.

Kamis, 30 April 2020

ANALISA SWOT PADA PRODUK KAOS SABLON


ANALISA SWOT PADA PRODUK KAOS SABLON





SABLON KAOS

Sablon manual atau screen printing adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (atau sering juga disebut film sablon). Kegiatan menyablon sekilas tampak mudah dan sederhana, pada prakteknya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

Keunggulan dari teknik sablon adalah :
1.Bisa mencetak dengan jumlah yang banyak
2.Hasil relatif stabil
3.Menghasilkan beberapa efek menarik, mis : glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, dsb.
4.Biaya cetak cukup terjangkau
5.Fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.
Selain itu, banyak sekali yang berminat untuk mempelajari sablon karena teknik sablon ini mudah dipelajari dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, bila dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya.

LATAR BELAKANG PERANCANGAN PRODUK

Produk yang saya rancang adalah produk kaos sablon. Produk ini dibuat karena dilatar belakaingi oleh masyarakat yang membutuhkan kaos sablon untuk acara seperti gathering, seminar, konser, perayaan hari besar dan kegiatan lainnya.


ANALISA SWOT
Strength (kekuatan) 
1. Memiliki banyak jenis bahan kaos mulai dari cotton combed, cotton carded, TC, cotton bamboo, cotton fleece, hyget, dan cotton combed premium.
2. Memiliki ukuran bahan yang bervariasi mulai dari 30s, 24s, dan 20s
3. Menggunakan Cat Rubber, Plastisol, dan juga Discharge dengan merk terkenal dan berkualitas seperti ATC, Matsui, Unita, Unimed, Rubix, dan ANTcolor
4. Konsep gaya yang ditawarkan adalah kekinian atau update trendy terkini
5. Harga merakyat atau bisa dijangkau semua kalangan
6. Lokasi yang mudah dijangkau.
7. Kapasitas Produksi yang besar
Weakness (kelemahan) 
1.  Proses pengerjaan yang membutuhkan waktu seminggu atau lebih
2.  Membutuhkan tempat yang luas agar proses pengerjaan dapat langsung banyak.
3.  Tinta Rubber pasti akan retak jika sudah melebihi 5 tahun pemakaian
4.  Bahan cotton carded memiliki tekstur yang berbulu dan kurang halus
5.  Bahan hyget sangat mudah rusak dan tipis
6.  Tinta plastisol butuh proses pengeringan yang lebih lama
7.  Tinta discharge butuh waktu produksi yang lebih lama dan proses yang    rumit
8.  Jika meproduksi dangan jumlah banyak maka butuh pekerja yang lebih banyak.
Opportunity (kesempatan) 
1.  Permintaan pasar yang terus menerus ada
2.  Banyak acara seminar, konser, atau gathering yang memerlukan kaos sablon.
3.  Banyaknya distro yang membutuhkan vendor kaos
4.  Banyaknya individu yang suka membuat custom kaos
5.  Banyaknya marketplace online yang memudahkan produk dikenal konsumen.
Threat (ancaman) 
1.  Mulai banyak produsen kaos sablon yang serupa dan lebih canggi peralatannya
2.  Mulai adanya sablon printing digital.
STRATEGI 

Strategi yang akan dilakukan untuk produk ini adalah :

1.  Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk maka organisasi kami akan melakukan riset pada bahan kain
2.  Untuk membuat jam kerja lebih efisien dan efektif maka organisasi kami akan melakukan riset pada sistem kerja
3.  Untuk membuat produk lebih dikenal dan dibeli maka akan diterpakan promosi yang lebih sering pada sosial media. Dan juga produk akan ditawarkan langsung ke penyelenggara event, gathering, dan acara lainnya
4.  Membuat Brand Clothing sendiri agar proses produksi bisa tetap berjalan
5.  Memperluas Ruang kerja agar dapat memproduksi lebih banyak produk




Daftar Pustaka

Nusantara, Guntur, 2004.Panduan Praktis Cetak Sablon. Jakarta: Kawan Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.