.

Jumat, 25 Maret 2016

Psikologi Kepribadian

Judul Buku      :  Psikologi Kepribadian
Penulis             : Drs. Ujam Jaenudin, M.Si
Penerbit           : CV Pustaka Setia ( Anggota IKAPI Cabang Jawa Barat )
Kota Penerbit : Jl. BKR ( Lingkar Selatan ) No. 162-164 Bandung, Jawa Barat
Tahun Terbit    : November 2012
Editor              : Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si
Ketebalan        : 283 Lembar
ISBN               : 978-979-076-245-9


Seandainya dalam semua segi kehidupan setiap orang sama,kita bisa tahu apa yang diperbuat seseorang dalam situasi tertentu berdasarkan pengalaman kita sendiri. Akan tetapi, kenyataanya dalam banyak hal setiap orang adalah unik, khas. Akibatnya, kita mengalami salah paham dengan teman sejawat di kantor, dengan tetangga atau bahkan dengan keluarga di rumah.

Oleh karena itu dalam buku ini membahas tentang kebutuhan manusia untuk memahami dan menjelaskan tingkah laku diri sendiri dan orang lain.Kita harus memahami definisi kepribadian dan cara terbentuknya kepribadian itu. Kita juga membutuhkan teori-teori tentang tingkah laku dan  kepribadian agar terbentuk suatu kepribadian yang baik. Dengan demikian, gangguan – gangguan yang biasa muncul pada kepribadian setiap individu dapat dihindari.

Secara definisi, Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental. Artinya, psikologi adalah ilmu yang berusaha menjelaskan gejala perilaku manusia. Dalam sejarah, psikologi mengalami dinamika pemikiran yang menyesuaikan dengan problem yang dihadapi oleh manusia. Psikologi pada mulanya merupakan cabang metafisika yang berhubungan dengan konsep tentang jiwa (soul), kemudian direduksi pemaknaanya menjadi pikiran (mind) dan selanjutnya dipersempit menjadi otak (brain), bahkan dalam mazhab behaviorisme, pemaknaanya berubah menjadi perilaku (behavior).

Di dalam buku ini juga membahas tentang penjelasan kepribadian yang merupakan gambaran cara seseorang bertingkah laku terhadap lingkungan sekitarnya,yang terlihat dari kebiasaan berpikir,sikap dan minat, serta pandangan hidupnya yang khas untuk mempunyai ketetapan. Mampu tidaknya seseorang dalam mencapai keinginannya bergantung pada vitalitas,temperamen, watak dan kecerdasan seseorang. Wiliam James berpendapat bahwa kepribadian merupakan unsur kesatuan yang berlapis-lapis terdiri atas the material self ( diri materi ), the social self (diri sosial ), the spiritual self ( diri rohani) dan pure ego (ego murni ) atau self of selves.

Buku ini sangat bermanfaat karena kita dapat mengetahui berbagai upaya yang dilakukan untuk mengetahui secara utuh kepribadian manusia yang sesungguhnya.Ada beberapa sasaran yang diutamakan dalam psikologi kepribadian, yaitu : (1)Memperoleh informasi mengenai tingkah laku manusia,.(2)Mendorong individu agar dapat hidup secara penuh dan memuaskan (3)digunakan untuk berbagai macam kebutuhan .

Buku ini juga dapat membantu pembacanya untuk memahami karakter seseorang dan memperkaya pola pikir sehingga dapat menyikapi dengan baik  berbagai persoalan dalam kehidupannya, saya sangat menyukai buku ini karena selain banyak teori-teori dari ilmuwan, buku ini juga isi-isinya banyak yang bersumber dari dalil-dalil dalam Al-quran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.