.

Sabtu, 26 Maret 2016

ANALISIS KRITIS ATAS LAPORAN KEUANGAN




Judul                      : Analisis kritis atas laporan keuangan

Pengarang              : Harahap, Sofyan Syafri
Penerbitan              : RajaGrafindo Persada
Tahun                     : 2011
Kota                        : Jakarta
Subjek                    :Financial management; Financial reports
Isbn                        : 978-979-769-523-1



Laporan keuangan merupakan media informasi yang merangkum semua aktifita perusahaan yang merangkum semua aktifitas perusahaan bagi manajemen ,investor ,bank,pemerintahan dan masyarakat umum.

Salah satu tugas penting yang di lakukan manajemen atau investor setelah ahkir tahun adalah menganalisis laporan keuangan perusahaan dengan tujuan menggali informasi yang lebih luas. Sehingga dari hasil analisis tersebut dapat di ketahui kondidi keuangan dan hasil usaha perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Hasil analisis laporan keuangan dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan untuk menentukan langkah-langka yang akan dilakukan selanjutnya.

Melalui buku Analisis kritis laporan keuangan diharapkan kita sebagai mahasiswa menguasai konsep dan perkembangan teknik analisis laporan keuangan.
Untuk menganalisis laporan keuangan maka di perlukan penguasaan terhadap
1.       Cara menyususn laporan keuangan itu(proses akuntasi)
2.       Konsep,sifat ,karakteristik laporan keuangan atau akuntasi itu
3.       Taknik analisisnya
4.       Segmen, dan sifat bisnis itu sendiri, serta situasi lingkungan ekonomi baik internasional maupun nasional

Laporan keuangan biasanya diperoleh dari proses berjalannya sisitem akuntansi . Akuntansi atau akunting juga memiliki keterbatasan atas laporan keuangan semua keterbatasan ini disebabkan karena alasan ketidaktahuan mereka terhadap sifat ,fungsi ,hakikat, maupun laporan keuangan  dan kesalahan oknum-oknum tertentu dalam profesi akuntan yang melakukan praktik profesi di bawah standar norma dan etika yang ada atau sengaa melakukan tidak kriminal lain nya.

Pengalaman dan kematengan seorang anali tentu akan menambah nilai tersendiri dalam menggali informasi dari laporan keuangan .pengetahuan nya tentang segmen dan industry yang dilaporkan akan menambah informasi yang dapat di kembangkan bersama hasil teknik analisis yang digunakan lebih dalam dan lebih akurat.

Dalam buku ini pendekatan yang akan ditempuh dalam analisis laporan keuangan adalah pendekatan terpadu atau terintegrasi  bukan terpisah-pisah sebagaimana selama ini lazim di praktekan.


Sebagai gambaran ,kegiatan analisis laporan keuangan itu dapat di lihat pada gambar ini.
                                                   Skema analisis laporan keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.