.

Selasa, 28 April 2020

PENAMBAHAN KASUS COVID-19 PADAHAL PSBB SUDAH TERLAKSANA?



PENAMBAHAN KASUS COVID-19 PADAHAL PSBB SUDAH TERLAKSANA?
Oleh : Febi Afifa Ajengsari (J03-Febi) 


Sumber : Penulis

Abstrak


Pada tahun 2020 merupakan tahun dimana virus Covid-19 menyebar luas hingga di beberapa negara  termaksud Indonesia. Saat ini kasus dari penyebaran virus Covid-19 sudah mencapai 9.000 jiwa lebih. Sebenarnya apa itu Covid-19 dan bagaimana cara penyebaran hingga penanggulangannya. Sebenarnya Covid-19 merupakan masih satu kelas dengan MERS dan SARS tetapi yang berbeda adalah tingkat penyebarannya. Pengertian Covid-19 itu sendiri adalah suatu virus yang berbentuk seperti mahkota yang terdapat pada hewan kelelawar dan dapat menyebar dengan cepat ke tubuh inang lainnya. Penyebaran dari virus ini termasuk sangat cepat terutama jika manusia yang terinveksi memiliki sistem imun yang kurang baik. Dengan penyebaran virus ini yang semakin banyak memakan korban maka pemerintah sudah menerapkan antisipasi terhadap pencegahan penyebaran virus tersebut. Beberapa contoh pencegahan dari penyebaran virus tersebut yaitu, melakukakn PSBB dan menetapkan menyarankan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah saja.
Kata kunci : Covid-19, Penyebaran, Pencegahan



Pendahuluan

Pada akhir bulan Desember 2020 tepatnya di Wuhan, Cina ditemukan virus yang gejalanya sama seperti SARS dan MERS. Virus ini pertama kali ditemukan pada manusia dan hewan di pasar hewan daerah Wuhan, Cina. Sebagian virus ini dapat menginveksi manusia serta menyebabkan beberapa penyakit, seperti flu, hingga penyakit yang fatal.  Oleh karena itu banyak peraturan dari pemerintah guna mengurangi penyebaran virus tersebut. Seperti contohnya seperti memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga masyarakat diharapkan tetap di rumah.
Pemerintah sudah memberikan beberpa surat edaran agar perusahaan seperti perusahaan konstruksi untuk menunda kegiatan konstrsi guna mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. Sebagian perusahaan sudah banyak yang memberlakukan Work From Home (WFH) tetapi banyak juga perusahaan yang belum memberlakukan sistem tersebut. Walaupun perusahaan tersebut tidak memberlakukan sistem terus tetapi saat di kantor harus menjaga jarak sejauh 1 meter antar orang di sebelahnya. Dengan sistem tersebut termasuk dalam pencegahan dari pemutusan penyebaran virus tersebut.

Permasalahan


Virus Covid-19 merupakan virus yang sebenarnya masih belum bisa diprediksi oleh ilmu kesehatan karena penyebarannya tidak hanya yang beraktivitas di luar rumah saja tetapi bagi yang beraktivitas di dalam rumah juga dapat terjangkit virus ini. Karena hal tersebut membuat pemerintah menerapkan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tetapi mengapa masih banyak pasien yang terjangkit virus tersebut.

Pembahasan

 

Berdasarkan pemaparan dari WHO (World Health Organization) virus ini merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis penyakit ini terdapat pada hewan dan manusia. Hewan yang membawa dan  menularkan virus ini adalah kelelawar. Dengan begitu bagi manusia yang mengkonsumsi hewan tersebut dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah maka akan mudah terjangkit virus tersebut.
Pemerintah Indonesia sedang berupaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini dengan berbagai cara. Mulai dari pengurangan jumlah penumpang pada angkutan umum, memberlakukan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan masih banyak lagi. Seperti di daerah Kabupaten Tangerang, pemerintah sudah mengumumkan PSBB mulai bulan Maret selama 14 hari dan memutuskan untuk memperpanjang penerapan PSBB. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, PSBB tahab dua tersebut akan berlangsung selama 14 hari mulai 2 Mei 2020 pukul 00.01 WIB. Keputusan perpanjangan waktu PSBB telah disepakati bersama dalam rapat evaluasi PSBB melalui video antar Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh camat di Kabupaten Tangerang.
Dengan diberlakukannya PSBB pemerintah berharap agar masyarakat lebih disiplin dan penjagaan lebih ketat. Karena terwujudnya suatu sistem jika masyarakat tidak dispilin dalam melaksanakannya maka hasilnya akan sia-sia. Masih banyak anak-anak yang masih melakukan aktivitas di luar rumah yang seharusnya orang tua mengambil peran agar putra/i dapat terhindar dari virus ini. Contohnya saja yang terdapat di lingkurang perumahan saya ketua RW memberikan himbauan agar penduduk mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali keadaan mendesar dengan memberikan surat himbauan seperti aktivitas di pasar diberlakukan pada pukul 08.30 hingga 10.00 WIB dimana sebelumnya pasar akan tutup pada pukul 12.00 WIB. Ketua RT pun membuat jadwal siskamling untuk menjaga keamanan lingkungan perumahan juga mengkontrol penduduk yang tetap melakukan  kegiatan dan berkumpul tanpa jarak 1 meter.
Diharapkan kedepannya daerah Tangerang terutama lingkungan perumahan saya terhindar dari virus Covid-19 ini dan dapat mengurangi beban para medis yang tidak kenal lelah mengurus pasien yang terjangkit virus tersebut.


Kesimpulan


Dapat disimpulkan bahwa kunci dari sukses nya suatu sistem yang telah di keluarkan baik dari pemerintah ataupun lingkungan sekitar adalah disiplin. Karena jika kita disiplin penyebaran virus tersebut akan berkurang serta jumlah kasus yang terjangkit virus ini juga mengalami penurunan. Tidak ada salahnya jika kita memberikan memahaman untuk masyarakat tentang berperilaku disiplin dengan diam di rumah untuk beberapa waktu.


Daftar Pustaka



Kompas.com. 28/04/2020, 20:22 WIB. PSBB Kabupaten Tangerang Diperpanjang Mulai 2 Mei, Pelanggar Akan Dikenakan Sanksi.

WHO (World Health Organization). 2020. Coronavirus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.