat berolahraga dapat dipenuhi melalui sumber – sumber energy yang tersimpan di dalam tubuh yaitu melalui pembakaran karbohidrat, pembakaran lemak serta kontribusi sekitar 5% melalui pemecahan protein. Zat gizi itu diubah menjadi energy melalui proses metabolisme.

         Makanan yang tepat akan banyak membantu dalam perolehan zat – zat energy. Untuk itu kita perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang banyak mengandung zat – zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Melalui ilmu gizi kita juga akan mengetahui berapa kebutuhan energy untuk setiap aktivitas fisik. Untuk olahragawan dan pelatif guna ilmu gizi adalah untuk memberikan pemahanan tentang makanan. Ketika akan bertanding, saat bertanding dan setelah bertanding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.