.

Jumat, 25 Maret 2016

Resensi Buku : Panduan Aplikatif Pemanfaatan Kamera Digital & Pengolahan Imagenya

Judul                                       :  Panduan Aplikatif Pemanfaatan Kamera Digital & Pengolahan Imagenya 

Penulis                                    : Wahana Komputer dan Penerbit Andi

Tahun terbit                             : 2005

Penerbit                                   : Andi

Percetakan                               : Andi offset

Tebal halaman                         : xii + 284 halaman

Perpustakaan Mercu Buana    : 005.265 WAH





          Pemanfaatan kamera digital saat ini tidak hanya digunakan oleh kalangan professional yang sudah mahir atau belajar secara resmi pada sebuah institusi / lembaga pendidikan, tetapi banyak kalangan saat ini banyak memanfaatkan kamera digital sebagai alat untuk mengabadikan moment-moment yang mereka anggap penting, sayangnya pemanfaatnnya hanya sebatas pada hasil fotografi standar, padahal banyak sekali fitur yang ditawarkan pada kecanggihan kamera digital, dengan membaca buku ini kalangan pemula pun bisa menjadi seorang fotografer baik itu nantinya menjadi fotografer yang professional ataupun yang hanya untuk seni fotografi untuk kepentingan pribadi. Jenia-jenis kamera digital saat ini begitu beragam, mulai dari kecanggihan tekhnoligi yang digunakan serta penggunaan kamera yang mumpuni, semu itu di diciptakan demi menghasilkan sebuah object yang real sesuai dengan aslinya, kamera digital yang paling lazim di gunakan saat ini adalah jenis kamera SLR dan Digital compact, baik yang menggunakan tekhnologi ccd ataupun cmos, masing-masing dari jenis kamera ini mempunya  kelemahan dan kelebihan.
            Sekilas tentang fotografi, fotografi berasal dari bahasa yunani, dari kata photos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti menggambar, tekhnologi fotografi dikenal kurang lebih sejak 165 tahun yang lalu. Dalam buku the history of photography karya Alma Davenport, terbita University of New Mexico Press pada tahun 1991. Disebutkan pada abad ke-5 sebelum masehi seorang pria bernama Mo Ti sudah mengamati bahwa pada ruang yang gelap yang dindingnya terdapat lubang yang akan mereflesikan bayangan yang ada di luar ruangan secara terbalik, inilah awal sejarah adanya fotografi yang terus berkembang hingga saat ini.  
Penulis mengupas berbagai kecanggihan kamera digital yang masih banyak belum di ketahui para pengguna, selain fitur penulis juga membahas  berbagai hal yang berhubungan dengan kamera, mulai dari sejarah adanya fotografi sehingga kita juga bisa mengetahui bagai mana fotografi itu dibuat pada awalnya, perkembangan tekhnologi kamera dari mulai kamera biasa menggunakan roll film hingga berubah menjadi kamera digital. Mengenal bagian-bagian dari kamera dan cara kerjanya, macam-macam kamera digital dan cara kerja tekhnologi yang digunakanya serta dasar-dasar penggunaan kamera digital. Tekhnik-tekhnik dasar fotografi pun tidak ketinggalan dibahas oleh penulis tentang sudut pandang, pencahayaan dan tekstur warna untuk menghasilkan gambar yang bagus, Selain itu buku ini juga membahas pengolahan hasil gambar mulai dari penyimpanan, kompresi format file mengirim atau memindah file serta menyimpan dan menampilkan gambar. Penulis juga menyajikan cara kerja editing gambar menggunakan photoshop dan cara kerja penggunaanya.

Menurut saya Penulis menyajikan tulisan yang cukup lengkap, karena selain penjelasan menggunakan tulisan buku ini juga  dilengkapi dengan gambar-gambar screenshot agar lebih mudah dipahami. Dari sisi pemula buku ini sangat cocok dijadikan sebagai panduan dalam belajar tekhnik-tekhnik dasar fotografi sebelum lebih dalam mempelajari dunia fotografi. Seni foto (fotografi) harus lebih sesering mungkin mengasah keterampilan dalam pengambilan obyek, sudut, system penerangan dan terbiasa secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.