.

Rabu, 29 April 2020

Olahraga di Tengah Pandemi Covid


Olahraga di Tengah Pandemi Covid

 Oleh Thoriq Muhammad Hafidz ( J17-THORIQ ) 


ASBTRAK
Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh agar sehat dan bugar. Selain itu, olahraga di tengah pandemic Covid-19  sangat dibutuhkan sekali dalam meningkatkan imunitas tubuh karena dengan olahraga dapat memacu jantung lebih cepat dan memperlancar peredaran darah sehingga darah yang membawa oksigen dan nutrisi untuk tubuh akan terdistribusi dengan baik. Maka sebaliknya, tidak berolahraga berarti akan mengurangi imunitas tubuh. Olahraga terdiri dari dua macam, yaitu neural exercise dan physical exercise. neural exercise terdiri dari olahraga napas, vokal, dan postur. Sedangkan Phicycal exercise terdiri dari semua olahraga yang mengakibatkan aktivitas fisik yang lebih berat.
Kata kunci : Olahraga, Imunitas, Neural Exercise, Physical Exercise


PENDAHULUAN
Covid-19  yang mewabah di negeri Indonesia tercinta mengakibatkan rusaknya hubungan sosial antar masyarakat sehingga terjadi slogan-slogan physical distancing, social distancing, work from home, dan Stay at Home. Hal-hal tersebut menyebabkan masyarakat malas beraktifitas dan kurang produktif dalam kesehariannya seperti tidur-tiduran, kecanduan game dan malas-malasan yang berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penerapan olahraga di rumah saja sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan, olahragapun bisa merangsang imunitas tubuh untuk menjaga tubuh dari penyakit sehingga bisa melindungi tubuh kita dari Covid-19.

PERMASALAHAN
Permasalahan yang akan dibahas adalah Latihan apa saja yang bisa dilakukan di rumah namun efektif utuk menjaga kebugaran  dan meningkatkan imunitas tubbuh.


PEMBAHASAN
Olahraga yang teratur dapat menjaga kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan imunitas tubuh. Pada prinsipnya olahraga dibagi menjadi dua macam, yaitu Neural Exercise            ( Olahraga Persarafan ) dan Phisycal Exercise (Olahraga Fisik).



1.      Neural Exercise ( Olahraga Persarafan )
Olahraga Persarafan adalah aktivitas olahraga persarafan yang tidak berat dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Olahraga Persarafan dapat diwujudkan dengan tiga cara, yaitu dengan olahraga napas, vokal dan postur. Olahraga napas bisa dilakukan dengan cara senam pernapasan seperti yoga. Lalu olahraga vokal dapat dilakukan dengan cara menyanyi dan membaca quran. Sedangkan olahraga postur dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan taichi dan ibadah sholat. Olahraga persarafan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang telah menginjak usia 40-50 tahun ke atas karena tidak terlalu berat untuk dilakukan.

2.      Phisycal Exercise ( Olahraga Fisik )
Olahraga fisik adalah olahraga yang melibatkan otot besar, bersifat ritmis dan berkelanjutan. Saat melakukan olahraga fisik dianjurkan untuk tidak dilakukan secara berlebihan sehingga akan menimbulkan kelelahan yang berarti. Frekuensi olahraga fisik untuk umum biasanya 3-5 kali seminggu, intensitas sedang dan durasi 30-40 menit. Olahraga fisk diwujudkan dengan banya cara seperti bodyweight training dan zumba. Bodyweight training adalah olahraga yang fokus kepada berat badan sendiri tanpa bantuan alat gym seperti push up, sit up, back up, lunges dan squad. Sedangkan zumba adalah olahraga senam jantung yang menyenangkan dan mudah diikuti.

KESIMPULAN
Olahraga di tengah pandemi covid-19 sangat penting sekali dilakukan agar tubuh sehat, bugar dan menambah imunitas. Imunitas pada tubuh sangat penting karena dapat mencegah penyakit bahkan virus yang mencoba masuk ke tubuh.  Olahraga di rumah dapat dilakukan dengan dua acara, yaitu neural exercise yang dapat diwujudkan dengan olahraga napas, vokal, serta postur dan physical exercise yang dapat diwujudkan dengan olahraga bodyweight training dan zumba.



DAFTAR PUSTAKA
1.      “Olahraga Ringan Bisa Cegah COVID-19 dan Tingkatkan Imunitas Tubuh”. Tirto.id. 7 April 2020. https://tirto.id/olahraga-ringan-bisa-cegah-covid-19-dan-tingkatkan-imunitas-tubuh-eLze
2.      "Pakar UGM Sarankan Olahraga Saraf di Tengah Corona, Seperti Apa?”. edukasi.kompas.com. 3 April 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/03/103302771/pakar-ugm-sarankan-olahraga-saraf-di-tengah-corona-seperti-apa?page=all
3.      Sukendra, DM. 2015. Efek Olahraga Ringan Pada Fungsi Imunitas Terhadap Mikroba Patogen : Infeksi Virus Dengue. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.