.

Kamis, 30 April 2020

Makanan diEra Modern


ABSTRAK
Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu yang berasal dari rempah–rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren. Memasak  menjadi rutinitas yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. makanan sekarang ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia semata tetapi telah menjadi suatu objek rekreasi yang dapat menghilangkan stres pekerjaan bagi sebagian masyarakat.
Pengaruh era modern ini mebuat wisata kuliner di seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk menyajikan masakan modern dengan berbagai resep masakan dan citra rasa yang berbeda dengan masakan tradisonal atau Khas daerah. Aneka resep masakan praktis sangat dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada saat penyiapan bahan-bahan masakan dan cara pembuatannya. Mengapa resep masakan praktis? Karena orang-orang dengan tingkat mobilitas tinggi cenderung lebih suka hal-hal yang mudah.

PENDAHULUAN
Memasak adalah kegiatan mengolah atau membuat berbagai macam penganan, lauk-pauk, dan sebagainya (KBBI, 2016). Dalam kegiatan memasak dibutuhkan pengetahuan tentang cara mengolah berbagai bahan makanan dengan menggunakan berbagai peralatan memasak yang baik agar menghasilkan panganan yang enak dan memuaskan penikmatnya.
Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat, semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala sesuatu. Terjadi pula perubahan pola dan gaya hidup manusia pada saat ini. Kita dapat melihat salah satu contohnya yaitu semakin maraknya makanan siap saji atau biasa disebut Junk Food atau  fast food .

PEMBAHASAN
Memasak adalah suatu proses menciptakan sebuah makanan dengan mengurutkan konsep yang ada yaitu langkahlangkah untuk memasak, yang berarti juga memasak adalah mencipta sebuah karya yang bisa dinikmati. Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu yang berasal dari rempah–rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti pengetahuan tentang cara mengolah berbagai bahan makanan dengan menggunakan berbagai peralatan memasak yang baik agar menghasilkan panganan yang enak dan memuaskan penikmatnya
Memasak selain menjadi rutinitas yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, juga bisa sebagai hobi. Tidak hanya kaum perempuan saja yang memiliki hobi memasak, kaum laki-laki juga memiliki hobi memasak di era modern ini. Secara umum masyarakat di Indonesia ingin dapat menikmati makanan yang enak dan memuaskan yang dihasilkan dari proses memasak yang baik. Oleh karena itu keinginan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan memasak semakin meningkat. Banyak kalangan masyarakat yang mendalami dunia memasak dengan cara mempelajari dari orang yang ahli atau belajar sendiri melalui resep yang didapatkan dari media massa, bukan hanya itu makanan sekarang ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia semata tetapi telah menjadi suatu objek rekreasi yang dapat menghilangkan stres pekerjaan bagi sebagian masyarakat.
Kumpulan resep masakan yang tersedia saat ini berasal dari koran, majalah, maupun tabloid. Hal ini dinilai kurang efisien dalam penggolongan menurut kategori jenis resepnya, sehingga dapat menimbulkan kesulitan dalam hal pencarian dan pengarsipan koleksi resep masakan. Selain itu, dibutuhkan rak khusus untuk menyimpan kumpulan koran, tabloid, dan majalah tersebut untuk menjaga koleksi resep-resep yang dimiliki agar tetap awet dan tidak ada resep yang hilang.
Pengaruh era modern ini mebuat wisata kuliner di seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk menyajikan masakan modern dengan berbagai resep masakan dan citra rasa yang berbeda dengan masakan tradisonal atau Khas daerah. Tingkat mobilitas yang tinggi, kesibukan, dan jadwal yang padat merupakan faktor seseorang lebih memilih makanan instan atau membeli makanan siap saji tanpa perlu repot-repot memasak. Selain lebih hemat, dengan memasak sendiri makanan yang akan kita makan juga terjamin kebersihannya dan jauh lebih sehat tentunya.
Aneka resep masakan praktis sangat dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada saat penyiapan bahan-bahan masakan dan cara pembuatannya. Mengapa resep masakan praktis? Karena orang-orang dengan tingkat mobilitas tinggi cenderung lebih suka hal-hal yang mudah, praktis, cepat, dan tidak ribet atau biasa disebut dengan fast food. Menurut eric scholsser (2004) Ada letak perbedaan antara Junk Food dengan fast food, bila Junk Food sudah pasti termasuk fast food (makanan siap saji), tetapi tidak semua fast food dikategorikan sebagai Junk Food, jadi ada pula makanan cepat saji tersebut masih memiliki gizi yang terkadung di dalamnya.
fast food adalah makanan dengan bahan-bahan bergizi tinggi, akan tetapi proses pengolahannya serta penyajiannya membuat makanan fast food kehilangan nilai gizi, hal itu pula yang merubahnya sebagai Junk Food. Tanpa kita sadari, maraknya fast food selain memiliki dampak positif juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan tentunya. Dampak positif dapat dibuktikan dari cara penyajian yang cepat untuk menghemat waktu yang miliki. Tapi selain itu kita juga harus melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh Junk Food atau fast food, misalnya bertambahnya kadar lemak dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan (Nur khasanah,2012)

KESIMPULAN


Pengertian dari fast food lebih kepada cara penyajiannya, fast food menjadi salah satu simbol kehidupan modern karena orang sibuk dengan aktivitasnya sehingga tidak sempat memasak dan  hampir tidak memiliki waktu untuk makan. namun sekarang banyak restoran siap saji menyajikan menu yang mulai baragam bahkan sebagian ada yang dibuat khusus bagi para vegetarian. Junk Food termasuk kedalamnya jenis makanan yang tinggi kandungan garam, gula, lemak dan tinggi kalori serta rendah nutrisi. Sedangkan fast food mengandung zat adiktif, lemak yang tinggi, kalori yang tinggi, mengandung protein hewani yang cukup kaya, dan natrium yang berlebihan.

DAFTAR PUSTAKA
Khasanah, Nur.2012. Waspadai Beragam Penyakit Degeneratif Akibat Pola Makan.Yogyakarta: Penerbit Laksana
Schlosser, Eric.2004. Negeri Fast food. Jogjakarta: Insist Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.