.

Kamis, 30 April 2020

KONSTRUKSI DI MASA PANDEMI



KONSTRUKSI DI MASA PANDEMI
Oleh: Ridwan Arifin (@J09-RIDWAN)


ABSTRAK

Konstruksi semakin hari semakin berkembang dengan pesatnya baik dari segi teknologi maupun materialnya, Di Negara Indonesia tak sulit dijumpai gedung – gedung tinggi pencakar langit, hal ini berarti di Indonesia perkembangan konstruksinya berkembang dengan pesat seiring kemajuan zaman. Namun kini konstruksi seakan lesu oleh hadirnya pandemi corona, proyek yang seharusnya selesai sesuai target yang telah ditentukan di awal pengerjaan kini harus terhenti, pekerja banyak yang diistirahatkan, tentu hal ini tidak ada salahnya, hal ini sudah menjadi kebijakan pemerintah demi menjaga keselamatan warganya hal ini pula dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Hal ini tentu berdampak bagi sector konstruksi.
Kata kunci: Virus Corona, Konstruksi, Ekonomi

PENDAHULUAN

Pandemi virus corona berawal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus ini menyebar dengan cepat keberbagai belahan dunia termasuk Negara Indonesia, di Indonesia sendiri kasus pertama yang di temukan pada awal Maret 2020, kini keadaannya bisa dibilang semakin memburuk karena semakin banyak saja korban yang berjatuhan dari berbagai kalangan, Hal ini membuat pemerintah melakukan berbagai kebijakan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) yang sudah diterapkan diberbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang dan baru-baru ini juga diterapkan di Jawa Barat dan Jawa Timur, Pemerintah juga menerapkan kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Hal ini tentu berdampak besar bagi berbagai sektor baik ekonomi dan konstruksi.

PERMASALAHAN

Bagi sektor pembangunan / konstruksi tentu terdampak oleh Pandemi virus corona ini bisa terlihat dari semakin lamanya penyelesaian suatu proyek, pembatasan pekerja, sulitnya mendapatkan material dan mobilitasnya semenjak terjadi penyebaran virus corona, hal ini paling dirasakan oleh pengusaha jasa konstruksi yang berada di zona merah penyebaran virus corona. Industri konstruksi seakan lesu dibuatnya, karena faktanya dilapangan hal itu lah yang terjadi. Suatu proyek di suatu daerah menjadi terbengakalai karena sulitnya mobilitas material karena kebijakan PSBB di suatu daerah, serta sulitnya mendatangkan pekerja konstruksi yang dimana membutuhkan sangat banyak pekerja demi menyelesaikan suatu proyek konstruksi. Kondisi kedaruratan yang ditimbulkan oleh covid-19 berimplikasi pada ketidakmungkinan proses pengerjaan konstruksi bisa berjalan normal, efektif, berkualitas dan tepat waktu. (Supriyatna, Irwan. 2020).

PEMBAHASAN

Peran aktif pemerintah sangat diperlukan disini terutama untuk menyelamatkan pengusaha kecil dibidang konstruksi dan menyelamatkan perekonomian negara diperlukan tindakan / kebijakan yang konkret mengenai hal ini, agar perkembangan kemajuan di bidang konstruksi tidak tertinggal oleh negara lain. Pemerintah melalui kementrian PUPR membuat protokol mengenai pekerja konstruksi di masa pandemi virus corona ini , serta harus melakukan physical distancing ke sesama pekerja di proyek, adapun hal lain yang dilakukan oleh pemerintah ialah dengan tetap melanjutkan proyek nilai di bawah Rp 10 miliar yang peruntukannya untuk skala kecil dan atau UMKM. (Supriyatna, Irwan. 2020).

KESIMPULAN

Konstruksi merupakan pilar pembangunan bangsa yang harus sama-sama kita dukung agar Negara kita tidak tertinggal oleh Negara lain, karena kemajuan bangsa bisa dilihat dari pembangunannya, walaupun saat ini Indonesia sedang terkena wabah virus corona / covid – 19 pembangunan harus tetap dijalankan, namun demikian harus tetap melalui protokol – protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar wabah virus ini juga tak semakin meluas, peran aktif kita dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal ini agar wabah ini cepat berlalu dan pembangunan nasional tetap dapat berajalan normal sesuai target.

DAFTAR PUSTAKA

Supriyatna, Irwan. 2020. Industri Jasa Konstruksi Tak Luput dari Hantaman Corona. Suara.com. 27/04/2020, 19.00 WIB.
Yasa, Agne. 2020. PUPR Terbitkan Protokol Pencegahan Corona di Proyek Konstruksi. Ekonomi. 29/04/2020, 13.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.