.

Kamis, 30 April 2020

Motivasi Kerja


Motivasi Kerja
Oleh Khalil Gibran S (J27-Khalil)

Pembahasan
Setiap karyawan pasti pernah mengalami kepenatan dan kejenuhan dalam menghadapi rutinitas kerja sehari-hari. Semakin banyaknya tugas dan tanggung jawab yang diberikan, deadline menumpuk, target yang harus dicapai seringkali menjadi beban bagi karyawan dalam bekerja. Secara tidak sadar rutinitas tersebut dapat menurunkan semangat dan motivasi kerja setiap karyawan, maka akan berdampak buruk terhadap kinerja karyawan dan menyulitkan karyawan untuk mengembangkan karier.Pemberian motivasi yang tepat akan menimbulkan semangat, kemauan, dan keikhlasan untuk bekerja dalam diri seorang karyawan. Semakin meningkatnya semangat dan kemauan untuk bekerja dengan ikhlas akan membuat pekerjaan lebih maksimal, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Motivasi adalah suatu proses dimana kebutuhan – kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ke tercapainya tujuan tertentu. Tujuan yang , jika berhasil dicapai, akan memuaskan atau memenuhi kebutuhan – kebutuhan tersebut. Unjuk kerja (performance) adalah hasil dari interaksi antara motivasi kerja , kemampuan (abilities), dan peluang (opportunity), dengan perkataan lain unjuk kerja adalah fungsi dari motivasi kerja kali kemampuan kali peluang (Robins,2000). Menurut Maslow, individu yang dimotivasi oleh kebutuhan yang belum dipuaskan,yang paling rendah,paling dasar dalam tata tingkat. Begitu tingkat kebutuhan ini dipuaskan, ia tidak akan lagi memotivasi perilaku.
Menurut Sondang P Siagian, Motivasi Kerja merupakan daya pendorong yang mengakibatkan seorang karyawan mau dan rela untuk menggerakkan kemampuan dalam membentuk keahlian dan keterampilan tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya dan menunaikan kewajibannya dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya.
Menurut Wexley, Motivasi berarti pemberian/penimbulan motif, dan hal/keadaan yang menimbulkan motif, sedangkan Motivasi Kerja adalah sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja, dimana kuat atau lemahnya motivasi kerja seorang karyawan ikut andil dalam menentukan besar kecilnya prestasi yang dicapai.
Meningkatkan Motivasi Kerja dari pemimpin
Peran pemimpin  dalam motivasi kerja setiap karyawannya adalah hal yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin. Karena jika ada karyawan yang sedang tidak termotivasi dalam bekerja akan mempengeruhi kinerja dari perusahaan. Karena jika karyawan sudah tidak termotivasi kerja terutama dari dalam diri nya sendiri tentu siapa lagi yang akan memotivasi jika bukan dari pemimpinnya. Peran pemimpin dalam meningkatkan motivasi kerja yaitu bersikap keras dan memberikan tujuan yang bermakna. Dengan memaksakan tenaga kerja untuk bekerja keras atau dengan memberikan ancaman bersama sama dengan tenaga kerja yang bersangkutan ditemukan tujuan tujuan yang bermakna, sesuai dengan kemampuaannya. Atasan perlu mengenali sasaran sasaran yang bernilai tinggi dari bawahannya.
Meningkatkan Motivasi Kerja dari diri sendiri
Kita pasti pernah mengalami rasa penat, jenuh, dan tidak termotivasi dalam bekerja. Jika itu terjadi tentu kita harus kembali memotivasi diri kita sendiri. Saat kita tidak termotivasi dalam kerja coba ingat ingat kembali tujuan Anda bekerja. Jika Anda mencoba mengigat kembali tujuan tersebut.  Maka semangat dan motivasi kerja Anda pasti akan kembali muncul secara perlahan. Dan teruslah berpikir positif dan bersyukur. Yakinkan pada diri Anda sendiri, bahwa Anda mampu mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik. Berpikir positif akan memotivasi diri untuk tetap bertahan dan bangkit dengan semangat baru. Hilangkan pikiran-pikiran negatif dari diri Anda dan selalu bersyukur atas rezeki yang diperoleh. Sesekali lakukan lah refreshing atau pergi jalan jalan. jika Anda sedang tidak termotivasi. Karena dengan refreshing atau jalan jalan akan merefresh otak Anda yang sudah penat dalam kerja. Cara meningkatkan motivasi kerja yang lain adalah dengan mencintai pekerjaan Anda. Dengan mencintai pekerjaan Anda tidak akan membuatnya menjadi beban. Jadi belajarlah mencintai pekerjaan Anda dengan segala tugas-tugas dan tanggung jawabnya.
Sejatinya, Motivasi yang paling baik berasal dari diri sendiri. Akan tetapi tidak ada salahnya, Anda meminta motivasi dari orangtua, orang terdekat di sekitar Anda, atau pemimpin Anda supaya lebih giat bekerja. Bekerja secara maksimal dan lakukan dengan sepenuh hati akan semakin mendekatkan Anda pada tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Daftar Pustaka
Sunyoto,Ashar.2017.Psikologi Industri dan Organisasi.Penerbit Universitas Indonesia.
Linovhr.2020.Motivasi kerja:Pengertian,Indikator & cara meningkatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.