.

Jumat, 18 Maret 2016

Polusi Udara Di Indonesia


Sumber Gambar : selasar.com
      Polusi kabut asap di provinsi riau selalu terjadi disetiap tahunnya. sudah 18 tahun bencana kabut asap belum dapat di tanggulangi, anggaran yang digelontorkan pemerintah tidaklah sedikit, dana yang seharusnya dapat digunakan untuk pembangunan, harus terpakai sia-sia untuk memadamkan kebakaran hutan.
Berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk 2013, penanggulangan kabut asap Riau mencapai Rp103 miliar. Dana tersebut diambil dari Rp300 miliar yang dianggarkan untuk enam provinsi. Artinya, hampir 50 persen dana penanggulangan kabut asap dihabiskan di Riau. Di 2014, terjadi peningkatan sekitar 40 persen menjadi Rp164 miliar.
Kabut asap berasal pembakaran hutan disejumlah provinsi di Indonesia.Dahulu kebakaran hutan terjadi karena faktor alam, musim kemarau dan hawa panas dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Tetapi kini kebakaran hutan besar disebabkan karena pembakaran secara sengaja oleh manusia untuk pembukaan lahan ilegal, membuka lahan bagi perkebunan minyak kelapa sawit dan juga pertanian swa-sembada. Membakar hutan adalah cara paling murah dan  mudah untuk membuka lahan.
                Tahun 2015 lalu bencana kabut asap adalah yang terparah. Menurut NASA, kebakaran hutan di Indonesia ciptakan rekor polusi udara terburuk. Bukan saja dirasakan di Indonesia,  tetapi sampai ke malaysia singapore dan thailand .seperti yang dikutip tempo,Thailand Selatan dilanda polusi udara terburuk dalam 10 tahun akibat kabut asap dari kebakaran hutan di Indonesia. Di lima negara bagian di malaysia sudah meliburkan semua siswa karna kabut asap ini. Menurut kementerian kesehatan setidaknya  425.377 orang terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di tujuh provinsi sejak juni lalu. Menipisnya lapisan ozon dan pemanasan global juga dampak dari kabut asap. Tidak hanya manusia saja yang dirugikan tetapi hewan juga, hilangnya tempat tinggal atau habitat satwa dihutan. Beberapi kali saya dengar orang hutan tewas karena pembakaran hutan.

sumber : bisnis.com

                Untuk menanggulangi dampak dari kabut asap, pemerintah mengerahkan 25 pesawat untuk melakukan pemboman air, menurunkan ratusan brimob untuk memburu pelaku pembakaran hutan, TNI pun dikerahkan sebanyak 1.509 prajurit diperintahkan untuk memadamkan kebakaran hutan. Negara tetangga seperti malaysia, Singapura, Rusia dan China juga membantu untuk mempercepat pemadaman api dan menghilangkan kabut asap .
                Kebakaran hutan sebenarnya dapat dicegah. Pemerintah sudah memiliki lebih dari satu undang-undang pembakaran hutan dan sanksinya  berupa yang paling ringan lima tahun penjara dan denda  dari satu milyar sampai sepuluh milyar. Kurangnya kesadaran masyarakat dan tumpulnya penegakan hukum membuat kebakaran hutan terus terjadi. Membuat sumber-sumber air dapat mencegah meluasnya pembakaran hutan. Membangun sekat kanal untuk menjaga kadar air diwilaya gambut agar tetap basah.Tidak hanya itu, Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, pemerintah riau mencanangka 16 rencana aksi yang telah berjalan, diantaranyaaudit kepatuhan untuk seluruh perusahaan perkebunan dan hutan tanam industri serta moratorium perizinan lahan gambut.
                Saya berharap kebakaran hutan tidak terulang lagi, karena dampaknya yang besar, tidak hanya dirasakan oleh menasia tetapi alam, hewan dan tumbuhan.


Sahril Saipudin 
teknik lingkungan


Sumber :             
Tempo.”kebakaran hutan masih terjadi begini cara riau mencegahnya” 02 November 2015. https://m.tempo.co/read/news/2015/11/02/206714990/kebakaran-hutan-masih-terjadi-begini-cara-riau-mencegahnya
Phinemo” nasa kebakaran hutan indonesia ciptakan rekor polusi udara terburuk” 07 Oktober 2015.
http://phinemo.com/nasa-kebakaran-hutan-indonesia-ciptakan-rekor-polusi-udara-terburuk/
Ge reports.”penyeban dan dampak kebut asap di asia tenggara”. 15 Oktober 2015. http://gereports.co.id/post/131210588635/penyebab-dan-dampak-kabut-asap-di-asia-tenggara
Okezone.” Proyek abadi penanggulangan kabut asap” 10 September 2015.
http://news.okezone.com/read/2015/09/10/340/1212037/proyek-abadi-penanggulangan-kabut-asap

Bisnis.com.”bencana kabut asa, jokowi: lamanya penangan karena wilaya sangat luas” 09 Oktober 2015.
http://m.bisnis.com/kabar24/read/20151009/15/480856/bencana-kabut-asap-jokowi-lamanya-penanganan-karena-wilayah-sangat-luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.