.

Sabtu, 25 April 2020

Iteraksi Sosial
pendahuluan
Manusia sebagai mahluk ciptaan Allah SWT adalah mahluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. karena didunia ini manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya pribadi dan untuk itulah terjadi proses sosial dan interaksi sosial terhadap manusia lain dan terciptalah ilmu yang mempelajari cara beriteraksi sesama dengan cara yang baik dan benar.
pembahasan
proses sosial
proses sosial adalah cara-cara berhungan yang dilihaat apabila orang perorangan dan kelmpok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentu-bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yan telah ada. proses sosiak dapat diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh antara sosial dan politik , politik denan ekonomi, ekonomi dengan hukum, dst.
Interaksi sosial
interaksi sosial merupakan segala kunci kehidupan sosial.menurut saw interaksi sosial adalah pertukaran pribadi yang mempengaruhi satu sama lain saat dua orang atau lebih hadir bersama jadi  tidakan seseorang berguna untuk mempengaruhi dindividu lain
faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
imitasi
imitasi dapat mendorong seorang dapat mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku.
sugesti
berlangsung apabila seseorang memberi suatu pandangan yang berasal dari dirinya kemudian diterima oleh pihak lain.
identifikasi
kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama seperti pihak lain 
proses simpati
suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain.
contoh proses sosial
1. asosiaatif 
a. kerja sama
suatu kerja bersama antara perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.
b. akomodasi
suatu proses dimana orang atau kelompok manusia yang mulanya saling bertegangan ,mengadakan penyesuian diri untuk mengatasi ketegangan-ketegangan 
c. asimilasi
proses menyamakan hak hak dalam berkelompok
d. amalgasi
peleburan dua kelompok budaya yang kemudian melahirkan budaya baru
2. proses disosiatif 
proses disosiatif sering disebut juga oppositional proccesses, yang persis halnya dengan kerjasama dapat didapatkan pada setiap masyarakat, walau bentuk dan arahanya ditentukan oleh kebudayaan dan sitem sosial masyarakaat bersangkutan.
a. perselisihan 
dapat diartikan sebagai suatu proses sosial dimana individu atau kelompok manusai saling bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan ada pada suatu masa tertentu.
b, kontraversi
kontaversi pada hakikatnya merupakan suatu bentuk proses sosial yang berada pada atntara persaingan atau pertentangan atau pertingkaian.
c. pertentangan 
pribadi maupun kelompok menyadari adanya perbedaan-perbedaan misalnya dalam ciri-ciri badaniah, emosi, unsur-unsur kebudayaan, pola-pola perilaku, dan seterusnya dengan pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.