.

Jumat, 25 Maret 2016

Resensi Buku: Novel 5 CM



Judul                          : 5 CM
Penulis                        : Donny Dhirgantoro
Tahun Terbit             : 2007
Penerbit                      : PT. Grasindo
Tebal halaman           : 381 halaman
ISBN                           : 9797591514

            Pernah nonton film 5 CM? Ya, film 5 CM yang sempet booming di theatre tanah air dan ngebuat orang-orang jadi demam naik gunung ini diadaptasi dari novel karangan Donny Dhirgantoro yang judulnya juga sama seperti filmnya. Namun disini gue enggak ngebahas tentang filmnya. Melainkan gue mau ngebahas tentang isi novelnya. Yang isi ceritanya lebih jauh banyak dari isi filmnya. Kuyy lahh..

            Novel ini menceritakan tentang persahabatan dan kekompakan 5 orang anak manusia yang bernama Arial, Ian, Genta, Riani dan Zafran. Bertahun-tahun selalu bersama dan satu tongkrongan. Semuanya sudah menyelesaikan kuliahnya kecuali Ian yang masih belum wisuda dan masih harus fokus menyusun skripsi untuk sidang. Hingga suatu ketika mereka melakukan aktivitas biasa mereka yaitu nongkrong bareng dan mulai menceritakan tentang pemikiran-pemikiran mereka. Seorang dari mereka yaitu Genta, memutuskan untuk pisah dulu selama beberapa bulan untuk mencegah terjadinya kebosanan karena mereka memang selalu nongkrong bareng.

            Setelah semuanya setuju untuk tidak saling bertemu untuk sementara waktu, maka si Genta menyusun sebuah perayaan ketika mereka ketemuan lagi. Sebuah perayaan yang tidak biasa dan tidak akan dilupakan seumur hidup. Yaitu mendaki Gunung Mahameru yang merupakan puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa.

            Dinovel ini penulis menggunakan tata bahasa yang modern (sesuai dengan gaya anak muda), hyperbola, dan penuh quote dan filosofi hidup yang menginspirasi. Ceritanya mudah dimengerti sehingga kita merasa ingin membaca novel ini hingga halaman terakhir. Penokohan yang mempunyai karakter, perilaku, dan kisah yang menarik dan penulisannya juga membuat kita ikut merasakan keindahan alam dan petualangan ketika mendaki gunung. Klimaksnya mengejutkan pembaca tentang percintaan antara Genta, Riani dan Zafran. Banyak sekali amanat yang bisa diambil didalam novel ini yang membuat kita merenung dan lebih mencintai tanah air. Sebuah novel recommended yang cocok untuk kaula muda..


Quote: “Setiap kamu punya mimpi, keinginan atau cita-cita kamu taruh didepan sini di depan kening kamu dan menempel biarkan dia menggantung, mengambang 5cm didepan kening kamu, jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu dan kamu bawa impian kamu itu setiap hari kamu lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa. bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh apapun hambatannya kamu bilang sama diri kamu sendiri kalau kamu percaya sama impian kamu dan kamu gak akan pernah menyerah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.